buah carica dieng wonosobo
Makanan Khas

Makanan Khas Wonosobo

Wonosobo adalah salah satu kawasan di Jawa Tengah yang paling terkenal dengan tempat wisatanya. Khususnya Wisata Dieng.

Kamu yang sudah pernah ke Dieng pastinya sudah merasakan betapa dinginnya udara yang ada di sini.

Selain terkenal dengan Wisata Dieng, kawasan ini juga populer dengan makanan khas Wonosobo yang lezat.

Oleh oleh makanan khas Wonosobo banyak sekali diburu oleh wisatawan , mulai dari makanan khas utama sampai dengan souvenir khas Wonosobo.

Apabila kamu datang ke Wonosobo, maka kurang lengkap jika belum mencoba mengunjungi wisata kuliner Kabupaten Wonosobo.

Makanan khas Wonosobo menjadi kuliner yang wajib kamu cicipi pada saat berlibur ke kawasan pegunungan Dieng ini.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, beberapa kuliner khas Wonosobo berikut ini cocok disantap sambil menikmati udara Wonosobo yang dingin.

Apa saja kuliner khas Wonosobo yang harus kamu cicipi? Berikut ini ulasannya.

12 Rekomendasi Makanan Khas Wonosobo yang Paling Hits dan Wajib Dicoba!

Mie Ongklok Wonosobo

mie onkglok khas wonosobo
Mie Ongklok Khas Wonosobo – via instagram: @e_ndro

Belum legkap rasanya jika kamu pergi ke Wonosobo dan tidak menyempatkan untuk mencoba kuliner khas Wonosobo ini. Sejak lama, makanan khas Wonosobo mie ongklok ini menjadi ikon kota Wonosobo.

Mie yang khas ini terbuat dari bahan seperti mie, kubis, kol dan daun kucai yang telah dicampur dengan kuah kacang kental dan nikmat.

Nah, jika kamu makan kudapan satu ini kurang lengkap rasanya jika nggak disajikan berbarengan dengan sate kambing serta tempe kemul. Yang juga merupakan panganan khas Wonosobo lainnya.

Terdapat beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terlebih lagi pada saat hari libur, mie ongklok ini menjadi makanan favorit para pengunjung yang ada disini.

Untuk kamu yang ingin menikmati mie ongklok yang lezat dan legendaris, kamu bisa mencobanya di Mie Ongklok Pak Muhadi.

Nama tempat: Mie Ongklok Pak Muhadi

Alamat: Jalan A. Yani No. 1 Wonosobo.

Harga: Harga seporsi mie ongklok dan 10 tusuk sate sapi ini dibandrol dengan harga Rp 28.000.

Dendeng Gepuk Wonosobo

dendeng gepuk makanan khas wonosobo
Dendeng Gepuk Khas Wonosobo – via instagram: @angelina_deeandra

Makanan tradisional Wonosobo yang terkenal lezat dan harus kamu coba cicipi saat berkunjung disini yaitu dendeng gepuk.

Makanan khas yang terbuat dari daging sapi ini paling sering dinikmati bersama dengan sambal bajak dan juga nasi hangat. Sudah terbayang kelezatannya bukan?

Dendeng gepuk yang khas ini juga sering disajikan bersama dengan serundeng. Inilah yang menambah rasa gurih dan manis ketika kuliner ini disantap.

Kamu akan banyak menemukan dendeng gepuk Wonosobo yang kering yang sudah dibungkus dalam kemasan dan dijual sebagai oleh oleh khas Wonosobo.

Jika kamu berkunjung ke Wonosobo pastikan makanan khas Jawa Tengah yang satu ini kamu masukkan pada daftar buruan kamu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencarinya di Toko Dendeng Tivi.

Nama tempat: Toko Dendeng Tivi

Alamat: Jl. Bismo Sumberan No.21, Sumberan Utara, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Harga: Untuk harga dendeng gepuk ini memang agak mahal, taitu sekitar Rp. 90.000 an. Namun rasanya tak akan membuat kamu yang mencicipinya merasa kecewa.

Buah Carica Dieng

buah carica dieng wonosobo
Buah Carica Si Pepaya Gunung Khas Dieng Wonosobo – via instagram: @kagumka

Kamu pasti nggak pernah mengira kalau ada satu buah yang hanya bisa dijumpai di Wonosobo. Ya, buah carica namanya. Buah ini jika kamu lihat memang mirip dengan pepaya.

Akan tetapi, ukuran buah carica ini sedikit lebih kecil. Dan buah  ini hanya tumbuh subur di wilayah Dieng. Daging buahnya rasanya sedikit asam asam, namun biji carica memiliki rasa yang asam manis.

Masyarakat Wonosobo memanfaatkan buah ini untuk dijadikan berbagai olahan dari carica. Diantaranya dijadikan manisan, keripik, dan masih ada lagi yang lainnya.

Kemasannya juga beragam, dari mulai kemasan cup kecil hingga botol. Nikmatnya makanan khas Wonosobo ini nggak bisa kamu ragukan lagi, lho!

Ingin membeli carica yang segar untuk oleh-oleh kerabat di rumah? Carica Sumbing Segar Factory bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu.

Nama tempat: Carica Sumbing Segar Factory

Alamat: Yososari, Reco, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Harga: Untuk yang 1 Dus isi 4 cup (120 gr) harganya Rp. 16.000, 1 Dus isi 6 cup (120 gr) harganya Rp. 22.000. Kemudian, untuk yang 1 Dus isi 12 cup (120 gr) dibanderol dengan harga Rp. 42.000.

Kacang Dieng

kacang dieng wonosobo
Aneka Cemilan Kacang Dieng Wonosobo – via instagram: @maya_snack

Bagaimana perasaan kamu jika mendengar kuliner kacang babi? Nah, sebaiknya kamu jangan langsung berpikiran itu terbuat dari daging babi. Karena kacang babi ini merupakan nama lain dari kacang dieng.

Bentuk kacang ini memang lebih besar dibandingkan dengan kacang biasa dan digoreng dengan taburan bumbu yang nikmat di atasnya.

Makanan khas Wonosobo ini terbuat dari kacang yang hanya tumbuh baik di dataran tinggi Dieng.

Rasanya sih nggak hanya lezat, namun camilan ini juga banyak mengandung gizi. Dijamin, deh, dalam sekali gigitan kamu akan merasa ketagihan!

Untuk mendapatkan kacang ini, kamu bisa mengunjungi penjual camilan kacang babi di Candi Dieng MHS.

Nama tempat: Candi Dieng MHS

Alamat: Jln. Sambek No.247 Wonosobo

Harga: Untuk harga yang ditawarkan yaitu Rp.20.000 per bungkusnya

Opak Singkong Cemilan Wonosobo

opak singkong kuliner khas wonosobo
Opak Singkong Khas Wonosobo – via instagram: @mboksubur

Opak singkong atau yang juga dikenal dengan opak kucai adalah makanan khas Wonosobo yang terbuat dari rebusan singkong yang diberi garam dan kucai.

Singkong yang telah direbus dan sudah dibumbui selanjutnya ditumbuk sampai halus, lalu dipipihkan lalu dijemur. Opak singkong yang telah kering dijemur ini selanjutnya digoreng sampai matang.

Biasanya untuk makanan khas Wonosobo ini dijual dalam bentuk yang belum digoreng atau masih setengah matang.

Dengan cita rasa yang gurih dan asin menjadikan opak singkong ini cocok banget dijadikan sebagai camilan sehari-hari.

Untuk menikmati krupuk ini, kamu bisa membeli krupuk yang bermerek krupuk Afifah yang banyak tersedia di pusat oleh oleh Wonosobo.

Untuk harganya, kerupuk singkong dengan kemasan seberat 3,5 ons itu dijual Rp 5.000 per bungkus.

Nasi Megono Khas Wonosobo

nasi megono makanan khas wonosobo
Nasi Megono Makanan Khas Wonosobo – via instagram: @gembulfoodie

Nasi Megono atau sego megono ini termasuk salah satu  kuliner khas masyarakat Wonosobo yang terdiri dari nasi, irisan sayuran dan juga ditambah dengan lauk ikan teri.

Untuk jenis makanan yang satu ini juga kerap mendapatkan julukan sego reged atau nasi kotor. Sebab, memang tampilannya yang terlihat kotor. Namun, bukan berarti nasi ini kotor ya!

Para petani Wonosobo juga sering menjadikan kuliner ini sebagai bekal ke sawah. Nasi megono nikmat rasanya bila disantap bersama dengan tempe kemul dan ditemani dengan teh hangat di tengah udara Wonosobo yang sejuk.

Kamu bisa mendapatkannya di Warung Sego Megono.

Nama tempat: Warung Sego Megono

Alamat: Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Harga: Harganya murah meriah, hanya sekitar Rp. 2.500 sampai Rp. 3.000 saja per porsinya.

Tempe Kemul Khas Wonosobo

tempe kemul khas wonosobo
Tempe Kemul Khas Wonosobo – via instagram: @noenkyarane

Kalau Purwokerto memiliki camilan khas yang dinamakan dengan tempe mendoan sebagai makanan khas Purwokerto, Wonosobo juga punya camilan khas yang juga terbuat dari tempe, yaitu tempe kemul.

Camilan yang satu ini memiliki tampilan seperti halnya mendoan, namun untuk lapisan yang disebut sebagai kemul ini tepungnya lebih banyak dan diberi taburan kucai di atasnya.

Tempe kemul juga kerap dijadikan sebagai lauk atau pelengkap menu mie ongklok. Namun, juga enak sekali jika dimakan sebagai camilan bersama dengan cabai rawit mentah atau sambal untuk teman minum teh hangat.

Tempe kemul ini diciptakan dari tempe yang diberi balutan tepung gandum, tepung beras, tepung singkong yang dibumbui dan digoreng sampai renyah.

Kamu dapat membeli camilan yang renyah dan gurih ini di warung-warung pinggir jalan Wonosobo dan dijual dengan harga murah, kurang lebih sekitar Rp. 500 per buahnya.

Sagon Wonosobo

sagon khas wonosobo
Kue Sagon Khas Wonosobo – via instagram: @foodhunterwonosobo

Makanan tradisional dari Wonosobo ini terbuat dari parutan kelapa, gula serta tepung sagu. Selanjutnya dimasak dengan memakai kayu bakar atau menggunakan arang.

Agar bagian atas sagon bisa matang, biasanya arang juga diletakkan di bagian atas kue sagon. Cara membakar sagon  yang seperti inilah yang membuat rasa sagon yang lezat.

Selain itu juga bisa memberikan aroma yang menggoda. Untuk mendapatkan sagon yang nikmat, kamu bisa membelinya di Sagon Asli Wonosobo.

Nama tempat: Sagon Asli Wonosobo

Alamat: Jalan Bhayangkara No.31, Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Sumberan Selatan, Wonosobo Bar., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Harga: Kamu bisa mendapatkan sagon dengan kisaran harga sekitar Rp 5 ribu per satuannya.

Geblek Khas Jawa Tengah

geblek khas wonosobo
Geblek Bumbu Pecel Khas Wonosobo – via instagram: @u1a_2210

Geblek adalah makanan khas Jawa Tengah yang berwarna putih yang sering dijual di penjual gorengan di kawasan Wonosobo.

Bahan utama dari geblek ini dari campuran tepung pati dan daun kucai yang digoreng hingga mengembang.

Cita rasa geblek gurih namun sedikit alot. Geblek tidak hanya dijual dalam bentuk matang saja, namun juga dijual masih mentah. Pas sekali buat oleh-oleh bukan?

Geblek Mbah Parno bisa kamu coba sebagai oleh-oleh terbaik dari Wonosobo. Untuk geblek mentah yang dikemas dalam satuan 50 geblek dihargai Rp25.000.

Cenil Tradisional Khas Wonosobo

cenil kuliner khas wonosobo
Cenil Khas Wonosobo Jawa Tengah – via instagram: @penggantilaper

Camilan yang bernama cenil ini bisa kamu jumpai dengan mudah di Jawa Tengah. Cenil adalah kuliner yang merakyat dan kerap dijual di pedagang kaki lima dengan harga murah meriah.

Cita rasa cenil ini juga sangat lezat, terlebih lagi dengan tambahan siraman gula Jawa, taburan parutan kelapa dan juga tampilan warna-warni yang menarik.

Cenil pas sekali kamu jadikan sebagai teman minuman hangat. Kelezatan dan keunikan makanan tradisional ini bisa memanjakan lidah kamu yang mencicipinya.

Jadi, jangan merasa  ragu mencicipi makanan khas Wonosobo yang legendaris ini. Kulner ini mudah sekali dijumpai di Wonosobo, terutama di pedagang kaki lima.

Tempat dan Alamat: Alun-alun Wonosobo

Harga: Untuk harga cenil per porsinya murah sekali, yaitu Rp 5.000,-

Keripik Jamur Wonosobo

cemilan khas wonosobo keripik jamur
Keripik Jamur Krispi Cemilan Khas Wonosobo – via instagram: @tumbarmerica

Keripik jamur adalah makanan khas dari Wonosobo yang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Pas sekali untuk kamu yang sedang cari camilan renyah dan gurih.

Kamu bisa mendapatkan makanan khas ini di Candi Dieng MHS dan bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah.

Nama tempat: Candi Dieng MHS

Alamat: Jalan Sambek No. 247

Harga: untuk harga yang ditawarkan yaitu Rp.30.000 per bungkusnya

 

Baca Juga:

Purwaceng

purwaceng wonosobo
Purwaceng Wonosobo – via instagram: @herbal_hairi9

Oleh oleh khas Wonosobo kali ini memang cukup unik, yaitu purwaceng. Purwaceng merupakan sebuah tanaman obat yang multifungsi. Tanaman ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu saja, purwaceng juga sudah populer menjadi obat vitalitas, yang sering digunakan sebagai obat kuat tradisional yang mujarab.

Akan tetapi, tanaman obat ini tidak langsung kamu makan ya, melainkan diolah terlebih dahulu menjadi teh atau dicampur dengan kopi agar lebih nikmat.

Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Wonosobo ini di Purwaceng Khas Dieng “Viagra Jawa”

Harga satu boks makanan khas Wonosobo berupa susu atau kopi purwaceng dengan isi 10 saset dibanderol sekitar Rp. 55.000.

 

Itulah beberapa daftar makanan khas Wonosobo yang terkenal versi Foodnesia. Jika kamu sedang berkunjung ke sana maka wajib untuk mencobanya dan jangan sampai melewatkan wisata kulinernya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa makan.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *