Makanan Khas Karawang

surabi hijau khas karawang
Surabi Hijau Rengasdengklok Karawang – via Instagram: @filipusverdi

Karawang adalah salah satu kota di daerah Jawa barat, yang mana Kota Karawang ini terkenal dengan daerah kawasan industri (pabrik) dan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang bisa membuat kamu merasa lebih betah ketika sedang berada di daerah Karawang.

Di Kawarang sana banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu jejaki satu persatu, kamu bisa menjelajah dimulai dari menikmati suasana di Danau, Pantai yang bersih, Curug yang indah, dan masih banyak lagi.

Buat teman-teman yang memang tinggal di dekat daerah Karawang, atau pun untuk kamu yang bukan penduduk aseli Jawa Barat namun sedang berkunjung ke daerah Jawa Barat, jangan lupa buat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke daerah Karawang menikmati tempat wisata dan Makanan Khas Karawang.

Karena di Karawang ini selain terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, ada juga wisata kuliner Makanan Khas Karawang yang bisa kamu cicipi kelezatan rasa yang dimiliki oleh makanan tersebut.

Bagi teman-teman yang belum tau apa saja makanan khas dari daerah Karawang, langsung saja simak artikel dibawah ini karena ada pembahasan tentang kuliner yang berasal dari daerah Karawang.

Dijamin kamu semua pasti bakal ngiler ketika membaca seluruh artikel ini, gak percaya? Coba aja hehe..

Pepes Walahar Karawang

pepes walahar makanan khas karawang
Pepes Walahar Kuliner Khas Karawang – via Instagram: @retta_79

Pepes Walahar merupakan Makanan Khas Karawang yang paling terkenal karena cita rasa yang sangat enak, menggoda selera makan, dan tentunya membuat lidah merasa ketagihan ketika melahap pepes tersebut ke dalam mulut kita.

Untuk bisa menikmati makanan ini, kamu harus berkunjung terlebih dahulu ke daerah Karawang.

Jika ingin menemukan makanan tersebut, kamu bisa langsung datang ke dekat pintu tol Karawang Timur, karena tempat makan yang menyediakan menu Pepes Walahar itu lokasinya bertepatan tidak jauh dari pintu kelur tol Karawang bagian timur.

Disana kamu akan berjumpa dengan bendungan yang bernama Walahar, lokasi tempat makan yang menyediakan menu Pepes Walahar itu tepat berada di sebrang bendungan Walahar.

Akses jalan menuju ke tempat makan tersebut, kamu harus melewati jembatan kecil.

Sesampai nya disana sebelum mendapatkan pepes tersebut, kamu pasti akan sedikit mengantri karena banyak sekali penduduk atau orang luar yang makan ditempat itu.

Ya wajar, karena Pepes Walahar ini mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa kelezatan dan kegurihannya.

Rekomendasi Tempat : Rumah Makan Walahar

Alamat : Jl. Bendungan Walahar No. 65 RT.06/RW.02

Harga : Rp20.000

Surabi Hijau Rengasdengklok Karawang

surabi hijau khas karawang
Surabi Hijau Rengasdengklok Karawang – via Instagram: @filipusverdi

Dengan nama surabi pasti kita semua sudah tak asing lagi, karena dari masing-masing setiap kota dan daerah pasti ada makanan yang namanya surabi juga mempunyai berbagai macam cita rasa sendiri.

Tapi surabi yang satu ini cukup unik karena pada tekstur nya berwarna hijau, kamu pasti baru tau kan Surabi Hijau?

Ya Surabi Hijau ini merupakan salah satu Makanan Khas Karawang juga yang wajib kamu coba kenikmatan rasa yang dikandungnya, pengolahan Surabi Hijau ini berbeda dengan surabi-surabi pada umumnya.

Cara makan Surabi Hijau ini menggunakan tangan kanan, kemudian surabi itu di cocolkan kepada santan yang sudah di sediakan sebagai pemanis rasa tambahan.

Oh iya, Surabi Hijau khas Karawang ini cocok juga oleh untuk dijadikan sebagai Oleh-Oleh dari Karawang untuk sanak keluarga dan karib kerabat di rumah.

Di olah dengan bahan-bahan dasar alami seperti daun suji, Surabi Hijau ciri khas dari daerah Karawang ini sangat populer sebagai makanan terlezat dari daerah Rangkasdengklok.

Surabi ini bukan hanya dikenal oleh masyarakat dalam kota saja, melainkan para turis dari luar negeri pun mengenal akan kelezatan rasa yang dikandung oleh surabi tersebut.

Untuk membeli surabi ini, kamu bisa mengunjungi tempat ini:

Nama Tempat : Restoran Pesan Bawa

Alamat : Jl. Otista, Gg. Rafia No. 1, Cinanggoh Timur, Karawang Wetan, Karawang Timur

Harga : Rp2.000 / Buah

Ikan Gabus Pucung

gabus pucung khas karawang
Ikan Gabus Pucung Khas Karawang – via Instagram: @resepkokiid

Ikan Gabus Pucung adalah salah satu Makanan Khas Karawang yang terkenal dan juga banyak orang yang meminatinya, terutama bagi orang-orang yang sangat cinta akan dunia kuliner.

Masakan lezat ini dimasak dengan bahan dasar ikan gabus yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah alami.

Adanya olahan yang pas, dan sesuai menjadikan masakan Ikan Gabus Pacung ini menjadi makanan yang disajikan untuk di santap dan dirasakan kelezatan serta kegurihannya oleh lidah kita.

Sebenarnya Ikan Gabus Pucung itu hampir mirip bentuknya dengan ikan gabus pucung yang ada di daerah Betawi, tapi Ikan Gabus Pucung khas Karawang ini memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan nya yaitu dari bagaimana pengolahan dan cara menyajikan ikan tersebut.

Kenapa makanan ini diberi nama “Ikan Gabus Pucung”? Karena ikan tersebut dimasak menggunakan pucung, atau nama populer nya ialah kluwak.

Apa itu kluwak? Kluwak adalah buah-buhan yang berwarna hitam dan juga kerap dijadikan sebagai beberapa bahan resep makanan, salah satunya ialah rawon.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa rasa dari Ikan Gabus Pucung, kamu bisa langsung datang ke daerah Karawang dan mencari warung makan ini:

Nama Tempat : RM. Gabus Pucung

Alamat ; Jl. Veteran No.Kelurahan, Karawang Wetan, Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41314

Harga : Rp35.000/kg

Oh iya, buat kamu yang ingin menyantap dan men-icip makanan ini, jangan lupa pake nasi anget yah biar lebih jos lagi kenikmatan rasanya 🙂

Kue Gonjing Khas Karawang

kue gonjing khas karawang
Kue Gonjing atau Kue Bandros Kuliner Khas Karawang – via Instagram: @gitamahati

Mungkin kalo di dearah Kota Sukabumi atau Bandung, nama kue ini disebut dengan sebutan “Kue Bandros”. Sedangkan berbeda dengan daerah Karawang.

Di daerah tersebut, nama kue ini disebut dengan “Kue Gonjing” Cukup unik bukan? Ya itu memang ciri khas sebutan makanan dari daerah Karawang.

Kue ini dibuat dengan bahan-bahan dasar seperti tepung terigu dan buah kelapa. Umumnya, Kue Gonjing yang merupakan Makanan Khas Karawang ini dihidangkan dengan adanya tambahan gula putih.

Buat kamu yang suka sama makanan yang manis-manis, mungkion Kue Gonjing ini sangat rekomendasi banget buat kamu coba.

Pokoknya soal rasa gausah diragukan lagi, pasti enak lah! Saya juga ngiler ini 🙁

Kue ini di jual di daerah Karawang, untuk nama tempat, lokasi dan harganya akan saya informasikan dibawah ini:

Nama Tempat : Kedai Gonjing Mang Abock

Alamat : Jl. Pramuka, No. 184, Kalibuaya, Kec. Tlagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat,

Harga : Rp12.000

Pepes Jambal Karawang

pepes ikan jambal kuliner karawang
Pepes Ikan Jambal Makanan Khas Karawang – via Instagram: @ernajakiah

Pepes Jambal juga merupakan Makanan Khas Karawang yang sangat terkenal serta lauk yang paling banyak dicari oleh penduduk dikarenakan kelezatan rasa yang dimiliki oleh Pepes Jambal.

Sebenarnya di daerah Krawang sini sudah banyak tempat makan, restoran dan warung makan lainnya yangg menawarkan menu seperti pepes ini.

Namun, Pepes Jambal ini tak kalah dengan pepes-pepes lainnya. Coba aja kelezatan yang dimiliki oleh Pepes Jambal ini bisa dibilang sangat mantap dan juga menggoda lidah, apalagi pepes tersebut dimakan dengan nasi yang masih anget. Dijamin pasti bakal lebih enak lagi ketika menyantap nya.

Oh iya, Pepes Jambal ini pun sama bentuknya dengan pepes-pepes lainnya yang dibungkus menggunakan selembar daun pisang, kemudian dibalur dengan bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan wangi yang sangat menggoda selera makan.

Untuk membeli Pepes Jambal di daerah Karawang, kamu bisa mengunjungi tempat makan ini:

Tempat Makan : RM. Pepes Jambal. HJ Emin

Alamat : Jl. Bend. Walahar No. 65. RT.06/RW.02

Harga : Rp25.000

Soto Gempol Karawang

soto gempol khas karawang
Soto Gempol Khas Karawang – via Instagram: @dad_dish

Perlu kamu ketahui, Soto Gempol ini merupakan makanan ter favorit masyarakat Karawang. Oleh karena itu kamu harus mencobanya agar tau seperti apa kelezatan yang ada pada soto tersebut.

Ketika kamu sedang berkunjung ke daerah Karawang, kamu akan gampang menemukan soto tersebut, karena Soto Gempol ini ada di berbagai sudut tempat makanan di daerah Karawang.

Soto Gempol ini di hidangkan dengan kuah bening dan cukup kental, yang mana kuah tersebut dipadukan jadi satu dengan cairan santan.

Soto ini akan terlihat gurih apabila soto tersebut diberi taburan bawang, emping, jeruk nipis dan juga acar.

Pokoknya buat kamu yang sedang berada di daerah Karawang, jangan lupa untuk mencoba masakan Soto Gempol yang mana soto tersebut mempunyai rasa yang sangat nampol di lidah kita.

Untuk bisa membeli dan memakan soto tersebut kamu bisa langsung saja mendatangi salah satu tempat makan di karawang, untuk alamatnya dibawah ini:

Nama Tempat : Rumah Makan Soto Gempol Raya

Alamat : Jl. Rangga Gede No. 45, Tanjungpura, Kec. Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Harga : Rp. 30.000- Rp.45.000

Bolu Kijing Karawang

bolu kijing khas karawang
Bolu Kijing Cemilan Manis Khas Karawang – via Instagram: @t.agustin3738

Salah satu cemilan yang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Karawang adalah Bolu Kijing. Bolu ini merupakan panganan manis yang cocok dinikmati saat santai.

Dinamakan bolu kijing karena memang bentuknya mirip seperti kijing yaitu salah satu jenis kerang air tawar yang hidup di sawah atau kali dipinggir pesawahan.

Tekstur dari bolu ini adalah renyah dan juga lembut ketika digigit. Hal ini karena menggunakan bahan-bahan yang juga sederhana seperti tepung terigu, gula, vanilli, dan juga bahan tambahan lainnya.

 

Sekian pembahasan kali ini tentang apa saja Makanan Khas Karawang yang paling enak dan juga rekomendasi untuk kalian coba. Terimakasih telah membaca artikel kami, ditunggu ya artikel selanjutnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like