nasi jagung makanan khas probolinggo
Makanan Khas

Makanan Khas Probolinggo

Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten di daerah Jawa Timur. Probolinggo sangat dikenal mempunyai banyak destinasi wisata keren yang pastinya tempat wisata tersebut sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari dalam kota maupun luar kota.

Selain terkenal dari tempat wisatanya, Probolinggo juga sangat dikenal mempunyai Makanan Khas Probolinggo yang memiliki citra rasa dan ciri khas sendiri.

Sehingga tak asing lagi jika membuat masyarakat senang datang ke daerah itu untuk menikmati liburan keluarga sambil menikmati beberapa destinasi wisata dan kuliner.

Kamu pasti penasaran kuliner apa si yang bisa dinikmati di daerah Probolinggo? Daripada banyak basa-basi, berikut dibawah ini akan ada ulasan seputar Makanan dan Minuman Khas Probolinggo. Silahkan disimak artikel ini sebaik mungkin ya.

Kepiting Olok Khas Probolinggo

kepiting olok probolinggo
Kepiting Olok Khas Probolinggo – via Instagram: @nengbiker

Buat kamu teman setia Foodnesia yang suka dengan makanan berbau seafood, Kepiting Olok ini merupakan salah satu Makanan Khas Probolinggo yang sangat rekomendasi banget buat kamu coba.

Kenapa? Karena rasa yang ditawarkan oleh Kepiting Olok ini sangat enak, renyah dan tentunya sangat gurih.

Bagaimana cara pembuatan atau pengolahan Kepiting Olok agar bisa dinikmati oleh orang-orang? Menurut resep, makanan ini diolah dengan cara:

  • Mengukus kepiting terlebih dahulu
  • Memisahkan daging kepiting
  • Mengolah daging yang dicampuri oleh udang dan bumbu
  • Masukan kembali daging yang sudah diolah kedalam cangkang nya

Lalu seperti apa rasa yang diberikan dari Kepiting Olok ini? Kalau soal rasa, kalian sudah jangan meragukan lagi.

Pasalnya ketika Kepiting Olok ini sudah masuk kedalam rongga-rongga mulut dan menempel dengan lidah kita, rasa manis yang dilengkapi dengan kegurihan kepiting muda bakal bisa membuat diri kita merasa ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

Kamu yang baca artikel ini pasti ngiler yah? Sama aku juga hehe.. Yok buat teman-teman yang sedang berada di daerah Probolinggo jangan lupa yah untuk mencicipi Kepiting Olok, dijamin deh rasa dari makanan tersebut tidak akan membuat lidah kita kecewa.

Buat teman-teman yang sedang berkunjung ke daerah Probolinggo ingin menikmati kuliner Makanan Khas Probolinggo “Kepiting Olok” Namun tidak tahu tempat yang menjualnya dimana, kalian jangan merasa khawatir yah.

Disini kami akan memberikan rekomendasi tempat dan juga alamat lengkap rumah makan yang bisa kalian kunjungi.

Nama Tempat: Rumah Makan Sari Laut

Alamat Lokasi: Jl. Raya Panglima Sudirman No. 341

Harga: Harga 1 porsi Kepiting Olok Rp. 60.000

Ketan Kratok

ketan kratok jajanan khas probolinggo
Ketan Kratok Jajanan Khas Probolinggo – via Instagram: @by_pawonfitri

Apakan kamu kenal dengan Makanan Khas Probolinggo yang satu ini? Ya Ketan Kratok adalah makanan khas yang berasal asli dari Probolinggo, Jawa Timur.

Makanan ini bisa dibilang sejenis jajanan-jajanan ringan yang ada di pasar, yang mana makanan tersebut terbuat dari bahan dasar beras ketan dan juga parutan daging kelapa.

Bagaimana rasa dari cemilan khas Probolinggo ini? Tentu saja enak dan gurih, pokoknya rasa makanan yang ada di daerah Probolinggo itu tidak akan membuat lidah kita kecewa, gak percaya? Kamu bisa langsung mencoba nya sendiri, karena saya pribadi sudah pernah mencicipi nya.

Yang lebih mantap nya lagi, makanan itu dihidangkan dengan dilengkapi taburan kratok dan juga cairan gula merah yang sangat manis. Sehingga rasa yang dimiliki dari Ketan Kratok ini bukan hanya sekedar gurih saja, melainkan adanya perpaduan antara rasa manis dan asin.

Buat teman-teman yang sedang berwisata ke daerah Probolinggo, dan mempunyai rasa penasaran untuk mencoba seperti apa kelezatan rasa yang dimiliki oleh Ketan Kratok, namun kalian tidak tahu dimana lokasi tempat atau warung makan yang menjual makanan tersebut.

Jangan khawatir!

Dibawah ini saya sudah menyantum kan alamat yang tepat untuk kalian kunjungi sebagai salah satu tempat yang sangat terkenal.

Nama Tempat: Warung Ketan

Alamat Lokasi: Jl. Raya Panjaitan, Mayangan, Kota Probolinggo.

Harga: Ketan Kratok Rp.10.000

Warung tersebut mulai buka dari jam 15:30 sampai dengan pukul 22:00. Oh iya, teman-teman jangan khawatir soal harganya yah, pasalnya Ketan Kratok ini hanya dijual dengan harga yang sangat minim.

Soto Kraksaan Probolinggo

soto kraksaan khas probolinggo
Soto Kraksaan Kuliner Khas Probolinggo – via Instagram: @errinloeminto

Sesuai dengan ciri khas makanan nya. Ya Soto Kraksaan adalah Makanan Khas Probolinggo yang mana nama daerah nya adalah Kraksaan.

Apabila dilihat, sekilas soto ini hampir sama dengan soto pada umumnya, namun ada sedikit yang membedakan.

Yaitu beda pada bagian dagingnya, daging yang digunakan untuk Soto Kraksaan ini ialah daging ayam jantan.

Untuk bahan-bahan dasarnya pun tidak terlalu banyak, kamu hanya perlu menyiapkan terlebih dahulu..

  • Daging ayam jantan
  • Bumbu-bumbu santan
  • Serbuk kelapa yang di sangrai
  • Kentang kukus
  • Kerupuk udang

Jika semua bahan-bahan dasar diatas sudah terkumpul utuh, kalian bisa langsung mengolahnya hingga pada akhirnya menjadi Soto Kraksaan yang memiliki cita rasa yang sangat luar biasa gurihnya.

Oh iya, bagi teman-teman yang mempunyai keinginan untuk mencoba rasa terbaik dari Soto Kraksaan khas asli dari Probolinggo, kalian bisa langsung mengunjungi ini.

Nama Tempat: Soto Pak Koya Kraksaan Probolinggo

Alamat Lokasi: Jl. Mayjend Sutoyo, Probolinggo. RT.03/RW.02

Harga: Untuk harganya pun sangat murah, yaitu Rp7.000 per porsinya

Tempat makan ini mulai buka dari jam 07:00 sampai dengan jam 21:00.

Nasi Jagung Merpati Probolinggo

nasi jagung makanan khas probolinggo
Nasi Jagung Kuliner Khas Probolinggo – via Instagram: @shanntyy

Ini dia Nasi Jagung Merpati Makanan Khas Probolinggo yang wajib kalian coba ketika sedang berkunjung ke Kota Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.

Oh iya, bahan dasar masakan Nasi Jagung Merpati ini menggunakan jagung yang sudah ditumbuk secara halus, kemudian dicampurkan dengan berbagai macam lauk pauknya.

Walaupun makanan ini bisa dibilang sangat tradisional, namun kelezatan dari citra rasa yang dimiliki Nasi Jagung Merpati ini tidak perlu diragukan lagi, nikmat nya tuh kerasa sampai ke ujung lidah. Pokoknya mantep! Kalian harus coba yah!

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba kelezatan yang diberikan oleh Nasi Jagung Merpati, kalian bisa langsung mendatangi dan menyerbu ke alamat dibawah ini.

Nama Tempat: Warung Nasi Jagung Bu Ersa Merpati

Alamat Lokasi: Jl. Snn. Kali Jogo, Jati, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo

Harga: Untuk keterangan harga dari Nasi Jagung Merpati hanya dijual sekitar Rp8.000 per porsi

Bagaimana tanggapan kamu setelah mengetahui harga dari Nasi Jagung Merpati ini? Sangat murah bukan? Yuk tunggu apalagi, buat teman-teman yang lagi singgah di Probolinggo jangan lupa buat nyicipin makanan ini yah.

Nasi Campur Nyak Nyong

nasi campur khas probolinggo
Nasi Campur Nyak Nyong Probolinggo – via gotravelly.com

Sungguh unik Makanan Khas Probolinggo yang satu ini. Nasi Campur Nyak Nyong, ya merupakan makanan tradisional yang sangat dikenal oleh masyarakat setempat di Probolinggo.

Isi dari makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan beberapa jenis lauk, seperti empal kuah, mie, serundeng, daging dendeng yang disiram dengan santan kental.

Soal rasa nya gak perlu diragukan yah, pokoknya makanan tradisional yang satu ini mempunyai citarasa terbaik sepanjang masa. Untuk lokasi tempat jual Nasi Campur Nyak Nyong, kamu bisa langsung datang ke:

Nama Tempat: Nasi Campur Klenteng Nyak Nyong

Alamat Lokasi: Jl. Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo

Harga: 1 Porsi Nasi Campur Nyak Nyong Probolinggo Rp.12.500 sehingga kamu tidak akan kehabisan uang banyak, karena harga yang di banderol pedagang kepada pembeli itu cukup murah

Murah bukan? Maka dari itu tunggu apalagi, pokoknya buat kalian semua yang lagi berwisata ke daerah Probolinggo wajib buat nyoba kuliner khas yang satu ini ya.

Proll Tape Probolinggo

proll tape kuliner probolinggo
Proll Tape Cemilan Khas Probolinggo – via Instagram: @dapurrumahijo

Berkunjung ke Kota Banyuangga di Probolinggo, rasanya belum lengkap jika kalian tidak membawa oleh-oleh khas probolinggo.

Oleh karena itu Prol Tape Khas Probolinggo ini sangat cocok untuk kalian jadikan oleh-oleh souvenir khas Probolinggo.

Proll Tape ini merupakan salah satu oleh-oleh terbaik yang dapat kalian bawa pulang. Kue Proll Tape ini dibuat dari bahan dasar singkong, garam, tepung terigu, mentega, gula, telur, susu sapi dan dicampur dengan taburan kismis dan keju.

Untuk bisa mendapatkan Makanan Khas Probolinggo ini, kalian bisa langsung mengunjungi tempat yang sudah kami cantumkan pada tulisan dibawah ini.

Nama Toko: Pusat Oleh-oleh Probolinggo

Alamat Toko: Jl. Hos Cokroaminoto. Gg VIII No, 161

Harga: Harganya pun tidak terlalu mahal, bahkan bisa terbilang cukup murah. Kalian tidak akan mengeluarkan uang lebih dari angka 20.000 untuk membeli kue Proll Tape ini, pasalnya harga yang dibanderol si penjual kepada pembeli itu kisaran Rp20.000 saja.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Situbondo
  2. Makanan Khas Jember
  3. Makanan Khas Bondowoso
  4. Makanan Khas Malang
  5. Makanan Khas Sidoarjo
  6. Makanan Khas Lumajang

Sirup Pokak

sirup pokak oleh oleh khas probolinggo
Sirup Pokak Oleh-oleh Khas Probolinggo – via Instagram: @siruppokak.cakusman

Selain cemilan ringan seperti Proll Tape, perlu kalian ketahui Bahwa Sirup Pokak ini dapat dibuat sebagai bahan oleh-oleh keluarga dan teman-teman di rumah.

Sirup Pokak merupakan salah satu Minuman Khas Probolinggo yang sangat dikenal oleh masyarakat sekitar, ataupun oleh orang-orang yang berkunjung ke daerah Probolinggo.

Sirup Pokak ini dibuat dari bahan dasar gula merah, jahe, cengkeh, pandan, kayu manis dan juga menggunakan jeruk purut. Maka sudah tak aneh lagi apabila Sirup Pokak ini memberikan cita rasa yang hangat untuk tubuh kita.

Oh iya, selain berguna untuk menghangatkan tubuh, sirup tersebut memiliki khasiat untuk mengobati masuk angin, meredakan batuk dan bisa menurunkan kadar kolestrol.

Untuk mendapatkan Sirup Pokak, kalian bisa langsung berkunjung ke toko pusat oleh-oleh khas Probolinggo. Karena sirup ini sudah tersedia di berbagai macam toko oleh-oleh yang berada di daerah Probolinggo. Harga 1 Botol Sirup Pokak Rp10.000.

 

Sekian pembahasan kali ini mengenai Makanan Khas Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia yang bisa Foodnesia bagikan di dalam artikel ini.

Terimakasih telah berkunjung ke website seputar makanan terbesar dan terpercaya di Indonesia 🙂 Supprot website kami dengan cara share beberapa artikel kami kepada teman-teman yang belum mengetahui.

Terimakasih 🙂

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *