Makanan Khas Palembang

mie celor khas palembang
Mie Celor Palembang – via Instagram: @dodon_jerry

Palembang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera yang memiliki banyak daya tarik. Kota yang identik dengan Jembatan Ampera ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Selain menyuguhkan banyak destinasi wisata religi dan wisata budaya, Palembang juga dikenal luas dengan kelezatan kulinernya, khususnya yang terbuat dari bahan dasar ikan.

Jika Kamu termasuk traveller yang hobi berwisata kuliner, Palembang siap memanjakan Kamu dengan aneka kulinernya yang lezat. Hal itu bisa dibuktikan dengan kelezatan kuliner khas Palembang yang sudah dikenal luas ke berbagai penjuru tanah air bahkan hingga ke mancanegara.

Sebagian makanan khas Palembang saat ini juga sudah banyak dijumpai di daerah-daerah lain. Walaupun demikian, pengalaman kuliner tentu akan lebih berkesan jika Kamu mencobanya langsung di daerah asalnya.

Banyak kuliner lezat dapat Kamu jumpai saat berada di Palembang. Kuliner tersebut dapat Kamu nikmati saat berada di kota ini atau menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sudah tidak sabar dengan kuliner khas yang ada di Palembang? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Pempek Palembang

pempek palembang dan saus kecap cuka
Pempek Makanan Khas Palembang – via Instagram: @nanakoot_

Sepertinya hampir semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang yang satu ini.

Pempek adalah makanan tradisional yang terbuat dari ikan dan sagu. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri. Ikan yang dicampur dengan sagu dicetak kemudian direbus.

Saat disajikan, pempek biasanya akan digoreng lebih dulu. Dalam penyajiannya, pempek disiram dengan saus khusus bernama cuko yang terbuat dari campuran air, gula merah, bawang putih, cabe, garam, dan ebi.

Karena pempek adalah makanan khas Palembang, ada banyak tempat terkenal untuk menikmati sajian yang satu ini. Salah satu pempek yang paling terkenal adalah Pempek Candy.

Banyak yang membeli pempek ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah dengan kemasan paket yang berbeda-beda. Pempek Candy buka mulai pukul 07.30 sampai pukul 10 malam WIB setiap harinya.

Selain Pempek Candy, tempat terkenal untuk menikmati makanan khas palembang pempek adalah Pempek Pak Raden di Jalan Radial. Warung tersebut menawarkan pempek dengan harga mulai dari Rp 3 ribuan per biji.

Nama rekomendasi tempat: Pempek Candy

Alamat: Jalan Jend. Sudirman No 149/8, Sungai Pangeran, Ilir Tim I, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 100 ribu per paket kecil

Tekwan

tekwan makanan khas palembang
Tekwan Kuliner Khas Palembang Sumatera Selatan – via Instagram: @tekwan_cek.khekei

Selain pempek, kuliner lainnya yang wajib dicoba di Palembang adalah tekwan. Bisa dibilang ini adalah bakso versi Palembang. Jika bakso umumnya menggunakan daging sapi atau daging ayam, bola-bola tekwan terbuat dari ikan.

Satu porsi tekwan berisi bakso ikan, mie putih, dan kuah bening dengan citarasa yang khas. Kuah tersebut terbuat dari kaldu kepala udang dan daun bawang sehingga sangat gurih dan lezat.

Banyak penjual pempek di Palembang juga menyediakan tekwan. Untuk mencoba tekwan yang sudah terkenal dengan kelezatannya, Kamu bisa mencicipinya di Pempek Lince.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore WIB. Citarasa bakso ikan yang kuat berpadu dengan kaldu udang yang gurih tentu sangat menggugah selera.

Nama rekomendasi tempat: Pempek Lince

Alamat: Jalan Tugumulyo Nomor 2398, Ilir Timur I, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 18 ribu per porsi

Laksan Palembang

laksan palembang
Laksan Kuliner Khas Palembang – via Instagram: @benn_julian

Makanan khas Palembang ini terlihat sama dengan pempek lenjer yang dipotong tipis-tipis. Yang membedakan sajian ini dengan pempek adalah kuahnya tidak menggunakan cuko tetapi menggunakan kuah santan yang gurih.

Laksan biasanya juga menggunakan pelengkap berupa telur rebus dan taburan daun bawang serta bawang goreng.

Untuk kuah laksan, bumbu yang digunakan antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, kemiri, ketumbar, jahe, lengkuas, santan, serai, dan daun salam.

Pada pembuatan laksan, kuah dibuat terlebih dahulu. Setelah matang, masukkan pempek lenjer yang sudah dipotong-potong ke dalam kuah dan rebus beberapa saat.

Laksan sangat cocok disantap di pagi hari untuk sarapan. Jika Kamu ingin mencicipi laksan yang lezat di Palembang, Kamu bisa menemukannya di Laksan Kaito.

Rumah makan ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 6 sore WIB. Kapan lagi Kamu bisa menikmati sarapan ala Palembang kalau bukan dengan menu yang satu ini.

Nama rekomendasi tempat: Laksan Kaito

Alamat: Jalan Kapten Anwar Arsyad Nomor 999, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 8 ribu per porsi

Celimpungan Khas Palembang

celimpungan khas palembang
Celimpungan Khas Palembang – via Instagram: @ny.afung

Pempek di Palembang sepertinya hadir dalam beragam versi dan pengolahan. Celimpungan merupakan salah satu turunan dari pempek. Makanan ini memang sudah cukup jarang dijumpai karena biasanya hanya dijumpai saat Lebaran.

Celimpungan terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu. Cara memasaknya juga hampir sama dengan laksan tetapi berbentuk bulat putih. Ciri khas celimpungan adalah menggunakan kuah kari kental.

Bumbu yang digunakan untuk kuah kari tersebut antara lain adalah santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, temopo, temu kunci, kemiri, dan cabai. Dalam penyajiannya, celimpungan akan ditaburi dengan bawang goreng.

Jika Kamu sudah tidak sabar ingin mencoba makanan ini, Kamu bisa datang ke Warung Aba. Celimpungan biasanya dijadikan sebagai menu sarapan. Warung ini buka mulai pukul 5 pagi sampai pukul 6 sore.

Nama rekomendasi tempat: Warung Aba

Alamat: Jalan Dr. M. Isa Nomor 26/15, Kuto Batu, Palembang

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Burgo Kuliner Palembang

burgo khas palembang
Burgo Kuliner Khas Palembang – via Instagram: @irmadesmayanti

Makanan khas Palembang selanjutnya yang tidak kalah unik bernama burgo. Makanan yang satu ini terbuat dari adonan tepung sagu dan tepung beras kemudian dimasak seperti dadar tipis.

Dadar tersebut kemudian digulung dan di iris agak besar sehingga tampilannya menyerupai kwetiau. Burgo biasanya disajikan dengan kuah gurih bersantan dengan aneka bumbu rempah seperti kencur, ketumbar, bawang putih, lengkuas, dan kemiri.

Sebagai pelengkap, makanan ini biasanya ditaburi dengan daging ikan suwir dan juga bawang goreng serta potongan telur rebus. Kamu bisa menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis untuk semakin memperkaya rasa makanan ini.

Tempat populer untuk menikmati burgo juga berada di Warung Aba. Atau tempat lainnya yang tidak kalah populer adalah Burgo Laksan.

Nama rekomendasi tempat: Burgo Laksan

Alamat: Jalan Ki Anwar Mangku, Sentosa, Seberang Ulu II, Palembang

Harga: mulai dari Rp 8 ribu per porsi

Lakso

lakso kuliner khas palembang
Lakso Kuliner Khas Palembang – via Instagram: @fotografood.plg

Sajian yang cocok untuk sarapan ini sekilas mirip dengan burgo. Namun yang membedakan keduanya terletak pada kuahnya di mana kuah lakso menggunakan kunyit.

Lakso berbentuk seperti mie dengan kuah kental bercita rasa gurih serta taburan bawang goreng. Penyebutan makanan ini memang mirip dengan laksa tetapi keduanya sangat berbeda. Mie untuk sajian ini terbuat dari tepung sagu dan tepung beras.

Selain itu, kuah lakso juga ditambah dengan ikan sehingga memberikan citarasa gurih yang alami. Lakso adalah akulturasi budaya Melayu dan Tionghoa.

Tempat populer untuk menikmati lakso khas Palembang juga berada di Warung Aba. Selain di Warung Aba, Kamu juga bisa menikmatinya di warung Lakso Bu Adillah.

Nama rekomendasi tempat: Lakso Bu Adillah

Alamat: Lorong H. Amak 28 Ilir, Ilir Bar

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Martabak Palembang

martabak palembang
Martabak Khas Palembang – via Instagram: @vibyfooddiary

Martabak merupakan salah satu camilan khas di Palembang. Komposisi martabak Palembang hampir sama dengan martabak di daerah lain. Yang membedakan adalah cara menyantap sajian ini karena disajikan dengan kuah kental yang kaya rempah dan beberapa potongan kentang.

Salah satu tempat terkenal di Palembang untuk menikmati martabak adalah Martabak HAR atau Martabak Haji Abdul Rozak. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung karena kelezatannya sudah dikenal hingga ke berbagai daerah lain.

Martabak HAR buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam. Martabak tersebut dapat dipilih dengan isian sesuai dengan selera pemesannya.

Nama rekomendasi tempat: Martabak HAR

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 597A, 18 Ilir, Palembang

Harga: mulai dari Rp 21 ribu

Mie Celor

mie celor khas palembang
Mie Celor Kuah Khas Palembang – via Instagram: @plgfoodmafia

Apakah Kamu termasuk penggemar sajian mie? Palembang punya makanan khas dengan bahan dasar mie bernama mie celor. Makanan ini sangat populer sebagai menu sarapan di Palembang.

Mie celor itu sendiri adalah mie celup yang disajikan bersama kuah kaldu kental ditambah telur rebus dan tauge. Citarasa kuah bersantan yang gurih dengan kaldu rebusan kepala udang besar menjadikan sajian ini memiliki citarasa gurih yang berbeda.

Ada banyak kedai yang menjual makanan ini di pagi hari. Salah satu tempat yang terkenal menyajikan kuliner ini adalah Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei.

Kedai tersebut buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore. Dengan harga yang terjangkau, mie celor tentu dapat menjadi menu sarapan yang lezat.

Nama rekomendasi tempat: Mie Celor 26 Ilir Haji Syafei

Alamat: Jalan Merdeka Nomor 54, Talang Semut, Ilir Bar I, Palembang

Harga: mulai dari Rp 15 ribu per porsi

Pindang Ikan

pindang ikan patin palembang
Pindang Ikan Patin Khas Palembang – via Instagram: @dentist.chef

Kebanyakan sajian khas Palembang sepertinya didominasi dari olahan ikan, termasuk sajian yang satu ini. Pindang ikan adalah makanan khas palembang dari daging ikan patin yang dimasak dengan kuah kental.

Kuah tersebut memiliki citarasa manis, asam, gurih, dan pedas sehingga memberikan rasa yang nikmat.

Untuk pembuatannya ikan patin dipotong-potong setebal 2 ruas jari. Kemudian bumbu halus yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, terasi bakar, jahe, dan kunyit.

Bumbu lainnya adalah asam jawa, garam, dan gula. Menariknya sajian ini menggunakan bumbu kasar berupa nanas, serai, daun salam, dan lengkuas.

Dalam penyajiannya, pindang ikan patin dapat disajikan dengan cabai rawit utuh, tomat hijau, dan kemangi serta daun kunyit.

Cara pembuatannya bumbu halus akan direbus lebih dulu sampai matang kemudian ditambahkan ikan dan bumbu kasar. Hasilnya, sajian gurih yang kaya rasa siap memanjakan lidah penikmatnya.

Jika Kamu ingin mencoba kuliner yang satu ini, datang saja ke RM Pindang Meranjat. Di sana, Kamu bisa merasakan pindang yang gurih dan segar dengan daging patin yang lembut.

Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.30 sampai pukul 16.30 WIB.

Nama rekomendasi tempat: RM Pindang Meranjat

Alamat: Jalan Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo, Ilir Bar I, Palembang

Harga: mulai dari Rp 30 ribu per porsi

Pindang Tulang

pindang tulang khas palembang
Pindang Tulang Khas Palembang – via Instagram: @thegourmetboy

Apakah Kamu kurang menyukai sajian ikan berkuah di pindang patin? Tenang, ada alternatif lainnya yang tidak kalah lezat yaitu pindang tulang. Tentunya bahan dasar yang digunakan untuk sajian ini bukan tulang ikan melainkan iga sapi.

Salah satu daya tarik hidangan ini adalah kuahnya yang pedas tetapi tetap menyegarkan dengan sensasi asam dan manis.

Dalam pembuatannya iga dimasak sampai empuk. Kemudian tambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan lengkuas.

Di akhir proses memasak, sajian ini ditambah dengan daun salam, kecap, daun kemangi, potongan tomat, dan irisan daun bawang serta potongan cabe yang diiris serong.

Untuk menikmati pindang tulang yang paling enak di Palembang, Kamu bisa mencobanya di Rumah Makan Pindang Sri Melayu. Rumah makan ini terletak di lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau.

Kelebihannya, harga makanan disana juga ramah di kantong. Rumah makan ini buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 10 malam WIB.

Nama rekomendasi tempat: RM Pindang Sri Melayu

Alamat: Jalan Demang Lebar Daun Nomor 1, Ilir Bar. I, Palembang

Harga: mulai dari Rp 15 ribu per porsi

Sate Sapi Cucuk Manis

sate sapi manis
Sate Sapi Cucuk Manis Khas Palembang – via Instagram: @deddyhuang

Para penggemar sate mana suaranya? Palembang ternyata juga memiliki kuliner berupa sate. Sate sebenarnya adalah sajian yang banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Di Palembang, sajian sate juga memiliki keunikan tersendiri. Sate yang terbuat dari bahan dasar daging sapi ini menawarkan citarasa yang manis.

Potongan daging sapi ditusuk seperti pembuatan sate pada umumnya. Kemudian sate dilumuri dengan kecap untuk memberikan citarasa manis.

Tempat terkenal di Palembang untuk menikmati sajian ini adalah Warung Wak Din. Jangan heran jika Kamu ke sana harus antre dengan para pelanggan yang lain karena sudah legendaris.

Warung ini sudah ada sejak tahun 1970an sehingga sangat legendaris. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam.

Nama rekomendasi tempat: Rumah Makan Khas Palembang Sate Wak Din

Alamat: Jalan Mayjen HM Ryacudu, 7 Ulu, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Harga: mulai dari Rp 5 ribu per tusuk

Es Kacang Merah

es kacang merah palembang
Es Kacang Merah Segar Khas Palembang – via Instagram: @juragan_pempek

Palembang juga memiliki es campur yang lezat berupa es kacang merah. Minuman khas palembang yang cocok dikonsumsi di siang hari ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga dapat memanjakan lidah karena cita rasanya yang lezat.

Es kacang merah terdiri dari kacang merah, susu kental manis, es serut, sirup cocopandan, dan kuah santan serta gula.

Salah satu spot favorit untuk menikmati es kacang merah khas Palembang adalah Es Kacang merah Mamat. Kedai ini buka hari Sabtu sampai Kamis mulai pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore.

Selain di kedai tersebut, Kamu bisa mencoba Es Kacang Merah Pak Djon di Jalan Kapten A. Rivai Nomor 690, 26 Ilir D.I

Nama rekomendasi tempat: Es Kacang Merah Mamat

Alamat: Jalan Kebon Manggis, Kepandean Baru, Ilir Tim I, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 12 ribu per porsi

Kemplang Palembang

Kemplang Khas Palembang
Kemplang Makanan Ringan Khas Palembang – via Instagram: @galoeh_cooking

Bagi para penggemar kerupuk, Kamu wajib mencoba kerupuk khas Palembang yang satu ini. Jika oleh oleh khas cirebon ada Kerupuk Melarat, di Palembang ada kerupuk kemplang  Kerupuk ini terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung.

Dulu, ikan yang digunakan untuk kerupuk tersebut adalah ikan belida. Tetapi Karena ikan belida sudah semakin mahal dan langka, bahan dasarnya pun diganti menjadi ikan gabus.

Asal mula kerupuk kemplang diambil dari proses pembuatan kemplang yang dipukul. Adonan kerupuk dibentuk bulat melebar dan pipih. Setelah itu, adonan kerupuk akan dikukus dan dijemur sampai kering.

Untuk proses akhirnya, kerupuk akan dipanggang sampai mengembang. Kerupuk kemplang biasanya dinikmati bersama dengan cocolan sambalnya yang khas. Sambal tersebut terbuat dari cabai, asam, gula, dan air.

Kemplang memiliki tekstur agak kasar dan renyah. Setiap gigitan kerupuk ini mampu memberikan sensasi tersendiri. Kemplang saat ini sudah banyak dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Palembang baik dalam bentuk kemplang mentah atau matang.

Salah satu tempat populer di Palembang untuk berburu kemplang di Pasar Tradisional Cinde Palembang. Selain kemplang, Kamu juga dapat menjumpai aneka camilan khas Palembang.

Nama rekomendasi tempat: Pasar Tradisional Cinde Palembang

Alamat: Jalan Jend. Sudirman, 24 Ilir, Bukit Kecil

Harga: Mulai dari Rp 15 ribu per kilogram

Roti Koing

roti koing khas palembang
Roti Koing Khas Palembang Sumsel- via Instagram: @him_cokro

Nama roti koing tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Palembang. Makanan ini biasanya disajikan saat bulan puasa. Kue berbentuk bulat ini memiliki citarasa tawar.

Untuk menikmati roti ini,masyarakat Palembang biasanya mencelupkannya ke dalam kopi atau teh manis. Di Palembang, Kamu bisa menjumpai roti ini di Pasar 26 Ilir. Pasar ini beroperasi setiap hari sehingga Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan roti khas Palembang ini.

Nama rekomendasi tempat: Pasar 26 Ilir

Alamat: Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang

Harga: mulai dari Rp 3 ribu per bungkus

Sambal Tempoyak Palembang

sambal tempoyak
Sambal Tempoyak Palembang – via Instagram: @sambaleena_padu_berhantu

Bagi para pecinta sambal, Kamu wajib mencoba sambal tempoyak khas Palembang. Sambal ini terbuat dari durian yang sudah difermentasi sehingga cita rasanya pedas, asam, dan manis dengan sedikit rasa durian.

Sambal ini biasanya dinikmati bersama dengan pindang ikan. Tetapi sambal tempoyak juga lezat dinikmati bersama nasi panas dengan lauk.

Di Palembang, cukup banyak rumah makan yang menyajikan sambal tempoyak. Kamu bisa mencoba sambal tempoyak yang lezat di RM Musi Rawas.

Di rumah makan tersebut, sambal ini menjadi pelengkap untuk berbagai menu olahan ikan air tawar. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam.

Nama rekomendasi tempat: RM Musi Rawas

Alamat: Jalan Angkatan 45 Nomor 18, Lorok Pakjo, Ilir Barat I, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 5 ribu

Makanan Khas Palembang Model

model kuliner khas palembang
Model Khas Palembang – via Instagram: @pesonasriwijaya

Makanan khas palembang model adalah sajian dari bahan dasar ikan. Makanan yang mirip dengan pempek tersebut disajikan dengan kaldu udang bening yang dipadukan dengan mie putih dan timun.

Bentuk makanan ini mirip pempek tetapi lebih besar dan menggunakan isian tahu. Kamu bisa menjumpai model di berbagai sudut kota palembang.

Salah satu tempat populer untuk menikmati sajian ini adalah Model H. Dowa. Kedai yang menyajikan model ini buka mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam WIB.

Selain menyediakan pempek, kedai ini juga menyediakan pempek dan es kacang merah.

Nama rekomendasi tempat: Model H. Dowa

Alamat: Jalan Srijaya Negara Nomor 136, Bukit Lama, Ilir Bar. I, Palembang

Harga: mulai dari Rp 4 ribu per biji

Nasi Minyak Palembang

nasi minyak khas palembang
Nasi Minyak Khas Palembang Sumatera Selatan – via Instagram: @dentist.chef

Ada makanan khas Palembang yang berupa nasi, yaitu namanya nasi minyak. Nasi minyak ini juga terdapat di Jambi, hanya saja keduanya mempunyai perbedaan. Jika nasi minya Jambi terdapat kuah kari, maka nasi minyak Palembang tidak.

Kuliner ini merupakan olahan nasi yang dicampur dengan minyak samin. Tetapi terkadang minyak samin ini bisa diganti dengan mentega. Umumnya nasi minyak ini disajikan dengan lauk yaitu malbi.

Malbi adalah olahan daging sejenis rendang yang dimasak menggunakan banyak rempah.

Rekomendasi tempat: Nasi Minyak H. Saudi

Alamat: Jl. Lingkaran1 No.l No.284, 15 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, l, Sumatera Selatan

Malbi Khas Palembang

malbi khas palembang
Malbi Daging Sapi Khas Palembang – via Instagram: @masakanlokalindonesiaku

Kuliner yang satu ini secara fisik memang sangat mirip dengan rendang khas Padang, dan sama-sama diolah menggunakan rempah-rempah.

Malbi ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu khas seperti garam, bawang merah dan putih, kaldu sapi, kecap, gula, air asam jawa, dan rempah seperti lada dan pala.

Biasanya malbi ini lebih kering jika dibandingkan rendang, serta dari segi warnanya pun lebih hitam.

Gulo Puan Khas Palembang

gulo puan cemilan khas palembang
Gulo Puan Cemilan Manis Khas Palembang – via Instagram: @iwashere_id

Secara bahasa gulo artinya gula dan puan artinya susu, sehingga gulo puan ini bisa diartikan sebagai gula susu. Seperti namanya, gulo puan ini memang salah satu kuliner Palembang Sumatera Selatan yang menggunakan gula dan susu sebagai bahan dasarnya.

Susu yang digunakan bukan lah susu sapi, tetapi menggunakan susu kerbau rawa yang sulit didapatkan. Setelah diolah, kuliner ini akan berbentuk sedikit pasir. Biasanya digunakan untuk selai roti atau teman pisang goreng.

Jika kamu ingin mencoba gula puan ini maka bisa kamu dapatkan di daerah sekitaran Masjid Agung Palembang setiap hari jumat.

Rekomendasi tempat: Gulo Puan Mang Robin

Alamat: Jl. Seduduk Putih, 8 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Harga: Makanan ini harganya cukup mahal yaitu Rp100.000 per kilogram

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Aceh
  2. Makanan Khas Medan
  3. Makanan Khas Jambi
  4. Makanan Khas Lampung
  5. Makanan Khas Riau
  6. Makanan Khas Padang
  7. Makanan Khas Bengkulu

Godo-godo Palembang

godo godo khas palembang
Godo-godo Cemilan Khas Palembang – via Instagram: @munyiek

Makanan khas Palembang Sumatera Selatan yang satu ini merupakan salah satu turunan dari pempek. Hanya saja ikan yang digunakan bukanlah ikan tenggiri, namun menggunakan udang.

Godo-godo ini juga disajikan dengan sambal kuah cuka dari pempek. Untuk mencoba makanan yang satu ini sangat mudah, karena banyak dijual oleh para pedagang kaki lima yang biasanya bersama dengan jual gorengan.

Rekomendasi tempat: Pasar Cinde

Alamat: Jend Sudirman, 24 Ilir, Bukit Kecil, 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Harga: Hanya Rp1.000 saja perbuahnya

Bakmi Babi – Nonhalal

bakmi babi khas palembang
Bakmi Babi Non Halal – via Instagram: @makanber2

Sesuai dengan namanya, ini adalah kuliner non halal karena menggunakan daging babi. Bakmi babi sebenarnya adalah kuliner luar yang saat ini menjadi kekayaan kota Palembang karena merupakan makanan khas Tionghoa. Mie tersebut memiliki citarasa yang gurih dan kenyal berpadu dengan citarasa

Salah satu kedai bakmi yang terkenal di Palembang adalah Bakmi Aloi. Sajian ini ditawarkan dengan topping yang beragam mulai dari babi panggang, olahan ayam, babi cincang, dan juga jamur.

Warung makan ini juga menyajikan gorengan seperti kekian, dan babi ngohiong. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai pukul 10 malam.

Nama rekomendasi tempat: Bakmi Aloi

Alamat: Jalan Dempo Luar Nomor 410 A, 15 Ilir, Palembang

Harga: Mulai dari Rp 20 ribu per porsi

Kue dan Cemilan Khas Palembang

Selain makanan yang sudah dijelaskan di atas, Palembang juga memiliki beragam makanan berupa kue. Kue apa sajakah kira-kira? Nah berikut ini adalah daftar kue dan cemilan khas Palembang:

  1. Ragit
  2. Kerupuk retak seribu
  3. Lempok durian
  4. Dadar Jiwo
  5. Engkok medok dan engkak kecut
  6. Kue mento
  7. Kue 8 Jam
  8. Kue Lapis Kojo
  9. Kue Engkak Ketan
  10. Kue Maksuba
  11. Kue Bolu Suri
  12. Kue Gandus
  13. Kue Lumpang
  14. Kue Srikaya

 

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Selatan, khususnya Palembang yang wajib untuk dicoba saat Kamu berada di Palembang. Berbagai kuliner tersebut dapat memberikan pengalaman rasa yang baru dengan kekhasan yang dimilikinya.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa makan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
ramen teppan cimahi
Read More

Makanan Khas Cimahi

Bandung dan sekitarnya sudah sejak lama dikenal sebagai surganya kuliner enak. Sejak dulu aneka makanan enak kebanyakan berasal…
ikan kuah asam flores
Read More

Makanan Khas Flores

Flores adalah provinsi yang letaknya berada di kawasan timur Indonesia yang akhir-akhir ini semakin terdengar dan banyak dikunjungi…
kue koci makanan daerah indramayu
Read More

Makanan Khas Indramayu

Indramayu termasuk salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan Indramayu menawarkan…