batagor khas bandung
Makanan Khas

Makanan Khas Bandung

Selain punya Bali, Indonesia juga punya Bandung sebagai destinasi wisata favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bagaimana tidak, Bandung memang punya sejuta tempat wisata keren dan selalu menarik untuk dikunjungi.

Banyak destinasi wisata seperti wisata alam pegunungan, hutan kota, taman kota, dan tentu saja wisata kulinernya.

Yaps, selain karena tempat wisatanya yang keren-keren, Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya yang aduhai memanjakan lidah setiap penikmatnya.

Jika kamu mau pergi ke Bandung, ada baiknya siapkan planning untuk merasakan berbagai macam makanan khas Bandung. Jika tidak, maka kamu akan menyesal tidak mencobanya.

Tentu saja, kuliner khas Bandung juga sangat beragam, mulai dari makanan berat, makanan ringan, makanan sarapan, minuman, hingga jajanan pun banyak yang khas dan terkenal kelezatannya.

Dengan banyaknya variasi makanan, maka sudah pasti banyak juga pusat kuliner yang tersedia di Bandung.

Kamu tidak perlu khawatir, untuk mencoba setiap jajanan khas di sana kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak, karena makanannya sangat terjangkau dan tidak merepotkan isi dompet hehe.

Lalu apa saja kuliner khas Bandung yang wajib kamu coba?

Nah berikut ini Foodnesia akan merekomendasikan daftar makanan khas Bandung beserta rekomendasi tempat untuk menikmati kulinernya:

Nasi Timbel

nasi timbel khas bandung
Nasi Timbel Komplit Bandung – via instagram: @jangjul0205

Ada yang belum kenal dengan nasi timbelnya Bandung? Wah parah nih berarti kamu mainnya kurang jauh hehe. Emang apa sih nasi timbel? Ituloh nasi yang dibungkus sama daun pisang.

Jadi nasi timbel ini adalah salah satu makanan yang khas di Bandung, disebut khas karena memang dari segi bentuk sangat unik. Yaitu nasi pulen dibungkus dengan daun pisang sehingga memiliki wangi yang enak dan menggugah selera.

Biasanya nasi timbel ini ditemani dengan ayam goren atau ayam bakar, tahu goreng, tempe goreng, sambal, dan lalapan.

Bahkan biar lebih nikmat lagi bisa ditambahkan pete atau jengkol dan juga ikan asin.

Nasi timbel ini sangat cocok dan pas dimakan siang hari ketika perut sedang lapar, bisa juga dimakan saat makan malam.

Lalu dimana sih tempat nasi timbel enak di Bandung? Kamu bisa coba Nasi Timbel Bawean, yaitu salah satu tempat makan terkenal di Bandung.

Di sana lauknya sangat lengkap dan beragam sehingga banyak pilihan untuk kamu santap.

Nama tempat: Nasi Timbel Bawean

Alamat: Jl. Bawean Pav. 3, Bandung, Merdeka,Sumur Bandung, Jawa Barat

Harga: Untuk harga nasi yaitu nasi putih dan nasi merah Rp4.000 sedangkan untuk harga macam-macam lauk pauknya yaitu Rp2.000 hinga Rp15.000.

Mie Kocok Bandung

mie kocok persib bandung
Mie Kocok Persib Khas Bandung – via instagram: @riniekasarikunda

Buat kamu pecinta hidangan mie, maka salah satu kuliner yang cocok saat berkunjung ke Bandung adalah Mie Kocok Bandung.

Mie kocok ini merupakan makanan khas kota Bandung yang terkenal dan sudah ada sejak dulu.

Secara fisik, mie kocok ini hampir mirip dengan mie bakso, hanya saja terlihat berbeda pada kuahnya. Kuah yang disajikan pada mie kocok biasanya lebih kental dibandingkan dengan kuah bakso.

Kemudian terdapat tambahan sayur tauge yang banyak dan tambahan topping kikil sapi atau potongan daging kaki sapi yang teksturnya sangat empuk.

Dan tentu saja, di dalam mie kocok ini tidak terdapat butiran bakso.

Di Bandung terdapat banyak penjual mie kocok yang enak. Beberapa mie kocok enak di Bandung diantaranya Mie Kocok Persib, Mie Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok SKM, Mie Kocok BNI Bandung, Mie Kocok Karapitan, dan lain-lain.

Salah satu rekomendasi dari Foodnesia bagi kamu yang ingin merasakan kelezatan mie kocok Bandung adalah Mie Kocok Persib yang merupakan salah satu mie legendaris di Bandung.

Dalam semangkuk mie kocok Persib ini berisi mie gepeng, sayur tauge, taburan kikil, serta potongan tulang iga dengan dagingnya yang masih menempel pada tulang.

Uhh nikmat sekali bukan?

Nama tempat: Mie Kocok Persib

Alamat: Area parkir Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani no 262, Kota Bandung. Tepatnya di depan pintu gerbang masuk stadion.

Harga: Untuk menikmati satu porsi mie kocok Persib ini kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp23.000 aja.

Soto Bandung

soto bandung enak
Soto Bandung Kuah Lezat – via instagram: @misshotrodqueen

Berikutnya adalah makanan khas Bandung yang lezat dan berkuah yaitu soto Bandung. Ternyata tidak hanya Lamongan dan Madura saja yang punya soto khas, karena Bandung pun punya.

Lalu apa bedanya soto Bandung dengan soto yang lainnya?

Soto Bandung ini memiliki ciri khas pada kuahnya yaitu berwarna bening karena tanpa menggunakan santan, sehingga rasanya lebih gurih dan menyegarkan.

Kemudian wangi dan gurih bumbu kaldunya sangat kental terasa di lidah.

Makanan khas yang satu ini banyak dijual mulai dari kaki lima hingga restoran ternama.

Namun kalau kamu ingin mencoba sensasi soto Bandung yang paling enak, maka Foodnesia punya rekomendasi, yaitu Soto Bandung M Tarya.

Merupakan salah satu soto legendaris di Bandung yang pastinya memiliki rasa yang konsisten dengan kelezatannya.

Nama tempat: Soto Bandung M Tarya

Alamat: Jl. Sawah Kurung No.16, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung

Harga: Soto Bandung M Tarya ini dihargai Rp30.000 untuk satu porsinya, sedangkan menu lainnya antara Rp10.000 hingga Rp20.000.

Batagor

batagor khas bandung
Batagor (Baso Tahu Goreng) Khas Bandung – via instagram: @nitipyukak

Makanan khas Bandung yang satu ini bernama batagor yang merupakan sebuah akronim dari baso tahu goreng. Batagor ini sudah sangat terkenal, bahkan ke seluruh nusantara.

Cara pembuatan batagor ini sangat mudah biasanya bahan utamanya berupa adonan tepung tapioka atau aci, tahu, dan pangsit.

Adonan tepung tapioka ini biasanya ditambah dengan ikan tenggiri agar semakin wangi dan gurih.

Adonan tadi imasukkan ke dalam tahu lalu digoreng, ada juga adonan yang dibungkus dengan pangsit dan kemudian digoreng juga.

Penyajiannya biasanya dicampur dengan saus kecap serta bumbu kacang yang khas sehingga menambah kelezatan dalam satu porsinya.

Umumnya dilengkapi juga dengan acar dan agar lebih nikmat lagi maka ditambah pedas cabai.

Ada banyak penjual batagor di Bandung, dan kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima di setiap tempat keramaian dan tempat wisata.

Namun kami punya rekomendasi salah satu batagor terenak di Bandung yaitu Batagor Kingsley. Batagor ini sudah sangat terkenal di Bandung.

Nama tempat: Batagor Kingsley

Alamat: Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Untuk menikmati satu porsi batagor di sini cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp20.000.

Siomay

siomay enak di bandung
Satu Porsi Siomay Lengkap Bandung – via instagram: @esoyentebet

Rata-rata dari kita pasti tahu dan pernah mendengar makanan yang bernama siomay, karena memang siomay ini sudah banyak di daerah-daerah di Indonesia. Termasuk salah satunya di Bandung.

Siomay Bandung memiliki ciri khas tersendiri yaitu pembuatannya menggunakan adonan tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan tenggiri sehingga lebih wangi.

Kemudian penyajiannya pun biasanya terdiri dari siomay, tahu putih, tahu kuning, kentang, kol, telur ayam, dan ada juga pare.

Salah satu khasnya juga terdapat pada bumbu kacangnya yang kental dan gurih, sehingga sangat syahdu ketika dicampur dengan siomay dn lain-lain.

Apalagi ditambah dengan perasan jeruk limau sehingga menabah wangi dan segar.

Kalau kamu mau mencoba merasakan kelezatan siomay khas Bandung, maka banyak sekali dijual oleh para pedagang kaki lima hampir di setiap tempat pasti ada.

Namun ada salah satu siomay paling enak di Bandung yaitu Siomay Tahu Ikan Pak Ade. Biasanya tempat ini selalu ramai oleh para pecinta siomay di Bandung.

Nama tempat: Siomay Tahu Ikan Pak Ade

Alamat: Jl. Ternate No.3, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Harganya sangat murah, yaitu hanya Rp1.700 per buahnya.

Baso Tahu

baso tahu bandung
Satu Porsi Baso Tahu Bandung Nikmat – via instagram: @berry_priadi

Salah satu kuliner khas Bandung yang enak adalah baso tahu. Makanan yang satu ini juga terkenal di beberapa daerah di Indonesia.

Di Bandung sendiri makanan ini menjadi salah satu makanan favorit yang enak disantap saat siang hari atau malam hari.

Umumnya baso tahu ini terdiri dari tahu isi adonan aci dan ikan, siomay, sayur kol, kentang, dan telur rebus, bahkan ada juga tambahan pare.

Sama seperti halnya siomay yang sudah dijelaskan di atas, baso tahu juga menggunakan bumbu kacang yang khas.

Kemudian ditambah perasan jeruk limau dan sambal pedas akan menambah kenikmatan baso tahu ini.

Banyak penjual baso tahu yang ada di Bandung mulai dari penjual kaki lima hingga restoran berbintang.

Namun Foodnesia punya rekomendasi tempat baso tahu paling enak di Bandung, yaitu Baso Tahu Lina yang sudah terkenal lezat dan murah.

Nama tempat: Baso Tahu Lina

Alamat: Jl. Sawah Kurung No.4, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung

Harga: Untuk harga satu porsi baso tahu di sini yaitu mulai dari Rp21.000.

Cuanki

cuanki serayu makanan khas bandung
Porsi Cuanki Serayu Bandung – via instagram: @putidian

Ada yang pernah denger Cuanki? Mungkin makanan ini tidak terlalu terkenal di daerah lain, tetapi di Bandung sendiri cuanki ini sangat populer dan memiliki banyak penggemarnya.

Siapa yang menyangka bahwa nama cuanki ini memiliki kepanjangan, yaitu “cari uang jalan kaki”. Unik kan? Makanan khas yang satu ini benar-benar endemik dan hanya ada di Bandung.

Dalam satu porsi cuanki biasanya terdiri dari bakso, siomay, dan tahu, pangsit, batagor kering, serta  ditambah dengan kuah bening yang khas.

Dari segi penyajian, cuanki ini mirip dengan bakso Malang, tapi tentu saja berbeda. Yang menjadi perbedaannya terletak pada kuah dan pelengkap yang disajikan.

Jika bakso Malang terdapat mie, maka cuanki tidak. Tetapi banyak juga penjual cuanki yang sekaligus menjual mie instan seperti indomie dan mie sedaap yang bisa dimasukkan sebagai pelengkap agar semakin mengenyangkan perut.

Meskipun banyak penjual cuanki ini dengan gerobak yang dipikul, tetapi ada juga penjual yang menetap di tempat.

Yaitu seperti cuanki Serayu sebagai salah satu cuanki paling enak di Bandung rekomendasi Foodnesia.

Nama tempat: Bakso Cuanki / Batagor Serayu

Alamat: Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Untuk menikmati satu porsi Cuanki Serayu ini maka cukup mengeluarkan uang sebesar Rp17.000 saja, dan bisa juga membeli setengah porsi.

Kupat Tahu Bandung

kupat tahu khas bandung
Kupat Tahu Khas Bandung – via instagram: @hiyzy_fooddiary

Kupat tahu adalah salah satu makanan yang banyak dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat, terutama di Bandung. Kota Kembang ini memiliki kupat tahu yang khas dan patut untuk dicoba.

Umumnya satu porsi kupat tahu terdiri dari beberapa potongan ketupat, tahu goreng, tauge, dan kerupuk, serta disiram dengan bumbu kacang yang khas.

Akan lebih nikmat lagi jika ditambah sambal pedas.

Kebanyakan kupat tahu ini dijual pada pagi hari hingga sore hari, sehingga dijadikan sebagai kudapan untuk sarapan pagi.

Tetapi banyak juga yang menjual kupat tahu ini hingga malam hari.

Buat kamu yang ingin mencoba merasakan kenikmatan kupat tahu khas Bandung, maka bisa datang ke Kupat Tahu Gempol sebagai salah satu tempat kupat tahu enak di Bandung.

Kupat tahu ini merupakan kupat tahu legendaris di Bandung.

Nama tempat: Kupat Tahu Gempol

Alamat: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Harga satu porsi kupat tahu Gempol ini hanya Rp17.000 aja.

Perkedel Bondon

perkedel bondon kuliner malam di bandung
Perkedel Bondon Kuliner Malam di Bandung – via instagram: @bandungnet

Ada lagi kuliner yang unik di Bandung, namanya perkedel Bondon. Loh uniknya dimana? Yaps, bagi warga Bandung memang nama Perkedel Bondon sendiri merupakan nama yang aneh dan jarang sekali digunakan di daerah Bandung.

Sebetulnya Bondon itu sendiri merupakan Bahasa Sunda yang artinya “perempuan malam”.

Penamaan tersebut dikarenakan dahulunya warung ini sering jadi tempat makan oleh para anak muda yang habis pulang dari diskotek.

Selain dari namanya yang unik, ada hal unik lain yaitu jam operasional warung ini.

Warung ini memang buka 24 jam, hanya saja untuk menu perkedel hanya disajikan pada malam hari saja, dan itupun jamnya sangat malam, yaitu mulai jam 11 malam.

Selain itu, perkedel yang digorengnya bukan menggunakan kompor biasa, tetapi menggunakan tungku arang kayu bakar. Unik bukan?

Meski begitu, tempat makan ini selalu ramai dan bahkan kamu harus ambil nomor antrian ketika mau makan di tempat.

Menu utama di sini ya sesuai namanya, yaitu perkedel. Perkedelnya juga sama halnya dengan perkedel biasa, yaitu menggunakan bahan dasar kentang.

Hanya saja memiliki tekstur yang lebih renyah serta rasa yang khas. Ditambah lagi dengan ciri khas sambalnya yang mantap dan lezat di lidah.

Jika kamu ingin mencoba perkedel Bondon ini, kamu bisa datang tengah malam ya.

Nama tempat: Perkedel Bondon

Alamat: Jl. Stasiun Timur No.14, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung

Harga: Untuk harga perkedelnya yaitu Rp2.000 saja per buah.

Nasi Kalong

nasi kalong bandung
Nasi Kalong Makanan Favorit di Bandung – via instagram: @lilikuliner

Tempat makan ini bernama Nasi Kalong, salah satu tempat makan terkenal dan ramai di Bandung. Nasi Kalong sebagai salah satu solusi buat kamu yang kelaparan pada tengah malam.

Karena tempat ini buka pada malam hari hingga dini hari.

Warung nasi kalong ini memiliki konsep prasmanan, sehingga para pembeli dibebaskan memilih dan mengambil makanan sesuka hati.

Hal yang unik dari tempat makan ini adalah nasi, yaitu menggunakan nasi merah kemudian ada tambahan bumbu kluwek (bumbu membuat rawon) sehingga warnanya sedikit gelap dan jadilah namanya Si Kalong.

Selain Si Kalong yang menjadi khas di sini, ada beberapa menu lain yang menjadi favorit para penikmatnya yaitu seperti ayam goreng madu, ayam rica-rica, udang goreng kremes, tumis bakar buncis, rolade sapi, rendang jengkol, gepuk abon, dendeng ayam, dan yang lainnya.

Jika kamu ke Bandung, maka wajib mencoba kuliner yang satu ini, apalagi buat kamu yang senang berwisata kuliner pada malam hari.

Nama tempat: Nasi Kalong

Alamat: Jl. L. L. R.E. Martadinata (Jalan Riau) No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Harga untuk nasi dan beberapa lauk pauk aja mulai Rp12.000-an.

Seblak

seblak enak khas sunda bandung
Seblak Bandung Pedas dan Enak – via instagram: @bubueataway

Siapa sih yang nggak kenal seblak? Makanan khas dari Kota Bandung ini begitu populer dan disukai hampir semua orang.

Di Bandung sendiri sangat banyak penjual seblak, kamu seakan belum pernah ke Bandung jika tidak merasakan kelezatan seblak.

Makanan khas yang satu ini berbahan dasar kerupuk basah yang dicampurkan dengan telur, kemudian diberi bumbu yang khas, membuat cita rasanya sangat gurih dan lezat.

Apalagi jika ditambah cabai yang pedas, uhh menggoda banget deh pokoknya!

Selain kerupuk dan telur, umumnya seblak diberi pelengkap berupa sosis, bakso, siomay kering, batagor kering, ceker ayam, tulang ayam, seafood, mie, kwetiaw, hingga makaroni, jamur, dan sayur.

Ada 2 penyajian seblak, yaitu seblak basah yang berkuah, ada juga seblak basah yang kuahnya hanya sedikit sehingga seperti seblak kering.

Cara pembuatan seblak juga sangat mudah, bahan dasar kerupuk mentah cukup direndam dalam air panas sampai kerupuknya lunak.

Kemudian siapkan telur, bahan pelengkap, serta bumbu seperti garam, kencur, gula, bawang merah, bawang putih, penyedap, dan cabe rawit.

Jika bahan-bahan sudah tersedia, tinggal panaskan minyak goreng, kemudian goreng telur sambil dioseng-oseng agar pecah, tambahkan air, masukkanlah bumbu dan semua bahan-bahannya. Jadi deh.

Ada beberapa tempat asyik untuk merasakan kelezatan seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred. Harganya juga cukup ramah di kantong, lho!

Nama tempat: Seblak Jebred

Alamat: Jl. Buah Batu No.163, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari Rp12.000 per porsi, sementara toppingnya dihargai mulai dari Rp3.000 hingga Rp4.000.

Karedok Makanan Khas Bandung

karedok bandung enak
Karedok, Si Salad Khas Bandung – via instagram: @becauselapar

Buat kamu yang vegetarian atau sedang dalam program diet, jangan khawatir tidak bisa menikmati kuliner Bandung. Ada nih makanan yang cocok buat kamu, namanya karedok.

Pernah dengar karedok? Jika tidak maka kamu mainnya kurang jauh hehe. Yaps, karedok memang jadi salah satu makanan yang favorit di Bandung.

Makanan ini bisa dibilang sebagai saladnya orang Bandung.

Disebut salad karena memang bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karedok ini adalah beragam sayuran segar.

Potongan sayur kol, irisan timun, tauge, kemangi, dan bahan lainnya akan diaduk di dalam cobek bersamaan dengan bumbu kacang yang khas serta tambahan cabe rawit agar lebih pedas dan nikmat.

Selain enak, tentu saja karedok ini adalah makanan yang menyehatkan bukan? Yaps, itu karena memang bahan semua bahan-bahannya adalah sayur segar.

Sehingga makanan ini tanpa melalui proses memasak yang aneh-aneh dan tentu saja tanpa tambahan bumbu yang berbahaya.

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi kenikmatan dalam satu porsi karedok, maka kami punya rekomendasi tempat karedok enak di Bandung, namanya yaitu Warung Cihapit Bu Siti.

Nama tempat: Warung Cihapit Bu Siti

Alamat: Jl. Cihapit No.6, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Untuk harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja untuk satu porsinya.

Lotek Bandung

lotek khas bandung
Lotek Makanan Khas Bandung – via instagram: @elsafooddiary

Makanan selanjutnya yang sangat cocok untuk para vegetarian dan para pelaku diet adalah lotek. Makanan ini asli dari Sunda yaitu dari Bandung, tetapi untuk rasanya pasti siapapun yang memakannya bakalan suka.

Secara bentuk, lotek ini sangat mirip dengan pecel di Jawa, yaitu sama-sama berbahan dasar sayur yang direbus terlebih dahulu. Hanya saja beberapa jenis sayurnya berbeda dan tentu bumbunya juga berbeda rasanya.

Umumnya, makanan ini terdiri dari sayuran yang direbus seperti kangkong, kol, toge, kacang panjang, kentang, labu siam, dan nangka muda.

Cara membuatnya yaitu pertama kali membuat bumbu halus di dalam cobek yang terdiri dari kacang tanah, gula merah, cuka, kentang, garam, dan cabe rawit bagi yang suka pedas.

Kemudian mencampurkan sayuran yang direbus tadi dan sedikit diulek di dalam cobek.

Buat kamu yang pengen mencoba makanan lotek ini maka bisa datang ke salah satu tempat lotek enak di Bandung yaitu Lotek Mahmud.

Biasanya tempat ini sangat rame, jadi kamu harus sabar ya agar kebagian tempat duduk.

Nama Tempat: Lotek Mahmud

Alamat: Jl. Mahmud IV No.9, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40218

Harga: Kisaran Rp15.000 hingga Rp20.000 per porsinya

Rujak Cuka Khas Bandung

rujak cuka bandung
Rujak Cuka Segar Khas Bandung – via instagram: @adisonhall__7

Rujak cuka ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang berasal dari Lembang. Makanan yang satu ini merupakan rujak yang terdiri dari buah-buahan dan beberapa sayuran seperti tauge atau ubi.

Umumnya rujak cuka terdiri dari nanas, mangga, bengkoang, jambu air, kedondong, tauge, dan ubi. Kemudian disiram dengan bumbu rujak gula aren dan ditambah dengan cuka agar rasanya semakin menyegarkan.

Jika ada yang suka pedas, maka ditambahkan cabe rawit akan lebih nikmat rasanya.

Bagi kamu yang ingin mencoba kesegaran rujak cuka khas Bandung ini, kami rekomendasikan untuk mencicipi Rujak Cuka dan Coel Cihapit.

Nama tempat: Rujak Cuka dan Coel Cihapit

Alamat: Pasar Cihapit di Jl. Cihapit, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Untuk satu porsi rujak cuka di sini cukup dengan uang sebesar Rp10.000 hingga Rp20.000 aja.

Peuyeum Bandung

peuyeum bandung
Peuyeum Bandung, Si Tape Singkong – via instagram: @eat_yulia

Nampaknya peuyeum adalah salah satu makanan khas yang paling terkenal, bahkan nama peuyeum ini sudah sangat identik dengan Bandung.

Antara kata peuyeum dan kata Bandung merupakan kata yang tidak bisa dipisahkan.

Rata-rata ketika orang mendengar kata Bandung maka yang terlintas dalam pikirannya adalah makanan khas Bandung yang bernama peuyeum.

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi.

Proses fermentasi yang dilakukan dalam membuat peuyeum biasanya menggunakan ragi.

Hasilnya singkong akan menjadi empuk dan rasanya berubah menjadi manis yang kita sebut dengan peuyeum..

Ada banyak penjual yang menjajakan peuyeum, seperti di pusat oleh-oleh Bandung di daerah Pasteur, dan di sana banyak peuyeum yang enak.

Jika ingin mencoba kamu bisa datang aja langsung ke sana, karena sepanjang jalan banyak sekali yang menjual peuyeum.

Bahkan, peuyeum ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh Bandung yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah.

Nama tempat: Pusat oleh-oleh dan jajanan Bandung

Alamat: Jl. Dr. Djunjunan No.39, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung

Harga: Harga peuyeum Bandung sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000 per kilogramnya.

Colenak

colenak bandung
Colenak Dicocol Enak Khas Bandung – via instagram: @markonah_bakery_shop

Salah satu makanan khas Bandung yang terkenal selain peuyeum adalah colenak. Makanan ini juga merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui di Bandung.

Colenak ini dibuat dengan bahan dasar peuyeum, parutan kelapa, dan gula merah.

Dari segi tekstur, makanan ini sangat empuk dan lembut, sehingga sangat asik di lidah ketika digigit.

Soal rasa, tentunya sudah tidak diragukan lagi, rasanya manis dan sedikit asam hasil dari peuyeum yang dibakar.

Pokoknya sudah pasti membuat ketagihan bagi siapapun yang mencicipinya.

Makanan ini banyak dijumpai di seluruh kota Bandung, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran.

Namun, Foodnesia punya rekomendasi tempat colenak paling enak di Bandung, yaitu Colenak Murdi Putra yang berdiri mulai 1930, sangat legendaris.

Nama tempat: Colenak Murdi Putra

Alamat: Jalan Ahmad Yani No 733, Cicaheum, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung

Harga: Untuk harga satu porsi kelezatan colenak hanya dibanderol Rp10.000 saja.

Gurandil

gurandil cemilan khas bandung
Gurandil Cemilan Manis Khas Bandung – via instagram: @samatasamsam

Selanjutnya adalah cemilan khas Kota Bandung, yaitu Gurandil. Cemilan ini merupakan cemilan tradisional sejak zaman dahulu yang masih hits hingga sekarang.

Selain disebut Gurandil, makanan ini juga disebut dengan surandil, cenil, unal-unil dan lainnya.

Gurandil memiliki bentuk dan tekstur yang lembut, kenyal, serta lengket. Makanan ini terbuat dari bahan dasar aci atau tepung tapioka.

Penyajiannya berwarna-warni dan ditusuk dengan tusukan sate sehingga menggugah selera apalagi ditabur dengan gula putih dan parutan kelapa.

Cemilan ini banyak ditemui di pusat kuliner dan jajanan Bandung. Seperti di daerah Cicadas dan Cikutra.

Untuk harganya sangat terjangkau, cukup dengan Rp5.000 saja maka kamu bisa menikmati cemilan lezat ini.

Ambokueh (NON HALAL)

ambokueh khas bandung
Ambokueh Makanan Khas Bandung – via instagram: @yuliafoods

Ada salah satu makanan khas Bandung yang kurang begitu terkenal tetapi banyak juga penikmatnya. Nah makanan tersebut bernama Ambokueh.

Makanan ini merupakan makanan dengan kategori NON-HALAL, sehingga tidak diperbolehkan untuk kamu yang muslim.

Sebetulnya ambokueh bukan asli Bandung, namun berasal dari Tiongkok yang kemudian dibuat oleh orang-orang Cina di Bandung, sehingga makanan ini mengandung daging Babi.

Tetapi banyak para wisatawan non muslim yang mencoba makanan ini.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang kemudian digoreng hingga berkulit.

Ada beberapa bahan pelengkap seperti lapciong (sosis daging babi), ngohiong (sosis daging babi yang berwarna coklat), kuping babi, tahu goreng, telur ayam, dan timun.

Kemudian makanan tersebut disiram dengan kuah manis yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan bertekstur kental seperti lem.

Untuk rasa yang lebih enak maka ditambah sambal dan bawang putih.

Ambokueh ini bisa kamu temui di Jln. Kebon Jati 199, Bandung.

Ketan Bakar

ketan bakar makanan khas bandung
Ketan Bakar Enak di Bandung – via instagram: @agungbcahyono

Salah satu makanan Bandung yang terbilang sederhana adalah ketan bakar. Makanan yang satu ini hanya terbuat dari ketan.

Kebanyakan ketan ini digoreng sebagai makanan kudapan seperti halnya gorengan.

Namun, ada juga ketan yang dibakar sehingga menjadi khas. Biasanya ketan bakar ini disajikan dengan serundeng dan sambal oncom.

Bahkan, ada makanan khas Cianjur yang menggabungkan ketan bakar ini dengan sate, yaitu Sate Maranggi Cipanas Cianjur.

Jika kamu ingin mencoba kelezatan ketan bakar yang ada di Bandung, maka kamu bisa coba datang ke Ketan Bakar

Lembang sebagai salah satu ketan bakar enak di Bandung yang memiliki wangi dan rasa gurih yang khas.

Nama tempat: Ketan Bakar Lembang

Alamat: Jalan Ir. H. Djuanda No. 48, Dago Bawah, Bandung

Harga: Satu porsi ketan bakar ini dihargai Rp8.000 saja.

Surabi Bandung

surabi khas bandung
Surabi Khas Bandung – via instagram: @foodgasmbyranityaa

Kalian mungkin sudah banyak yang tahu dengan surabi ini, karena memnag selain di Bandung, ada juga di daerah lain seperti Surakarta.

Hanya beda sedikit penyebutan saja, kalau di Bandung disebutnya Surabi, sedangkan di daerah Surakarta disebut Serabi.

Surabi ini sudah melekat dengan kota kembang, sehingga menjadi makanan khas yang enak dan banyak disukai.

Makanan ini terbuat dari bahan utama tepung dan santan yang dimasaknya dengan cara yang unik, yaitu dibakar pada tungku bara api menggunakan tanah liat yang berbentuk seperti cobek.

Dulu, surabi Bandung ini hanya ada 2 rasa saja, yaitu rasa pedas dengan topping oncom dan rasa manis dengan kuah kinca.

Namun sekarang udah mengalami perubahan, surabi sudah berinovasi menjadi beberapa rasa seperti keju, green tea, coklat, pisang, durian, hingga nangka.

Cara memasak yang unik serta topping yang beragam akan menghasilkan rasa surabi yang khas dan sangat lezat saat disantap.

Jika kamu ingin mencoba merasakan kenikmatan surabi Bandung, maka kami rekomendasikan salah satu surabi terenak di Bandung, yaitu Surabi Cihapit.

Surabi Cihapit ini merupakan salah satu tempat surabi legendaris di kota Bandung yaitu sejak 1991.

Tempat ini dibuka setiap hari sekitar jam 6 pagi hingga jam 1 siang, kemudian buka lagi jam 3 sore hingga jam 10 malam.

Nama tempat: Surabi Cihapit

Alamat: Jl. Cihapit No.36, Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Untuk harganya yaitu sekitar Rp5.000 hingga Rp13.000 perbuahnya.

Kue Bandros Bandung

kue bandros khas bandung
Kue Bandros Khas Bandung – via instagram: @bagas_momm

Orang Jawa Barat khususnya Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan kue tradisional yang bernama Bandros. Pasalnya, kue yang satu ini sangat mudah dijumpai di mana-mana apalagi di kota Bandung.

Warga Bandung biasanya menikmati makanan khas yang satu ini pada saat pagi atau malam hari ditemani dengan segelas kopi hitam atau pun secangkir teh hangat.

Namun ada juga yang menikmatinya langsung dengan taburan gula pasir di atasnya.

Bahan utama pada pembuatan kue bandros ini adalah tepung beras dan kelapa.

Kedua bahan tersebut dibuat adonan dan kemudian dipanggang menggunakan alat atau cetakan yang dipasang di atas kompor atau pun tungku bara api.

Salah satu tempat bandros yang paling terkenal adalah Bandros Cowboy Cisangkuy. Di tempat ini ada banyak pilihan rasa bandros, sehingga pembeli bisa memilihnya sesuka hati.

Selain itu sudah pasti aroma dan rasanya sangat lezat. Pokoknya rekomendasi banget deh.

Nama tempat: Bandros Cowboy Cisangkuy

Alamat: Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Untuk harga satu petak bandros dibanderol Rp8.000 hingga Rp10.000, sedangkan untuk satu porsinya dibanderol Rp15.000 hingga Rp40.000 sesuai jenis rasa dan topping yang dipilih

Kolontong Bandung

kolontong khas bandung
Kolontong Khas Bandung – via instagram: @kita_suka_makan

Jika kamu adalah pecinta panganan manis, ada nih makanan ringan manis khas Bandung namanya kolontong.

Makanan ini biasanya disajikan pada hari-hari tertentu, seperti hajatan, syukuran, lebaran, khitanan, pernikahan, dan acara tradisional lainnya.

Tetapi sekarang kolontong sudah banyak diproduksi dan tidak hanya disajikan pada hari-hari tertentu saja.

Bahkan kamu bisa membeli makanan ini di pasar atau di pusat oleh-oleh khas Bandung.

Kolontong ini dikategorikan sebagai cemilan atau snack, sehingga sangat cocok dimakan saat lagi santai. Lebih nikmat lagi jika disajikan bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat.

Bahan utama pembuatan kolontong adalah beras ketan dan gula aren.

Kedua bahan tersebut dibuat adonan yang kemudian dijemur, dan setelah kering baru disangrai atau digoreng tanpa menggunakan minyak.

Kue Pisang Bolen

pisang bolen bandung
Pisang Bolen Khas Bandung – via instagram: @farizahndyn

Ada lagi makanan khas Bandung yang berupa kue, yaitu kue pisang Bolen. Kue ini hampir mirip dengan roti hanya saja memiliki isian yang khas yaitu pisang.

Tetapi saat ini isiannya tidak hanya pisang, ada yang berisi cokelat, keju, peuyeum, durian, kacang hijau, dan lain-lain.

Dinamakan Bolen karena bentuk dari kue ini mirip seperti truk bolen untuk mengaduk semen, sehingga dinamakan lah Bolen.

Dari segi bentuk dan tekstur, makanan ini sangat lembut dengan isian pisang, keju, dan lain-lain sehingga membuat siapa pun yang merasakannya akan ketagihan.

Kue yang satu ini seolah sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Bandung. Jika kamu ingin membeli kue pisang bolen ini maka kamu bisa datang ke toko kue Kartika Sari.

Di sana ada banyak pilihan kue pisang bolen sehingga bisa kamu pilih sepuasnya.

Nama tempat: Kartika Sari

Alamat: Jl. H. Akbar No.4, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung

Harga: Satu box pisang bolen dihargai mulai Rp50.000 saja tergantung ukuran box dan isian kuenya

Tahu Susu Lembang

tahu susu lemabang bandung
Tahu Susu Lembang Gurih Tambah Cabe Rawit – via instagram: @theranchcisarua

Jika bicara soal tahu, maka akan identik dengan Sumedang, betul kan? Tapi tunggu dulu, meskipun tahu yang terkenal adalah tahu Sumedang, ada juga salah satu tahu yang terkenal, yaitu tahu susu Lembang.

Tahu susu Lembang ini merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Bandung, tepatnya adalah daerah Lembang.

Sesuai dengan namanya, tahu khas ini memang mengandung susu murni yang diolah dan dicampurkan dengan kedelai. Hal ini membuat tahu susu Lembang memiliki rasa yang lebih gurih, teksturnya lebih lembut dan padat.

Makanan yang satu ini akan sangat lezat ketika dimakan saat masih hangat. Dengan kelezatannya, tahu susu Lembang sangat digemari oleh para warga Bandung dan juga para wisatawan.

Bahkan sangat laris dan dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Jika ingin membeli tahu ini maka tersedia di daerah pusat oleh-oleh Pasteur dan juga Floating Market Lembang.

Jika ingin lebih lezat, maka kamu bisa langsung datang ke pusat sekaligus pabriknya di Lembang.

Nama tempat: POM Tahu Susu Lembang

Alamat: Jl. Raya Lembang – Bandung No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Harga: Di sana tersedia tahu susu dan juga tahu mentega. Untuk tahu susu yang mentah harganya Rp25.000 per-box, sedangkan untuk tahu mentega yang mentah harganya Rp30.000 per-box. Kemudian untuk harga tahu susu yang sudah digoreng Rp10.000 hingga Rp15.000 per-box

Wajit Cililin Bandung Barat

wajit cililin bandung
Wajit Cililin Khas Bandung Barat – via instagram: @telurbakaryes

Wajit Cililin ini adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Namun, wajit ini begitu populer dan banyak tersedia di hampir seluruh pusat oleh-oleh khas Bandung.

Rasanya yang manis dan legit membuat panganan ini disukai banyak orang terutama warga Bandung dan Sunda. Wajit Cililin ini terbuat dari bahan dasar ketan dan gula merah.

Biasanya dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering.

Tutut Bandung

tutu bandung
Tutut Kerang Sawah, Kuliner Enak di Bandung – via instagram: @nuansavhie3

Tutut merupakan sebutan orang Sunda pada salah satu keong sawah. Keong sawah ini tersedia banyak dan melimpah di daerah Sunda Jawa Barat, apalagi jika musim membajak dan menanam padi tiba.

Di Bandung sendiri banyak yang menjual tutut dengan olahan bumbu kuning yang khas dan lezat.

Menurut beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh lembaga penelitian LIPI mengungkapkan bahwa tutut mengandung protein yang tinggi, kandungan mineral, dan juga kolesterol baik yang sangat bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

Olahan tutut ini merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak dahulu, namun hingga saat ini tutut masih banyak dijumpai.

Bahkan terus berkembang banyak yang menjual dengan berbagai variasi bumbu dan rasa.

Kalau kamu ingin mencoba merasakan kelezatan masakan tutut maka Foodnesia rekomendasikan untuk datang ke tempat Tutut Mang Oded.

Biasanya tutut ini selalu ramai dan menjadi favorit warga Bandung.

Nama tempat: Tutut Mang Oded

Alamat: Jl. Rereng Adumanis No.15, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Harga: Untuk menikmati tutut di sini maka kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp10.000 saja untuk satu porsinya

Oncom

oncom kuliner bandung
Oncom Khas Bandung -via instagram: @maiza_jastip

Oncom adalah salah satu jenis makanan khas Bandung yang tidak dimakan langsung dan biasanya dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk jenis makanan lain.

Dilihat dari fisik, oncom ini mirip dengan tempe hanya saja dia berwarna oranye. Proses pembuatannya juga sama persis dengan tempe hanya beda jenis kacang dan jamur yang digunakan.

Kacang yang digunakan pada oncom ini adalah kacang tanah, kemudian jenis jamurnya bernama Neurospora sitophila, dan jamur inilah yang membuat warna oncom menjadi oranye.

Dari segi rasa hampir mirip-mirip juga dengan tempe, hanya saja ada sedikit aroma menyengat khas oncom.

Umumnya oncom dimasak untuk teman nasi seperti ditumis, dijadikan jeroan comro, campuran ulukutek leunca, campuran nasi tutug oncom, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan oncom ini sangat mudah, kamu bisa membelinya di pasar tradisional di Bandung atau bisa juga di warung-warung penjual sayuran.

Combro

combro kuliner khas bandung
Combro Cemilan Gurih Khas Bandung – via instagram: @nurulhikmahr

Combro merupakan salah satu makanan unik yang berasal dari Bandung. Kenapa unik? Karena pembuatan namanya unik, yaitu berupa singkatan.

Hal ini karena orang Sunda khususnya orang Bandung senang sekali memberi makanan dengan kalimat yang berupa singkatan.

Lalu apa artinya combro? Nah combro ini adalah singkatan dari “Oncom di jero”, yang kalau dalam Bahasa Indonesia artinya oncom di dalam.

Seperti halnya namanya, makanan ini memiliki isian oncom. Namun bahan pokok dari makanan ini adalah singkong.

Singkong akan diparut terlebih dahulu kemudian dicampur dengan parutan kelapa serta tambahan bumbu seperti garam, bawang putih, dll sehingga jadilah adonan combro.

Untuk isiannya yaitu oncom akan ditumis terlebih dahulu bersama dengan bawang merah, bawang putih, merica, daun bawang, dan bumbu yang lainnya sehingga nantinya akan menambah kenikmatan di dalam combro tersebut.

Kemudian adonan combro tadi dibentuk bulat dengan diisi tumis oncom tadi. Jika sudah maka combro ini digoreng pada minyak panas, dan jadi deh combro.

Makanan ini sangat enak dan gurih ketika disantap, apalagi jika ditambah saus atau sambal, akan lebih mantap lagi bro.

Combro banyak dijual di Bandung seperti di warung-warung, penjual gorengan, dan banyak sekali hampir di semua tempat jajanan di Bandung.

Harganya juga sangat murah, yaitu antara Rp500 hingga Rp2.000 per bijinya.

Misro

misro khas bandung
Misro, Si Amis di Jero Khas Bandung – via instagram: @miss_kuliner

Misro merupakan saudaranya combro, atau bisa dibilang mereka ini adalah adik-kakak hehe. Kok bisa? Yaps, karena mulai dari bahan-bahan, bentuk, hingga cara membuatnya pun sama.

Hanya satu perbedaannya yaitu rasa isiannya, kalau combro rasanya gurih, kalau misro isinya manis.

Nama jajanan khas Bandung yang satu ini juga merupakan sebuah singkatan dari “Amis di jero” yang dalam Bahasa Indonesia artinya manis di dalam.

Sama halnya dengan combro, biasanya misro juga banyak dijual di setiap penjual gorengan di Bandung.

Hanya saja misro ini tidak sebegitu banyak dan tidak sepopuler combro. Tapi apa salahnya jika kamu mencoba kelezatan dari misro ini.

Bala-bala

bala bala jajanan enak khas bandung
Bala-bala, Gorengan Enak Khas Bandung – via instagram: @risydalailah

Ada yang pernah denger makanan yang bernama bala-bala? Nah jika sudah pernah mendengar berarti main kamu cukup jauh hehe.

Yaps, bala-bala ini merupakan salah satu jajanan khas yang berasal dari Bandung atau bisa dibilang juga sebagai makanan khas orang Sunda Jawa Barat.

Umumnya di daerah selain Jawa Barat memberi nama makanan ini dengan nama bakwan, sedangkan di Jawa Barat adalah bala-bala.

Kenapa bala-bala? Ternyata kata “bala” itu sendiri adalah Bahasa Sunda yang artinya berserakan atau tidak rapi.

Hal ini karena makanan yang satu ini terlihat berserakan dengan potongan sayuran di dalamnya.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan sayuran berupa kol dan wortel yang dipotong-potong kecil tipis.

Bahkan ada juga yang menambah sayuran lain seperti labu hijau atau daun bawang.

Cara membuat bala-bala ini sangat mudah yaitu dengan cara membuat adonan berupa tepung terigu yang ditambah air kemudian ditambah bumbu garam atau bawang putih dan bawang merah.

Kemudian dicampurkan dengan potongan sayuran kecil dan tipis. Setelah itu tinggal digoreng pada minyak panas.

Bala-bala ini banyak dijual di tempat penjual gorengan, dan sebagai makanan yang wajib ada pada semua penjual gorengan.

Gehu

gehu gorengan khas bandung
Gehu (Tauge Tahu) Khas Bandung – via instagram: @ameliasepthi

Gehu ini masih termasuk keluarga gorengan dan masih adik-kakak dengan bala-bala. Makanan ini disebut gehu karena lagi-lagi merupakan sebuah singkatan dari “Tauge tahu”.

Cara membuat gehu khas Bandung ini juga sangat mudah, yaitu dengan bahan dasar tahu yang dibelah menjadi dua, kemudian diisi dengan tauge atau bisa juga dengan bihun, wortel, dan kol.

Setelah tahu dibelah dan diisi dengan tauge, maka dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu yang kemudian digoreng dalam minyak panas.

Ada banyak sekali penjual gehu ini, dan umumnya ada di pedagang gorengan di seluruh kota Bandung. Namun jika kamu ingin gehu yang lebih enak dan special ada namanya gehu pedas.

Dimana Gehu pedas ini berisi bihun, kol, wortel, dna cabe yang ditumis, sehingga rasanya akan menjadi pedas.

Cimol

cimol jajanan khas bandung
Cimol Jajanan Khas Bandung yang Kecil Imut – via instagram: @ngemil.cimol

Nama cimol mungkin lumayan terkenal di Indonesia, tapi di Jawa Barat khususnya Bandung, salah satu jajanan ini begitu terkenal.

Cimol sendiri merupakan makanan khas Bandung yang mudah dijumpai dan punya banyak sekali penggemarnya.

Diberi nama cimol karena merupakan sebuah singkatan dari kata “Aci digemol” yang artinya aci di kunyah.

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau tepung kanji, kalau orang Sunda menyebutnya dengan aci. Dimana aci ini sangat populer dan banyak dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat cemilan khas Jawa Barat.

Cara membuat cimol sangat mudah, hanya dengan membuat adonan berupa aci yang dicampur dengan air dan kemudian dikasih bumbu seperti garam, penyedap, dan lain-lain.

Adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil seukuran kelereng. Kemudian digoreng dalam minyak panas.

Penyajiannya biasanya hanya dengan bumbu bubuk seperti cabai bubuk, bumbu rasa balado, bumbu rasa barbeque, atau cukup dengan saus saja sudah enak.

Cimol ini banyak dijual oleh para pedagang kaki lima, biasanya berada di dekat sekolah-sekolah di Bandung karena memang makanan ini menjadi salah satu cemilan favorit anak sekolah.

Cilok Bandung

cilok enak di bandung
Cilok Jajanan Murah Meriah di Bandung – via instagram: @_marimakanenak

Cilok merupakan makanan khas dari Bandung yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini berbentuk bulat dan ditusuk menggunakan tusukan sate yang terbuat dari bambu.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang enak dan gurih dengan isian lemak daging, membuat makanan ini menjadi cemilan favorit warga Bandung.

Penamaan cilok adalah sebuah singkatan yang diambil dari kata “aci dicolok”, atau dalam Bahasa Indonesia berarti aci ditusuk.

Sesuai namanya, jajanan khas yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar aci dan pembuatannya mirip dengan cimol.

Aci atau tepung tapioka tersebut dibuat adonan dengan campuran air serta bumbu seperti garam, penyedap, dan lain-lain.

Kemudian dibentuk bulat-bulat kecil sambil diberi isian berupa lemak atau gaji daging sapi. Setelah itu direbus hingga matang hingga teksturnya sedikit padat.

Penyajiannya biasanya cukup ditemani dengan saus kecap atau bisa juga diberi bumbu kacang agar lebih terasa nikmat dan gurih. Cemilan yang satu ini banyak dijual di setiap tempat seperti sekolahan, tempat wisata, alun-alun, dan tempat ramai lainnya.

Cireng Bandung

cireng jajanan khas bandung
Cireng Enak Jajanan Khas Bandung – via instagram: @cirengcrispi

Cireng masih termasuk ke dalam jajanan dan cemilan khas yang berasal dari Bandung. Cireng ini begitu diminati oleh warga Bandung karena rasanya yang gurih dan enak.

Cemilan yang satu ini masih masuk dalam keluarga aci-acian, karena bahan dasarnya menggunakan aci, sehingga Cireng sendiri merupakan singkatan dari “Aci digoreng”.

Sama halnya dengan cimol, pembuatan cireng juga demikian, hanya saja beda pada bentuk, isian serta bumbu yang digunakan.

Saat ini cireng sudah mengalami perkembangan, sehingga banyak muncul cireng dengan varian isian yang beragam seperti abon, daging, keju, oncom, dan lain-lain.

Penyajiannya sangat simpel yaitu hanya dengan saus atau umumnya menggunakan bumbu kacang agar rasanya semakin nikmat dan gurih.

Di Bandung, makanan ini mudah sekali ditemukan di setiap tempat apalagi tempat-tempat keramaian karena biasanya banyak penjual di sana.

Cilung

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kuliner Bandung | Amelia (@foodnotestories) on

Selanjutnya jajanan khas Bandung yang masih berbahan dasar aci, bernama cilung. Lagi-lagi penamaan makanan yang satu ini juga merupakan singkatan, yaitu singkatan dari kata “Aci digulung”.

Bentuk dari makanan ini ada beberapa macam, pertama yaitu berbentuk bulat-bulat kecil yang ditusuk menggunakan tusukan sate seperti cilok yang kemudian di goreng bersamaan dengan telur.

Si telur ini kemudian digulungkan pada aci yang ditusuk tersebut.

Kedua, aci yang berbentuk cair kemudian digoreng pada minyak panas, pada keadaan aci tersebut menjadi sedikit padat maka langsung digulungkan pada tusuk sate.

Setelah digulungkan kemudian goreng telur dan digulungkan pada aci tersebut seperti pada yang pertama.

Makanan yang satu ini banyak dijual di beberapa tempat ramai di Bandung sebagai jajanan untuk warga Bandung yang sedang istirahat kerja atau istirahat sekolah atau yang sedang nongkrong-nongkrong saja menikmati kota Bandung.

Basreng

basreng khas bandung
Basreng (Baso Digoreng) Khas Bandung – via instagram: @undainuri

Ada yang sudah kenal basreng? Atau kira-kira ada yang mau nebak apa itu basreng? Nah buat kamu yang belum tau, basreng adalah salah satu jajanan khas Bandung yang banyak digemari.

Basreng ini merupakan sebuah singkatan dari kata “Baso digoreng”. Udah ketebak kan makanan apa ini? Hehe.

Yaps, basreng ini adalah makanan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Umumnya bulatan-bulatan bakso dipotong-potong atau cukup dibelah saja kemudian digoreng dalam minyak panas.

Penyajiannya bisa ditusuk menggunakan tusukan sate atau bisa juga di dalam kantong plastic atau bisa juga di dalam piring.

Bumbu yang digunakan juga cukup dengan saus dan kecap saja, atau bisa juga dengan bumbu bubuk seperti rasa pedas, rasa balado, barebeque, dan sebagainya.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Cililin
  2. Makanan Khas Cimahi
  3. Makanan Khas Ciamis
  4. Makanan Khas Garut
  5. Makanan Khas Cianjur
  6. Makanan Khas Sukabumi
  7. Makanan Khas Tasikmalaya
  8. Makanan Khas Sumedang

Empal Gepuk

empal gepuk bandung
Empal Gepuk Bandung – via instagram: @dapoer_minkybee

Empal Gepuk adalah salah satu makanan yang berasal dari daerah Sunda Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu khas yang gurih dan sedikit terasa manis.

Secara fisik empal gepuk ini mirip rendang, hanya saja lebih kering dan tidak banyak menggunakan bumbu rempah.

Oleh karena bumbu kering, maka serat-serat pada daging ini akan terlihat jelas sehingga sangat menggoda untuk disantap.

Biasanya empal gepuk dihidangkan bersama nasi hangat, ditambah lagi dengan kerupuk, maka sudah pasti nikmat sekali.

Salah satu penjual empal gepuk yang terkenal di Bandung adalah Empal Gepuk Ny Ong. Empal ini memiliki bumbu yang sangat khas.

Nama tempat: Empal Gepuk Ny Ong

Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.106, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp17.500 per kemasan

Ulukutek Leunca

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tastemade Indonesia (@tastemadeindonesia) on

Masyarakat Sunda sangat senang dengan makanan yang berupa lalapan, salah satu lalapan yang biasanya ada pada hidangan orang Sunda adalah leunca. Ada yang tahu ap aitu leunca?

Nah leunca ini merupakan buah kecil yang isinya biji kecil-kecil dan rasanya cukup pahit.

Namun masyarakat Parahyangan Jawa Barat mengkonsumsi leunca sebagai lalap yang biasanya dicocol ke dalam sambal.

Selain dibuat lalapan, leunca juga biasanya dimasak atau ditumis dengan oncom, tumisan ini disebut dengan ulukutek leunca.

Orang Sunda terutama Bandung sangat gemar mengkonsumsi makanan ini, karena selain gizinya yang bagus, ternyata bagi mereka juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Umumnya masakan ini tersedia di berbagai resto atau warung makan khas Sunda.

Bageur

Bageur adalah salah satu makanan khas Bandung yang terbilang unik. Kenapa bisa disebut unik? Nah salah satunya yaitu karena dari segi nama saja merupakan sebuah singkatan dari Bakpao dan Burger.

Jika biasanya burger dibuat menggunakan roti, di Bandung burger ini dibuat menggunakan bakpao. Kemudian bakpao ini juga berwarna-warni sehingga menggoda saat dipandang.

Umumnya isian dari Bageur ini adalah Sirloin Roasted Beef atau Roasted Chicken, kemudian dilengkapi sayuran seperti tomat, paprika kuning, paprika hijau, dan bawang bombay, serta dilengkapi dengan saus keju dan mayonnaise.

Ada juga beberapa tempat yang menyajikan menu bageur ini dengan isian berupa es krim. Wah menarik bukan? Nah jika kamu ingin mencoba keunikan kuliner Bandung yang satu ini maka bisa datang ke Bageur Bandung di Antapani.

Nama tempat: Bageur Bandung

Alamat: Jl. Malangboy Raya No.13, Antapati, Bandung

Harga: Untuk harga bageur dibanderol mulai Rp10.000 saja per buahnya

Kue Cubit Bandung

kue cubit bandung
Kue Cubit Khas Bandung – via instagram: @jogjafoodhunter

Ada cemilan manis khas Bandung yang berbentuk kue, namanya kue cubit. Dilihat dari namanya saja makanan ini sudah unik, apakah rasanya juga unik?

Dari segi bentuk, makanan ini punya bentuk bulat pipih, namun ada juga yang memakai cetakan dengan beragam bentuk agar terlihat lebih menarik.

Dari segi rasa, sudah pasti kuliner yang satu ini berasa manis dan legit, cocok sebagai hidangan saat santai.

Kue cubit ini dibuat dengan berbagai bahan seperti terigu, gula pasir, telur, margarin, vanili, baking powder, serta untuk tping yaitu keju, coklat, meses, dan lain-lain.

Semua bahan ini dibuat adonan seperti membuat kue pada umumnya. Kemudian adonan tersebut dipanggang pada cetakan yang dipanaskan diatas kompor.

Jika kamu ingin mencoba kuliner kue cubit ini, Foodnesia rekomendasikan untuk mencoba salah satu kue cubit enak di Bandung, yaitu Kue Cubit Asiong.

Nama tempat: Kue Cubit Asiong

Alamat: Jl. Trunojoyo No.7, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Untuk satu porsi kue cubit ini harganya mulai dari Rp8.000 hinga Rp16.000 tergantung topping. Dan jika ingin menambah topping maka menambah harga sebesar Rp2.000 hingga Rp6.000 saja.

Brownies Amanda

brownies amanda
Brownies Amanda Oleh-oleh Khas Bandung – via okezone.com

Buat kamu yang cari oleh-oleh khas Bandung tidak usah pusing, karena jawabannya adalah Brownies Amanda.

Ini adalah salah satu brownies khas Bandung yang sudah terkenal dan menjadi oleh-oleh wajib bagi para wisatawan.

Ada banyak varian rasa seperti blueberry, banana, cheese cream, tiramisu, choco marble, pink marble, dan sarikaya pandan. Brownies ini teksturnya sangat lembut, rasanya juga enak dan manisnya pas.

Untuk membeli brownies Amanda ini sangat mudah, karena sudah banyak banget outlet yang menjualnya. Bahkan hampir di setiap pusat jajanan dan oleh-oleh Bandung pasti tersedia.

Namun salah satu tempat rekomendasi Foodnesia yaitu Brownies Amanda yang berada di jalan Dago.

Nama tempat: Brownies Amanda

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.167, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Harga: Untuk harganya mulai Rp30.000an hingga Rp80.000an tergantung varian rasa dan topping

Bandung Makuta

bandung makuta kuliner
Bandung Makuta Oleh-oleh Khas Cianjur – via instagram: @bandungmakuta

Ada yang tahu apa itu Bandung Makuta? Sepertinya salah satu jenis kue ini sudah terkenal hingga ke luar Bandung.

Nah bagi kamu yang belum tahu, Bandung Makuta ini adalah salah satu kue atau cake yang memiliki banyak pilihan rasa dan topping.

Cake ini sendiri begitu terkenal karena memang owner dari usaha ini adalah salah satu artis ternama yaitu Laudya Chintya Bella.

Teksturnya lembut serta rasanya manis dan lezat membuat kue ini disukai banyak orang. Bahkan kue ini sudah menjadi oleh-oleh khas dari Kota Kembang.

Ada banyak varian dari kue ini seperti coklat, caramel, cheese, lemon, greentea, dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah lumayan banyak tempat penjualan Bandung Makuta, sehingga kamu yang mau membeli tidak perlu ngantri lama. Namun salah satu pusatnya yaitu ada di Jl. Van Deventer.

Nama tempat: Bandung Makuta

Alamat: Jl. Van Deventer No.2, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Rata-rata harga untuk setiap variannya itu antara Rp55.000 hingga Rp60.000 an saja.

Bubur Candil Bandung

bubur candil khas bandung
Bubur Candil Tradisional Khas Bandung – via instagram: @kulinerjabodetabek

Siapa sih yang enggak kenal bubur candil? Salah satu makanan tradisional yang begitu terkenal di Indonesia. Tidak hanya di Jawa, melainkan ke Sumatera, Kalimantan, hingga daerah timur Papua.

Tidak ada sumber pasti yang menyebutkan darimana kah asal dari makanan yang satu ini. Hanya saja, di daerah pulau Jawa sangat banyak dijumpai hampir di setiap daerah, termasuk salah satunya di Bandung.

Apalagi pada saat bulan Ramadhan tiba, pasti kuliner ini menjadi panganan berbuka puasa yang enak selain kolak.

Yang khas dari bubur candil adalah candilnya itu sendiri yang berbentuk bulat kecil seperti bakso serta teksturnya yang kenyal karena terbuat dari tepung tapioka.

Rasanya manis dan legit dari kuah gula aren serta sedikit santan.

 

Hmm ternyata membahas makanan itu bikin laper juga ya, apalagi makanan khas Bandung itu terkenal enak-enak. Nah setelah bahas makanan, sekarang kita bahas yang seger-seger aja ya.

Kita bahas jajanan dan minuman khas Bandung yang dingin dan bisa bikin rasa haus hilang. Selain itu kita bahas makanan dingin berjenis es dan sebagainya.

Es Goyobod

es goyobod bandung
Es Goyobod Segar Khas Bandung – via instagram: @fskferry

Es Goyobod merupakan salah satu minuman tradisional khas Sunda yang berasal dari Garut. Hanya saja, di Bandung sendiri minuman ini sangat terkenal dan mudah dijumpai di setiap tempat.

Kenikmatan dan kesegaran es goyobod sudah diterima dengan baik oleh lidah orang Bandung.

Minuman ini sangat cocok disantap siang hari saat matahari sedang terik karena rasanya yang dingin dan menyegarkan.

Es ini mirip dengan es campur hanya saja memiliki sedikit perbedaan pada kuah dan juga toppingnya.

Umumnya es goyobod terdiri dari potongan buah alpukat, nangka, mangga, serutan kelapa, melon, papaya, dan buah-buahan lainnya.

Salah satu tempat es goyobod terkenal dan legendaris di Bandung rekomendasi dari Foodnesia adalah Es Goyobod Kliningan. Di sini es goyobodnya terkanal enak dan selalu ramai oleh para penikmatnya.

Nama tempat: Es Goyobod Kliningan

Alamat: Jalan Kliningan B9, RT:01 RW:05, Turangga, Lengkong, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung

Harga: Satu porsi es goyobod Kliningan ini dibenderol Rp8.000 hingga Rp15.000 saja.

Cendol Elizabeth

cendol elizabeth bandung
Es Cendol Elizabeth Khas Bandung – via instagram: @suzy_alnaz

Siapa sih yang nggak kenal cendol? Ituloh minuman yang sudah berteman lama dengan dawet hehe. Yaps, cendol merupakan minuman tradisional yang hingga kini masih menjadi favorit setiap orang, apalagi jika saat musim panas.

Nah di Bandung sendiri ada cendol yang sangat terkenal dan legendaris yaitu Cendol Elizabeth. Cendol ini menjadi cendol khas Bandung yang bahkan sering dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan.

Kesegaran es cendol Elizabeth ini tidak bisa diragukan lagi, setiap harinya selalu laris manis, apalagi jika bulan Ramadahn tiba.

Es cendol menjadi minuman buka puasa yang menyegarkan dan membuat rasa haus seharian menjadi hilang seketika.

Nama tempat: Cendol Elizabeth

Alamat: Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung

Harga: Satu porsi cendol dihargai mulai Rp5.000 hingga Rp10.000an saja

Es Cincau Kacang Merah

es cincau kacang merah
Es Cincau Kacang Merah Khas Bandung – via pinterest.com

Ketika cuaca panas dan matahari sedang terik maka meminum minuman yang menyegarkan adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Namun apa sih minuman yang cocok disantap ketika terik? Nah jawabannya adalah es cincau.

Es cincau merupakan minuman yang berbahan dasar daun cincau yang kemudian diperas dan jadilah cincau dengan tekstur mirip agar-agar. Umumnya cincau ini diberi air gula dan juga santan, kemudian diberi es, sehingga sangat enak dan menyegarkan.

Di Bandung banyak sekali penjual es cincau, namun ada es cincau yang enak yaitu dengan tambahan kacang merah. Jika ingin mencoba maka bisa datang ke Rumah Kayu Bandung yang berlokasi di Jl. Wira BTN Pusdik Ajen No. 22 Lembang, Bandung.

Mochi Es Krim Bandung

mochi es krim bandung
Mochi Es Krim Khas Bandung – via instagram: @smoochi.jkt

Mochi merupakan salah satu makanan khas Sukabumi, meskipun pada awalnya merupakan makanan Jepang. Tapi mochi ini sangat terkenal di Sukabumi.

Makanan ini terbuat dari tepung tapioka sehingga teksturnya kenyal. Umumnya diberi isian berupa kacang hijau, keju, coklat, dan lain-lain.

Namun ada salah satu mochi di Bandung yang isinya berupa es krim. Penasaran kan?

Nah mochi isi es krim sendiri sudah terkenal lama, dan Bandung memiliki mochi es krim yang enak dan terkenal.

Jika kamu ingin mencoba mochi es krim yang enak di Bandung, maka bisa datang ke Pusat Mochi Ice Cream Smoochi yang berada di Jalan Turangga Timur.

Nama tempat: Pusat Mochi Ice Cream Smoochi

Alamat: JL Turangga Timur, No. 16 A (Masuk dari jalan Samping SD Turangga, RT.1, Lkr. Sel., Kec. Lengkong, Kota Bandung

Harga: Untuk harganya sangat terjangkau, cukup dengan Rp6.000 rupiah saja per buahnya.

Es Lilin Bandung

es lilin bandung
Es Lilin Kacang Hijau Jajanan Khas Bandung – via instagram: @eslilin.tiffany

Salah satu jajanan tradisional khas Bandung yang sudah ada sejak dulu adalah Es Lilin. Jajanan ini sangat digemari oleh warga Bandung mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Jaman dahulu es lilin dijual melalui gerobak, dan didorong keliling kota Bandung, namun sekarang penjualan es lilin sudah tidak lagi menggunakan gerobak dorong tetapi di toko bahkan hingga supermarket.

Kalau kamu ingin mencoba es lilin yang merupakan jajanan khas Bandung ini maka bisa datang ke Es Krim Lilin Likliki yang ada di jalan Bahureksa. Es lilin ini berbentuk persegi panjang yang ditusuk menggunakan stik es krim.

Nama tempat: Es Krim Lilin Likliki

Alamat: Jl. Bahureksa No.8, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Satu potong es lilin di sini dihargai Rp7.000 saja

Yoghurt Cisangkuy

yoghurt cisangkuy minuman khas bandung
Yoghurt Cisangkuy Minuman Segar Khas Bandung – via instagram: @aryani_kj

Yoghurt adalah salah satu minuman yang merupakan olahan susu sapi yang rasanya enak, menyehatkan, dan juga menyegarkan. Rasa asam dari yoghurt menjadi ciri khas tersendiri sehingga sangat disukai oleh setiap orang.

Di Bandung ada yoghurt yang sudah puluhan tahun masih eksis hingga sekarang, yaitu Yoghurt Cisangkuy. Yoghurt ini juga menjadi salah satu yoghurt enak dan terkenal di bandung.

Yoghurt Cisangkuy ini berupa cafe yang berada di daerah sejuk dan juga banyak pohon sehingga membuatnya semakin sejuk dan asik buat nongkrong.

Ada banyak varian rasa yang ditawarkan di cafe ini, jadi kamu bisa pilih sesuai selera.

Nama tempat: Yoghurt Cisangkuy

Alamat: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: Satu gelas yoghurt di sini dibanderol mulai Rp20.000an saja

Bandrek Bandung

bandrek khas bandung
Bandrek Minuman Tradisional Penghangat Tubuh – via instagram: @theplantationcafe

Selanjutnya merupakan minuman hangat untuk meredakan hawa dinginnya udara Bandung.

Bandrek merupakan salah satu minuman tradisional Bandung yang sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan. Apalagi ketika berada di daerah Lembang, Ciwidey, atau Pangalengan.

Umumnya minuman Bandrek ini terdiri dari bahan-bahan seperti gula merah, jahe, daun pandan, serai, cengkeh, kayu manis, garam, dan susu.

Kandungan rempah yang ada memberikan sensasi hangat pada minuman ini saat diminum.

Salah satu tempat bandrek terkenal dan enak di Bandung adalah Bajigur Bandrek Two Aa Ahmad Yani. Bandreknya sangat mantap dan tempatnya juga oke.

Nama tempat: Bajigur Bandrek Two Aa Ahmad Yani

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.297, Sukamaju, Kec. Batununggal, Kota Bandung

Harga: Satu cangkir bandrek dibanderol dengan harga mulai Rp7.000 saja

Bajigur

bajigur khas bandung
Bajigur Enak Minuman Tradisional Bandung – via instagram: @theclarasgallery

Selain bandrek, ada satu lagi minuman tradisional Bandung yang mampu menghangatkan tubuh ketika dingin, yaitu bajigur. Ada yang pernah dengar? Bajigur ini merupakan salah satu minuman khas Sunda Jawa Barat yang mudah dijumpai.

Hampir setiap malam, di Bandung pasti banyak yang jualan bajigur ini yang biasanya digabung dengan makanan hangat seperti getuk, kue klepon, kue putu, dan lain-lain. Jika ingin mencoba bajigur enak di Bandung, maka bisa datang ke Bajigur Bandrek Two Aa Ahmad Yani.

Nama tempat: Bajigur Bandrek Two Aa Ahmad Yani

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.297, Sukamaju, Kec. Batununggal, Kota Bandung

Harga: Untuk harga satu cangkir bajigur ini dihargai mulai Rp7.000 saja

 

Demikianlah beberapa daftar makanan khas Bandung versi Foodnesia, mulai dari cemilan, jajanan, hingga minuman. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *