makanan khas cililin wajit
Makanan Khas

Makanan Khas Cililin

Hai sobat pecinta kuliner, apa kabar? Sudah makan belum? Di artikel pertama ini foodnesia akan sedikit berbagi informasi tentang makanan khas daerah. Apa kira-kira yang akan dibahas? Yaps, Foodnesia mau bahas makanan khas Cililin nih, ada yang mau tau?

Mungkin beberapa kalian udah tau sih, tapi ini hanya sekedar informasi bagi yang belum tau saja. Cililin adalah sebuah daerah kecil di kabupaten Bandung Barat. Letaknya tidak jauh dari Bandung dan tidak jauh juga dari Cimahi.

Bagi kamu yang sedang berlibur atau berencana untuk berlibur ke sana harus tau dulu dong tempat wisata di sekitar sana. Tentunya harus tau juga oleh-oleh atau makanan khas Cililin. Nah kalau udah tau kan enak, jadi udah ada persiapan mau beli apa aja.

Sebenernya makanan atau oleh-oleh khas CIlilin ini tidak akan jauh berbeda dengan daerah sekelilingnya seperti Cimahi, Bandung, Padalarang, dan sekitarnya. Hal ini karena memang oleh-oleh di Cililin ini tidak terlalu banyak.

Yaudah deh, daripada kebanyakan basa-basi, ini dia makanan khas Cililin yang wajib kamu coba dan wajib kamu beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Wajit Cililin

makanan khas cililin wajit
Makanan khas Wajit Cililin

Coba di sini ada yang belum kenal sama makanan yang satu ini nggak? Wah kalau ini sih khas banget ya. Seakan-akan sudah menjadi ikon Cililin.

Yaps, ini adalah santapan manis yang sangat enak dan cocok dimakan di kala bersantai bersama keluarga. Atau bisa juga disantap saat pagi hari ditemani dengan segelas kopi atau teh.

Wajit Cililin ini terbuat dari campuran beras ketan, kelapa, dan gula aren. Sedangkan untuk aromanya biasanya ditambahkan dengan vanili agar wanginya semakin semerbak dan menggoda.

Teksturnya empuk dan rasanya manis banget deh, semanis senyum kamu hehe. Packagingnya biasanya si wajit ini dibungkus menggunakan daun jagung yang kering, berbentuk kerucut dan cantik deh pokoknya.

Lalu wajit Cililin ini tahan berapa lama? Wajit ini bisa bertahan selama 5 hari jika sudah dikemas dengan baik. Tapi jika diangin-angikan bisa bertahan lebih lama lagi, yaitu sekitar tiga minggu. Dan jika pengen bertahan lebih lama lagi, maka bisa dimasukkan ke kulkas, maka wajit ini pun bisa bertahan sekitar 1 bulan lebih.

Jika kamu mau mendapatkan wajit yang khas di daerah Cililin, kami punya rekomendasi nih buat kalian yaitu bisa ditemukan di Jalan Raya Radio No. 1 Cililin, Namanya Hj. Siti Romlah. Yang mana wajit di sini menjadi pelopor wajit Cililin.

Dan kalau kalian baca filosofi wajit Cililin, ini berkaitan erat dengan keluarga Hj, Siti Romlah ini sejak dulu jaman colonial Belanda.

Sejatinya saat ini wajit Cililin sudah banyak dan mudah kita temukan di tempat membeli oleh-oleh sekitar Bandung Raya. Seperti di Pasar Kosambi, Terminal Leuwi Panjang, ataupun tempat oleh-oleh lainnya.

Kerupuk Gurilem Khas Cililin

Gurilem makanan khas cililin
Gurilem khas CIlilin

Ada yang tau Gurilem ini? Atau udah ada yang pernah mencobanya? Kayaknya sih gak bakal asing yang dengan makanan yang satu ini, apalagi kamu orang Jawa Barat sepertinya sering menjumpai makanan ini.

Nah Gurilem ini semacam kerupuk biasa sih, rasanya gurih, pakai bumbu garam, cabai, bawang sehingga rasanya pedas manis, balado, dll.

Beberapa orang menyebut makanan ini sebagai Kerupuk Cacing. Karena memang bentuknya kecil dan memanjang layaknya cacing tanah.

Kalau kamu berminta mencicipi dan ingin membelinya, maka bisa ditemukan di beberapa took penjual oleh-oleh seperti di daerah Cililin, Cimahi, Bandung, dan sekitarnya.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Cimahi
  2. Makanan Khas Bandung
  3. Makanan Khas Sukabumi
  4. Makanan Khas Cianjur

Gula Aren Khas Cililin

gula aren khas jawa barat
Gula Aren Khas Jawa Barat dari Cililin

Cililin menjadi salah satu daerah pembuat gula aren. Yaps, kayaknya di Jawa Barat hampir setiap daerah memproduksi gula aren. Rasanya enggak perlu dijelaskan lagi lah ya, udah pasti manis hehe.

Orang Sunda biasanya menjadikan gula aren ini sebagai bahan tambahan pembuat kue, bahan dan bumbu masakan, atau bisa juga sebagai gula pengganti gula putih.

 

Nah itu dia yang oleh-oleh dan makanan khas Cililin. Jadi buat kalian yang mau mencobanya silahkan saja langsung dating ke tempat sentra oleh-oleh di daerah Cililin khususnya. Tapi bisa juga di daerah Bandung Raya seperti Bandung kota, Cimahi, Padalarang, Majalaya, dan lain-lain.

Sungguh, Indonesia ini begitu kaya dengan makanan-makanan khas daerah. Maka ada baiknya kita mencoba setiap makanan khas daerah yang ada di Indonesia.

Oke sekian dari kami, semoga membantu. Jangan lupa makan.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *