sop ubi mangkuk lucu
Makanan Khas

Makanan Khas Makassar

Makassar merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan dengan ikon destinasi wisatanya berupa Pantai Losari.

Selain Pantai Losari, ada banyak lagi destinasi menarik yang siap memanjakan para wisatawan seperti Fort Makassar, Trans Studio Makassar, Pulau Samalona, dan masih banyak lagi. Lokasi kota Makassar yang terletak di pesisir Pulau Sulawesi menjadi daya tarik tersendiri bagi kota ini.

Selain menyuguhkan destinasi wisata menarik, berkunjung ke Makassar kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner setempat yang dikenal dengan citarasanya yang unik dan juga lezat.

Bahkan karena saking lezatnya, tidak sedikit makanan khas Makassar yang saat ini banyak dijual di luar kota Makassar seperti Cotto Makassar dan Es Pisang Ijo.

Buat Kamu yang tertarik untuk mencoba sajian khas Makassar, berikut ini adalah daftar makanan khas tersebut dan tempat terbaik untuk menikmatinya. Penasaran ingin segera mencobanya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Coto Makassar

coto makassar sulsel
Coto Makassar Kuliner Terkenal dari Makassar – via Instagram: @sbykulinerinfo

Siapa yang belum pernah mencoba kuliner yang satu ini? Pasalnya kuliner ini tidak hanya populer di tempat asalnya tetapi juga sudah banyak dijumpai di luar Sulawesi.

Ada yang dijual di warung tenda pinggir jalan hingga restoran yang khusus menyajikan hidangan Coto Makassar. Berkunjung ke Makassar rasanya belum lengkap jika tidak mencoba langsung kuliner ini di daerah asalnya.

Coto Makassar merupakan hidangan berkuah dari bahan dasar daging dan jeroan sapi yang dibumbui dengan aneka rempah. Konon dibutuhkan 40 jenis rempah untuk membumbui hidangan ini.

Bumbu tersebut sering dikenal dengan sebutan ampah patang pulo Potongan daging sapi berpadu dengan kuah kental gurih dan taburan daun bawang tentu memberikan sensasi kelezatan yang begitu memanjakan lidah.

Di Makassar, tidak sulit untuk menjumpai rumah makan yang menyediakan makanan khas Makassar yang satu ini. Salah satu tempat yang populer untuk menikmati sajian ini adalah di Coto Nusantara.

Citarasa Coto Makassar di tempat ini dianggap otentik dan ramah di lidah banyak orang sehingga membuatnya selalu ramai dipadati oleh pelanggan. Kamu bisa kesana kapan saja karena restoran ini buka setiap hari sejak pagi pukul 06.30 sampai pukul 6 sore WITA.

Nama tempat: Coto Nusantara

Alamat: Jalan Nusantara Baru Nomor 142, Ende, Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan

Harga: mulai dari Rp 15 ribu per porsi.

Sop Konro

sop konro khas makassar
Sop Konro Makanan Khas Makassar – via Instagram: @foo.ga

Selain Cotto Makassar, ada satu lagi hidangan berkuah gurih dan lezat yang termasuk sajian khas Makassar yaitu Sop Konro. Ini adalah makanan khas Makassar dengan warna yang gelap karena menggunakan bumbu kluwak seperti yang digunakan untuk Rawon khas Jawa Timur.

Bahan dasar sup konro adalah daging dan iga sapi yang direbus bersama dengan air asam jawa, kayu manis, dan aneka bumbu rempah. Hasilnya makanan ini menawarkan citarasa yang sangat kaya.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi kuliner yang satu ini, Kamu bisa ke Konro Karebosi. Tempat ini sudah sangat populer, bahkan di kalangan para seleb dan politisi.

Dengan popularitas tersebut, Kamu harus siap-siap antre jika ingin menikmati sajian sop konro ini. Tempat ini buka setiap hari pukul 10 pagi sampai 10 malam WITA.

Nama tempat: Konro Karebosi

Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang nomor 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar

Harga: mulai dari Rp 30 ribu per porsi

Pallubasa

palubasa khas makassar
Pallubasa Khas Makassar – via Instagram: @infopromo.makassar

Jika Kamu kurang suka dengan Coto Makassar yang menggunakan ketupat karena terbiasa makan nasi, cobalah menikmati sajian Pallubasa. Hidangan ini mirip dengan Coto Makassar.

Bahan dasarnya adalah jeroan sapi atau kerbau. Bahan tersebut dimasak dalam waktu lama dengan aneka bumbu rempah. Pallubasa biasanya disajikan bersama dengan nasi putih.

Walaupun ciri ciri makanan khas Makassar ini dari segi tampilan hampir sama dengan makanan berkuah khas Makassar lainnya, Pallubasa ternyata sangat berbeda. Sajian ini memiliki kuah yang lebih kental dengan warna kecoklatan.

Makanan ini biasanya dicampur dengan kuning telur dan serundeng. Jadi kuning telur ayam kampung akan dimasukkan ketika sop ini disajikan sehingga akan tercampur matang dalam sup yang panas.

Pallubasa dulunya hanya dinikmati di kalangan kerajaan. Namun saat ini siapa saja boleh menikmati Pallubasa. Di Makassar, ada banyak tempat yang menawarkan Pallubasa dengan citarasa lezat. Salah satu tempat tersebut adalah Pallubasa Serigala.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 8 malam WITA.

Nama tempat: Pallubasa Serigala

Alamat: Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Makassar

Harga: mulai dari Rp 13 ribu per porsi

Pallumara

pallumara ikan kuliner khas makassar
Pallumara Ikan Khas Makassar – via Instagram: @dniccake

Jika Kamu kurang suka daging sapi atau kerbau, Pallumara adalah hidangan yang layak untuk dipertimbangkan. Makanan khas Makassar yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan yaitu ikan kakap merah, ikan tuna, ikan bandeng, dan ikan kakap.

Sajian ini berupa sup berkuah kuning. Warna kuning dari sup tersebut berasal dari bumbu yang menggunakan kunyit. Bumbu lainnya yang digunakan untuk hidangan ini adalah asam jawa, bawang merah, bawang putih, jahe, cabe dan daun jeruk.

Cara membuat Pallumara juga sangat sederhana yaitu ikan dilumuri bumbu terlebih dahulu kemudian dimasak dengan bumbu yang sudah ditumis.

Citarasa sajian ini hampir sama dengan ikan asam manis. Selain ikan kakap merah, jenis ikan lain yang sering digunakan adalah bandeng atau tongkol.

Pallumara biasanya disajikan dengan pendamping berupa nasi putih. Tempat yang menyajikan Pallumara dengan citarasa lezat adalah Rumah Makan Ulu Juku. Selain menyediakan Pallumara, rumah makan ini juga menyediakan aneka hidangan khas Makassar lainnya.

Nama tempat: Rumah Makan Ulu Juku

Alamat: Jalan Prof. Dr. Abdurrahman Basalamah

Harga: mulai dari Rp 30 ribu per porsi

Barongko Makanan Tradisional Makassar

barongko khas makassar dibungkus daun
Barongko Cemilan Tradisional Khas Bugis Makassar – via Instagram: @dessyalqodri

Jika Kamu mencari makanan pembuka khas Makassar yang berupa camilan, cobalah makanan yang satu ini Makassar memiliki beberapa jenis kudapan yang unik dan lezat, salah satunya adalah barongko.

Kue yang dibungkus dengan daun pisang ini terbuat dari bahan dasar pisang. Untuk pembuatan barongko, pisang akan dihaluskan kemudian dicampur dengan santan, telur, gula, dan garam. Campuran adonan tersebut kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus sampai matang.

Barongko merupakan kudapan manis yang cocok menjadi teman untuk minum teh. Untuk menikmati Barongko khas Makassar, Kamu bisa mendapatkannya di Mama Toko Kue dan Es Krim. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 8 malam WITA.

Nama tempat: Mama Toko Kue dan Es Krim

Alamat: Jalan Serui Nomor 19. Pattunuang, Wajo, Makassar

Harga: Mulai dari Rp3.500,- per biji

Pisang Epe

pisang epe khas makassar
Pissang Epe Kuliner Khas Makassar – via Instagram: @qiyah_qq

Apakah Kamu termasuk penggemar pisang? Jika ya, Kamu bisa mencoba kuliner yang satu ini setelah mencicipi barongko. Pisang Epe adalah sajian khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang kepok.

Untuk membuat makanan ini, pisang kepok yang digunakan adalah yang masih setengah masak. Pisang tersebut dibakar menggunakan bara api sampai harum. Setelah itu pisang dibelah dan ditekan sampai pipih kemudian dibakar lagi.

Di akhir, tambahkan topping campuran air daun pandan, gula merah, dan garam. Hasilnya, Kamu akan menikmati kudapan dengan cita rasa istimewa. Apalagi beberapa pisang epe kadang disajikan dengan topping durian.

Pisang epe cocok dinikmati di sore hari sambil bersantai. Kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan ini di sepanjang pantai Losari. Walaupun banyak pedagang yang menjajakan pisang epe, citarasa yang disuguhkan hampir sama lezatnya.

Para pedagang tersebut biasanya sudah mulai berjualan pukul 4 sore sampai pukul 12 malam WITA setiap harinya.

Nama tempat: Pisang Epe

Alamat: Jalan Penghibur, Losari, Ujung Pandang, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Es Palu Butung

es palu butung khas sulawesi selatan
Es Palu Butung, Es Campur Khas Makassar – via Instagram: @marannu.resto

Setelah kenyang mencoba berbagai kuliner dan kudapan Makassar yang lezat, jangan lupa untuk mencicipi dessert khas Makassar berupa es campur yang dikenal dengan Es Palu Butung.

Es campur ini menawarkan citarasa manis dengan komposisi berupa pisang kukus yang ditambah dengan santan dan susu. Cita Rasanya yang segar dengan tambahan es membuatnya sangat cocok dinikmati di siang hari untuk melepas dahaga.

Bahan dasar dari sajian adalah pisang kepok matang. Pisang dikukus kemudian dipotong-potong. Untuk penyajiannya, pisang ditata di atas mangkuk kemudian ditambah dengan vla dari tepung beras dan ditambah susu serta sirup.

Salah satu spot favorit untuk menikmati es palu butung khas Makassar adalah di RM Bravo. Rumah makan ini buka mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam WITA setiap hari.

Nama tempat: RM Bravo

Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Tamalate, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 10 ribu per porsi.

Es Pisang Ijo

es pisang ijo makassar
Es Pisang Ijo Khas Makassar – via Instagram: @citrahendrawijaya

Ini adalah es campur khas Makassar yang sudah terkenal di seantero Indonesia. Cita Rasanya yang lezat dan bentuknya yang unik menjadikan sajian ini terasa sangat nikmat.

Es pisang ijo juga terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang sudah matang. Pisang tersebut dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau dari tepung beras dan air daun suji untuk memberikan kesan kulit pisang.

Pisang yang sudah dibalut adonan tersebut kemudian dikukus sampai matang. Dalam penyajiannya pisang ijo disajikan dengan vla tepung beras, sirup, dan susu.

Tempat terbaik untuk menikmati es pisang ijo khas Makassar juga berada di RM Bravo. Rumah Makan tersebut menyediakan aneka kuliner khas Makassar yang lezat.

Selain RM Bravo, tempat lainnya yang populer dengan sajian es pisang ijo adalah Rumah Makan Muda Mudi di Jalan Rusa dan es pisang ijo di La Galigo.

Nama tempat makan: RM Bravo

Alamat:Jalan Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Tamalate, Makassar

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Gogoso

gogoso makassar
Gogoso Khas Makassar – via Instagram: @kanrerong.mks

Apakah Kamu termasuk penggemar telur asin? Jika ya, Makassar juga memiliki sajian khas yang unik dengan pendamping berupa telur asin. Hidangan bernama gogoso ini biasanya marak dijumpai saat lebaran.

Gogoso itu sendiri adalah camilan dari beras ketan yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar. Citarasa ketan yang legit dengan gurihnya telur asin tentu akan mengajak lidah bergoyang.

Walaupun sajian ini hanya banyak dijumpai saat lebaran, Kamu tetap dapat mencicipinya jika berkunjung ke Mama Toko Kue dan Es Krim. Toko kue yang juga dikenal dengan aneka sajian khas Makassar tersebut menyajikan gogoso yang gurih dan lezat.

Nama tempat: Mama Toko Kue dan Es Krim

Alamat: Jalan Serui Nomor 19, Pattunuang, Waja, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 10 ribu per porsi (satu porsi terdiri dari 2 gogoso dan 1 telur asin)

Juku Pallu Ce’La

juku palu ce'la khas makassar
Juku Palu Ce’la Khas Makassar Sulawesi Selatan – via cookpad.com

Apakah Kamu menyukai aneka sajian dari bahan dasar ikan? Jika ya, cobalah juku pallu ce’la. Sajian ini terbuat dari bahan dasar ikan cakalang. Selain cakalang, jenis ikan lainnya yang sering digunakan adalah ikan layang, sibula’, bolu, atau tembang.

Sajian ini dimasak dengan bumbu yang sederhana yaitu garam dan kunyit. Yang menarik dari sajian ini adalah cara memasaknya yang unik sehingga terasa spesial saat menikmatinya.

Ikan pallu ce’la sendiri sebenarnya bermakna ikan yang dimasak dengan citarasa asin. Sajian ini tahan disimpan selama beberapa hari. Juku pallu ce’la nikmat dihidangkan bersama raccak taipa atau mangga cincang bersama nasi hangat.

Untuk proses pembuatannya, ikan dibersihkan lebih dulu kemudian dimasak bersama kunyit dan garam yang sudah dihaluskan. Proses memasaknya sebaiknya menggunakan kayu bakar.

Ikan yang sudah dicampur kunyit dan garam ini dimasak sampai airnya benar-benar meresap sehingga aroma kunyit dan rasa garam merata ke tubuh ikan.

Jika Kamu penasaran dengan citarasa sajian ini, Kamu bisa menikmatinya di Rumah Makan Seafood Apong. Warung makan tersebut buka setiap hari mulai pukul 11 siang sampai pukul 9 malam WITA.

Nama tempat: Rumah Makan Seafood Apong

Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No 95, Melayu, Wajo, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 15 ribu per porsi

Bebek Palekko Makassar

bebek palekko makassar
Bebek Palekko Khas Makassar – via Instagram: @sharebeforeeat

Kamu mencari kuliner Makassar yang menggunakan bahan bebek? Cobalah bebek Palekko. Ini adalah sajian khas Bugis dengan bahan dasar daging bebek yang dicincang.

Citarasa sajian ini sudah diracik sedemikian rupa agar penikmatinya merasa kepedasan. Walaupun pedas, Kamu dijamin ingin terus menikmatinya sampai habis.

Bumbu yang digunakan untuk sajian ini antara lain adalah cabai, air asam jawa, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, lada, salam, daun jeruk, kunyit, garam, dan gula.

Bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis. Jika bumbu sudah wangi, potongan daging bebek akan dimasukkan dan dimasak sampai bumbu meresap serta bebek matang.

Jika Kamu penasaran dengan citarasa kuliner bebek palekko ini, Kamu bisa mencobanya di Palekko Makassar. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 10 malam WITA.

Ketika mencobanya, dijamin Kamu akan menghabiskan banyak nasi karena rasanya yang begitu ‘nagih’.

Nama tempat: Palekko Makassar

Alamat: Jalan Tamalanrea Raya BTP Blok C No 27 A, Makassar

Harga: mulai dari Rp 40 ribu per porsi untuk setengah ekor bebek kecil dan Rp 55 ribu per porsi untuk bebek utuh satu ekor

Burasa Khas Bugis

burasa khas bugis makassar
Burasa Khas Bugis Makassar – via Instagram: @whestyputri

Bisa dikatakan ini adalah lontong khas Makassar. Makanan khas Sulawesi Selatan ini terbuat dari beras yang dimasak dengan dibungkus daun pisang muda.

Sajian yang memiliki citarasa lembut ini biasa disajikan dengan taburan bumbu dari kelapa kering, gula, garam, dan cabai. Sebenarnya tidak sulit untuk menjumpai kuliner yang satu ini karena banyak dijual di tempat penjual kue dan pasar tradisional.

Kamu juga bisa mencobanya di Bakso 33 Makassar dengan harga yang terjangkau. Rumah makan tersebut buka mulai pukul 07.30 pagi sampai pukul 8 malam WITA.

Nama tempat: Bakso 33 Makassar

Alamat: Jalan Bete-Bete Nomor 35, Barana, Makassar

Harga: mulai dari Rp 5 ribu per bungkus

Songkolo Bagadang

songkolo bagadang khas makassar
Songkolo Bagadang Khas Makassar – via Instagram: @dapurtian

Jika Kamu ingin berburu kuliner malam di Makassar dan mencicipi sajian setempat, cobalah berburu songkolo bagadang. Ini adalah nasi putih atau nasi ketan hitam yang disajikan dengan parutan kelapa sangrai atau serundeng sebagai toping.

Makanan ini biasanya juga ditambah dengan telur, ikan teri asin, dan sambal kuning.Hasilnya, sajian ini tentu semakin menggugah selera.

Songkolo bagadang biasanya disajikan dalam berbagai acara adat Sulawesi Selatan. Namun Kamu tidak harus mengikuti acara adat tersebut untuk dapat menikmati sajian khas yang satu ini karena bisa menjumpainya di Rumah Makan Songkolo Bagadang Alhamdulillah.

Menariknya, rumah makan ini buka setiap hari selama 24 jam dan harga per porsi makanan ini juga sangat terjangkau.

Nama tempat: Songkolo Bagadang

Alamat: Jalan Pannara Nomor 19, Antang, Manggala, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 5 ribu per porsi

Sarabba Minuman Khas Makassar

sarabba minuman khas makaasar
Sarabba Minuman Sehat Khas Makassar – via Instagram: @aquilaelang

Jika Kamu mencari minuman khas Makassar untuk menemani waktu bersantai di sore atau malam hari, Kamu bisa mencoba Sarabba. Ini adalah minuman yang terbuat dari campuran air jahe, gula aren, merica bubuk, dan ditambah kuning telur.

Sekilas minuman ini mirip dengan STMJ. Saat meminumnya, Kamu akan merasakan sensasi hangat sehingga membuatnya sangat cocok dinikmati di malam hari atau saat musim penghujan.

Banyak kedai yang menjajakan sarabba di sore hari hingga malam hari di Makassar. Namun jika Kamu mencari yang paling legendaris, cobalah minuman ini di Sarabba Daeng Hasna.

Ini adalah warung minuman yang sudah legendaris dan terkenal di Makassar karena sudah berdiri sejak tahun 1983, Kedai tersebut buka setiap hari mulai pukul 07.30 pagi sampai pukul 10 malam WITA.

Nama tempat: Sarabba Daeng Hasna

Alamat: Jalan Bulusaraung, Pisang Utara, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 7.500,- per gelas

Konro Bakar

konro bakar makassar
Konro Bakar Khas Makassar – via Instagram: @amiza7

Walaupun Kamu sudah menikmati sop konro, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Makassar yang satu ini. Konro bakar menawarkan sensasi rasa yang unik dan berbeda.

Dalam sajian ini iga dibakar kemudian disajikan dalam kondisi panas. Bumbu yang digunakan untuk konro ini ternyata berbeda dengan konro biasa.

Konro bakar adalah iga sapi bakar yang diolah dengan kaldu dan disajikan dengan saus kacang untuk menambah citarasa.

Untuk menikmati konro bakar yang lezat, Kamu juga bisa mencobanya di Konro Karebosi yang terkenal dengan sajian sup konro. Di warung makan yang buka mulai pukul 11 siang sampai 11 malam WITA ini, Kamu bisa mencoba varian sup konro biasa dan konro bakar yang sangat lezat.

Nama tempat: Konro Karebosi

Alamat: Jalan Gunung Lompo Battang Nomor 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Makassar

Harga: mulai dari Rp 40 ribu per porsi

Sop Ubi

sop ubi mangkuk lucu
Sop Ubi Khas Makassar – via Instagram: @ngemil_lucu

Apakah Kamu pernah membayangkan ubi yang diolah menjadi sop dengan citarasa gurih? Pasalnya ubi selama ini diolah menjadi kudapan yang manis. Untuk merasakan sensasinya, cobalah sop ubi khas Makassar.

Sesuai dengan namanya ini adalah sop yang berisi ubi dipotong kecil-kecil. Bahan lainnya yang sering digunakan adalah tauge, telur, bihun, daun bawang, daging, dan bawang goreng. Sajian ini sangat cocok dinikmati saat panas.

Pendamping untuk sop ubi biasanya adalah burasa, kerupuk, kacang goreng, dan emping. Bumbu halus yang digunakan antara lain adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan, dan merica.

Bumbu yang sudah ditumbuk halus kemudian ditumis dan dicampur dengan kaldu daging sapi untuk menghasilkan citarasa sup yang gurih dan lezat, Jika tidak ingin membuatnya sendiri, Kamu bisa mencicipi kelezatan sop ubi khas Makassar di Sop Ubi Datumuseng.

Nama tempat: Sop Ubi Datumuseng

Alamat: Jalan Datumuseng, Makassar

Harga: Mulai dari Rp 20 ribu per porsi.

Pallu Kacci Khas Makassar

pallu kacci khas makassar
Pallu Kacci Khas Makassar – via Instagram: @tourmakassartoraja

Dalam bahasa Makassar, Pallu sendiri artinya masakan sedangkan Kacci artinya asam. Maka secara bahasa Pallu Kacci dapat diartikan masakan atau makanan dengan bumbu dan rasa yang asam.

Makanan khas Makassar Sulawesi Selatan ini berbentuk sop dengan kuah seperti pada umumnya. Namun sop ini memiliki ciri khas yaitu kuahnya berwarna kuning dan bahan dasarnya adalah ikan bolu atau bandeng, bisa juga ikan cakalang dan tuna.

Sop Saudara

sop saudara makassar
Sop Saudara Makassar – via Instagram: @keliling.makassar1

Selanjutnya kuliner Bugis Sulawesi Selatan yang berkuah adalah sop saudara. Sebetulnya sop ini adalah khas dari daerah Pangkep sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan, tetapi juga sangat terkenal di Makassar.

Umumnya sop saudara ini berbahan dasar daging sapi yang kemudian dicampur dengan bihun, kentang, paru goreng, telur rebus, ikan bakar dan nasi.

Mie Titi Makassar

mie titi makassar kuliner
Mie Titi Makassar – via Instagram: @yokky_putra

Salah satu kuliner dengan bahan dasar mie di Makassar adalah Mie Titi. Mie ini merupakan makanan khas daerah Makassar yang cukup terkenal.

Biasanya mie titi terdiri dari mie, seafood seperti udang dan cumi, sayuran dan juga rempah-rempah yang lainnya yang menambah cita rasa mie ini menjadi lezat.

Ikan Bakar Bandeng Makassar

ikan bakar bandeng
Ikan Bakar Bandeng Makassar – via Instagram: @kuliner_with_mark

Makassar memang memiliki kuliner dengan bahan dasar ikan, salah satunya yaitu ikan bandeng bakar. Kuliner ini sangat digemari karena daging ikan bandeng yang lembut dan empuk kemudian dibakar sehingga menghasilkan aroma yang sangat wangi.

Ditambah lagi dengan olesan bumbu yang khas akan membuat ikan bandeng ini sangat menggoda. Ditambah lagi jika menyantap kuliner ini dengan nasi hangat. Uhh sangat nikmat bukan?

Kapurung Khas Makassar

kapurung makanan khas makassar
Kapurung Kuliner Khas Makassar Sulsel – via Instagram: @jevaadjie

Kuliner kapurung ini merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Palopo kabupaten Luwu Timur.

Makanan ini berbentuk kuah dan terbuat dari sagu yang dikombinasikan dengan daging ikan, daging ayam, serta sayuran pelengkap lainnya.

Jalangkote Pastel Khas Makassar

jalangkote pastel makassar
Jalangkote, Pastel Khas Makassar – via Instagram: @the.fooddoctor

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan atau cemilan yang bernama pastel bukan? Nah di Makassar sendiri ada sebuah makanan berupa pastel yang disebut dengan jalangkote.

Bentuknya mirip dengan pastel pada umumnya, kemudian isiannya berupa potongan wortel, kentang, tauge, dan soun atau bihun yang ditumis secara bersamaan dengan bumbu bawang merah dan putih, garam, serta merica.

Kue Dange Khas Bugis

kue dange khas bugis
Kue Dange Khas Bugis Sulawesi Selatan – via Instagram: @syisyacakes

Ada yang pernah mendengar nama kue dange? Jika belum maka kamu perlu kenalan dulu dengan makanan khas Bugis yang satu ini.

Secara fisik, makanan jenis kue ini mirip dengan bandros atau pukis. Namun kuliner tradisional ini terbuat dari tepung ketan hitam, gula merah, kelapa parut, serta garam.

Bahan-bahan tersebut membuat kue dange memiliki cita rasa yang manis, gurih, serta legit saat digigit.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Kendari
  2. Makanan Khas Wakatobi

Kue Baruasa Khas Makassar

kue baruasa khas makassar
Kue Baruasa Tradisional Khas Makassar – via Instagram: @evsanelle

Di Makassar ada kue yang bernama kue baruasa, kue ini merupakan jenis kue kering tradisional khas Sulawesi. Kue baruasa ini terbuat dari tepung beras, gula aren, mentega, kuning telur, serta kayu manis.

Kue Cucuru Bayao

kue cucuru bayao khas bugis
Kue Cucuru Bayao Khas Bugis Makassar – via Instagram: @thatha_usamah

Selanjutnya masih kuliner berupa kue tradisional yaitu kue cucuru. Kue ini merupakan jenis kue manis yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah.

 

Demikian beberapa makanan tradisional Makassar yang wajib dicoba. Kuliner tersebut merupakan makanan yang banyak dicari oleh wisatawan saat berada di Makassar. Selain kuliner, Kamu juga bisa berburu oleh oleh khas Makassar seperti kain tenun dan sarung Bugis.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *