sego urap temanggung
Makanan Khas

Makanan Khas Temanggung

Temanggung ialah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Daerah ini Temanggung ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang bagian timur, Kabupaten Wonosobo di bagian barat, Kabupaten Kendal di bagian utara, dan yang terakhir Kabupaten Magelang di bagian selatan.

Perlu kamu ketahui bahwa di Temanggung ini ada berbagai destinasi wisata yang dapat kamu datangi, diantaranya ialah Monumen Meteroit, Jumprit, Pikatan Waterpark, Curug Lawe, Taman kartini dan masih banyak destinasi wisata lainnya.

Oh iya, buat kamu yang mau berkunjung ke daerah Temanggung, jangan lupa juga buat mencoba-coba wisata kuliner disana ya.

Karena disana itu ada Makanan Khas Temanggung yang terkenal memiliki nama-nama panggilan yang cukup serem.

Banyak sekali makanan Temanggung yang bisa kalian icipi rasa kelezatannya. Penasaran seperti apa makanan-makanan yang ada di daerah Kabupaten Temanggung itu?

Yuk langsung saja kita simak artikel dibawah ini, jangan ngiler ya hehe.

10 Rekomendasi Makanan Khas Temanggung yang Paling Hits dan Wajib Dicoba!

Sego Urap

sego urap temanggung
Sego Urap Khas Temanggung – via Instagram: @byviszaj

Sego urap merupakan salah satu Makanan Khas Temanggung yang mana Sego Urap ini terbuat dari nasi hangat serta dipadukan dengan parutan kelapa.

Biasanya nih, buat menambah citra rasa dari Sego Urap ini selalu ditambahkan dengan menu tambahan seperti lauk pauk lainnya.

Selain itu, tak tertinggal juga kerupuk dan rempeyeknya. Pokoknya ini Makanan Khas Temanggung merupakan salah satu makanan khas yang sangat di rekomendasikan untuk kamu coba!

Sego Gono

sego gono khas temanggung
Sego Gono Kuliner Khas Temanggung – via Instagram: @hamhanin

Selain dari Segop Urap, Sego Gono juga merupakan Makanan Khas Temanggung yang bahan dasar dari makanan tersebut terbuat dari nasi yang dicampur dengan sayur-sayuran seperti buncis, kol dan sayuran terakhir ialah daun lembayung yang sebelumnya sudah di iris secara tipis-tipis.

Selain itu, Sego Gono ini dihidangkan dengan campuran parutan kelapa, tempe, ikan teri, kentang dan juga berbagai macam sayuran lainnya.

Nah bagi teman-teman yang penasaran seperti apa sih citra rasa yang dimiliki dari Makanan Khas Temanggung Sego Gono ini, bisa langsung datang ke daerah Temanggung Jawa Tengah. Pokoknya gak akan nyesel deh!

Sego Tiwul

sego tiwul kuliner tradisional temanggung
Sego Tiwul Makanan Tradisional Khas Temanggung – via Instagram: @tina_anulika

Tentunya sudah tak asing lagi dong nama Tiwul terdengar oleh kedua telinga kita? Ya Tiwul ialah Makanan Khas Temanggung yang mana tampilan dari Tiwul ini terlihat sangat sederhana dan tidak mewah.

Akan tetapi rasa dari makanan ini memiliki cita rasa yang sangat enak ketika menempel di lidah kita.

Bahan-bahan dasar Nasi Tiwwul ini dibuat dari tepung gaplek dan diberikan sedikit air, kemudian diaduk sampai berbentuk serbuk seperti pasir, setelah itu adonan tersebut dipanaskan dengan menggunakan dandang, dan yang terakhir atasnya di baluri gula merah.

Perlu kamu ketahui, Tiwul juga salah satu pengganti makanan utama yang mempunyai kapasitas kalori lebih sedikit apabila dibandingkan dengan nasi.

Lento Temanggung

lento kacang khas temanggung
Lento Kacang Kuliner Khas Temanggung – via myhomediaryinturkey.blogspot.com

Lento ialah Makanan Khas Temanggung dari singkong yang mana singkong tersebut sudah ditumbuk secara halus, kemudian setelah itu tumbukan singkong yang halus ini diberikan campuran tepung dan kedelai, lalu digoreng hingga kering.

Perlu kamu ketahui lento ini mempunyai beberapa jenis yang terkadang makanan ini sering disebut lento-lento, tapi semua itu tergantung dari jenis kacangnya yang mana kacang tersebut menjadi bahan campurannya.

Misal seperti lento kedelai yang campurannya berisi kacang kedelai.

Selain dari lento kedelai, ada juga lento kacang hijau yang mana isi dari campurannya adalah kacang hijau, dan yang terakhir ialah lento singkong, nah lento singkong ini dalemannya juga di campuri singkong dan juga kacang tolo.

Nah Makanan Khas Temanggung Singkong ini bisa kalian dapati di warung makan Temanggung, dan juga bisa kalian jadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Temanggung untuk dibawa pulang ke rumah dan diberikan kepada teman-teman atau keluarga.

Buntil Temanggung

buntil khas temanggung
Buntil Daun Pepaya Khas Temanggung – via Instagram: @moniqcen

Orang Jawa asli pasti sudah tak asing lagi dengan makanan khas Jawa Tengah ini.

Eh dan ternyata, makanan yang bernama buntil ini ada juga loh di daerah Kabupaten Temanggung, bahkan di Temanggung ini membuat makanan tersebut dengan khas nya sendiri.

Bahan-bahan makanan yang digunakan pun sama, seperti parutan dari daging kelapa yang mana parutan kelapa tersebut dicampur dengan ikan teri dan diberi bumbu-bumbu hingga menghasilkan cipta rasa yang sangat luar biasa enaknya.

Setelah itu, buntil ini dibungkus dengan selembar daun pepaya lalu direbus didalam cairan santan yang sudah dipanaskan oleh api kompor.

Empis-empis Tahu Tempe

empis empis tahu tempe temanggung
Empis-empis Tahu dan Tempe Kuliner Khas Temanggung – via Instagram: @tsaniwismono

Apa itu empis-empis tahu tempe? Empis tahu tempe ini merupakan salah satu Makanan Khas Temanggung juga.

Makanan ini bisa kalian temukan di daerah Kabupaten Temanggung, tepatnya di warung makan Temanggung sederhana bahkan sampai di restoran mahal pun telah menyediakan menu makanan empis tahu tempe.

Asal kalian tau, makanan ini akan terasa lebih nikmat apabila kita santap ketika masih dalam keadaan hangat, dan tentunya jangan sampai lupa lengkapi makanan itu dengan kerupuk yah.

Ndas Borok Temanggung

ndas borok khas temanggung
Ndas Borok Kuliner Unik Khas Temanggung – via Instagram: @dwisunuaja

Kuliner yang memiliki nama unik ini ialah Makanan Khas Temanggung, Ndas Borok. Apakah kamu tau arti dari “Ndas Borok” itu apa? Arti dari kata Ndas Borok apabila di bahasa Indonesia kan itu ialah “Kepala Borokan”. Cukup unik bukan makanan khas yang satu ini?

Ndas Borok adalah Makanan Khas Temanggung yang dibuat dari parutan singkong dan kelapa, kemudian di bagian atasnya itu dilapisi gula jawa yang sudah di kukus.

Kenapa makanan khas yang satu ini bisa dinamakan “Ndas Borok”? Karena wujud dari tampilanan makanan tersebut seperti kepala yang borok.

Kamu bisa lihat saja dari warna makanannya. Jadi buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba menyantap makanan ini jangan sampai membayangkan kepala seseorang yang borok yah. hehe

Kue Mendut

kue mendut makanan khas temanggung
Kue Mendut Cemilan Manis Khas Temanggung – via Instagram: @markonah_bakery_shop

Mendut itu sebenarnya ialah makanan tradisional khas dari Jawa dengan bentuk tekstur yang kenyal. Bahan-bahan dasar untuk pembuatan kue mendut itu ialah tepung beras ketan.

Lalu bagaimana dengan kualitas rasa yang dimiliki oleh kue mendut ini? Tentu saja sangat enak dan juga terjamin rasa manisnya bakal kerasa banget!

Gak percaya? Kalo gak percaya kalian bisa coba kue ini, untuk mendapati kue ini juga ada di berbagai macam warung makan Temanggung, dan harga nya pun bisa dibilang cukup murah.

Bentuk wujud dari kue ini hampir mirip dengan kue bugis yang menjadi salah satu makanan khas dari daerah Makassar.

Sensasi yang ditimbulkan ketika kamu menggigit kue mendut ini akan terasa nikmat dan gurih.

Kenapa kok bisa seperti itu? Karena ketika kue mendut di gigit, kamu dan bibir kamu akan diberikan kejutan dengan isi gula kelapa yang manis dan juga tentunya sangat legit.

Ketan Gudig

ketan gudig khas temanggung
Ketan Gudig Cemilan Unik Khas Temanggung – via jateng.xplorenesia.co.id

Ketan Gudig adalah Makanan Khas Temanggung yang dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang delandang.

Warna dari ketan ini memang terbilang cukup serem, putih mulus dan sedikit ada totol-totol seperti halnya dengan penyakit kulit manusia.

Akan tetapi, jika kamu ingin memakan Ketan Gudig jangan sesekali mengingat penyakit kulit tersebut, bisa-bisa nanti kamu akan kehilangan selera makan.

Dibalik semua itu, Ketan Gudig ini memiliki kelebihan sendiri, yaitu mempunyai cita rasa yang enak dan tentunya sangat mamamia lezatoz. Hehee.

BACA JUGA:

Wedang Ronde Wasis

wedang ronde temanggung
Wedang Ronde Minuman Hangat Khas Temanggung – via Instagram: @lumpia.semarang.omaronde

Wedang Ronde Wasis juga merupakan salah satu Makanan Khas Temanggung sekaligus Minuman Khas Temanggung yang sangat populer dikalangan para wisatawan.

Perlu kamu ketahui bahwa Wedang Ronde Wasis ini bukan hanya sekedar minuman segar saja, melainkan minuman yang bisa menghangatkan tubuh dari kedinginan.

Bahan dasar untuk pembuatan Wedang Ronde Wasis ini sama halnya dengan bahan wedang ronde biasanya, misal seperti kolang-kaling, mochi, kacang tanah yang telah disangrai, dan tentunya kuah jahe tidak pernah tertinggal yah.

Tapi ada yang membedakan Wedang Ronde Wasis dengan wedang ronde lainnya, kira-kira apa ya yang membedakannya? Yaitu Wedang Ronde Wasis ini menggunakan emping, sedangkan wedang ronde lainnya tidak menggunakan emping. Beda kan? Sangat unik bukan?

Cita rasa yang dimiliki dari Minuman Khas Temanggung ini ialah manis, sudah pasti gurih, dan rasa kehangatan dari jahe nya pun sangat terasa.

 

Mungkin sekian pembahasan kali ini tentang Makanan Khas Temanggung Jawa Tengah yang bisa kami bagikan didalam artikel ini. Terimakasih telah berkunjung ke Foodnesia, website seputar makanan terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Ditunggu ya artikel selanjutnya, dan jangan lupa makan.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *