ikan parende wakatobi
Makanan Khas

Makanan Khas Wakatobi

Makanan khas Wakatobi di bawah ini tidak boleh Kamu lewatkan ketika sedang berlibur di kota ini. Ya, Wakatobi memang memiliki banyak destinasi wisata yang keren dan eksotis.

Salah satu pariwisata andalannya adalah wisata laut dimana turis bisa menikmati keindahan laut yang menakjubkan.

Jadi sangat tidak mengherankan apabila Wakatobi menjadi salah satu daerah yang wajib dikunjungi oleh pelancong.

Selain memiliki wisata alam yang eksotis, Wakatobi juga kaya akan kuliner yang istimewa dan variatif.

Jika sedang berlibur ke sana Kamu harus mencoba kuliner khas Wakatobi yang lezat dengan harga terjangkau.

Jadi apakah Kamu penasaran dengan makanan-makanan khas Wakatobi yang beragam tersebut?

Kali ini Foodnesia akan membahasnya, yuk langsung saja disimak daftar makanan dan kuliner yang menjadi ciri khas daerah Wakatobi di bawah ini!

Ikan Parende Khas Wakatobi

ikan parende wakatobi
Olahan Ikan Parende Wakatobi – via pesonaindonesia.kompas.com

Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas Wakatobi adalah Parende. Parende ini memang benar-benar kuliner milik Wakatobi karena memang jarang ditemukan di daerah lain.

Kuliner ini merupakan olahan ikan yang dimasak dengan kuah asam dan cabai, dan ikan yang biasa digunakan adalah ikan laut.

Parende biasanya sangat cocok dihidangkan dengan kasuami, yang mana juga merupakan sajian khas Wakatobi. Kasuami merupakan parutan singkong yang diperas sehingga tidak menyisakan air.

Jadi akan sangat keras makanya pas jika disantap bersamaan dengan kuah asam dan cabai milik parende.

Salah satu tempat di Wakatobi yang menyajikan Parende sebagai menu andalannya adalah Rumah Makan Musliha. Di sini tersedia Parende yang harganya cukup terjangkau.

Kamu juga bisa membawa pulang parende untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Lokasi: Di dekat Pasar Mola, Kaledupa, Wakatobi.

Harga: Harga 1 porsi Parende di adalah Rp35.000,00. Untuk oleh-oleh ada biaya tambahan sebesar Rp15.000,00 untuk pengemasan dan pembekuan.

Kukure Khas Wakatobi

kukure khas wakatobi
Kukure Khas Wakatobi – via sportourism.id

Makanan khas Wakatobi Kukure ini terbuat dari bulu babi yang banyak ditemukan di perairan pinggir pantai. Makanan khas Wakatobi ini merupakan makanan yang kaya akan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Meskipun begitu cara mengolahnya membutuhkan keahlian khusus, ini karena adanya duri pada bulu babi yang bisa melukai manusia.

Setelah bulu babi dibersihkan durinya, kemudian bisa dibakar hingga matang. Biasanya Kukure paling lezat dinikmati dalam kondisi sangat fresh saat dimasak.

Kukure banyak ditemukan di daerah Kaledupa, Wakatobi.

Kambalu Wakatobi

kambalu kuliner khas wakatobi
Kambalu Makanan Khas Wakatobi – via samudranesia.id

Makanan khas Wakatobi Kambalu berasal dari umbi-umbian tepatnya keladi dan talas yang dibungkus dengan daun kelapa muda.

Untuk membuat Kambalu, keladi/talas bisa dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dan diaduk dengan santan, minyak dan bawang goreng.

Jika sudah, adonan bisa dimasukkan ke dalam pembungkus dari daun kelapa mudah yang telah diolesi dengan minyak.

Kemudian Kambalu bisa dikukus selama 30 menit hingga 1 jam, atau tunggu hingga warna daun kelapa muda berwarna kecoklatan.

Biasanya Kambalu ini cocok disantap dengan Helo Asira. Helo Asira juga makanan khas Wakatobi yang bahannya berasal dari kelapa muda, ayam betina bakar, kelapa sangrai, kaulo, garam dan bawang merah.

Gule-gule Wakatobi

gule-gule wakatobi
Camilan Gule-gule Khas Wakatobi – via carisemuaja.com

Gule-gule khas Wakatobi adalah camilan khas Wakatobi yang sering dihidangkan di acara-acara adat semisal pernikahan, sunatan dan lain-lain.

Camilan yang berbentuk unik ini berasal dari ubi kayu yang diparut dan didiamkan selama 1 minggu. Setelah seminggu, adonan tadi bisa dicampur dengan terigu dan sedikit air dan dibentuk dengan unik dan digoreng.

Lokasi: Kamu bisa menemukan Gule-gule di hampir semua tempat di Wakatobi.

Harga: Harga 1 wadah gule-gule adalah Rp10.000,00.

Ikan Bakar Colo-Colo

ikan bakar colo colo
Ikan Bakar Colo-colo Nikmat

Ikan bakar Colo-colo adalah salah satu sajian khas Wakatobi yang tidak boleh Kamu lewatkan ketika berlibur ke sana. Menu ini terdiri dari ikan bakar yang dilumuri dengan sambal Colo-colo yang pedas manis.

Ikan bakar Colo-colo ini biasa disantap sebagai teman nasi atau kasuami.

Kamu bisa menemukan menu ikan bakar Colo-colo di hotel dan restoran Wasabi Nua. Hotel dan restoran ini terletak di sebuah gugusan karang, jadi terlihat seperi pulau kecil di tengah laut.

Lokasi: Hotel dan Restoran Wasabi Nua, Jalan Poros Sumbu.

Harga: Harga Ikan bakar Colo-colo 1 porsi adalah mulai Rp18.000,00-Rp150.000,00.

Luluta Khas Wakatobi

luluta wakatobi
Kuliner Luluta Khas Wakatobi – via picdeer.org

Makanan khas Wakatobi selanjutnya adalah Luluta, yang mana merupakan nasi yang dimasak dalam bambu. Makanan yang berasal dari Pulau Binong ini bahan dasarnya adalah beras yang dibungkus dengan daun pisang.

Setelah beras terbungkus dengan daun pisang, kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar di ujung bagian bawahnya.

Cara memasak nasi seperti ini memang unik dan memberikan kelezatan nasi yang khas. Selain di Wakatobi, cara memasak seperti ini juga dilakukan oleh Suku Dayak Kalimantan.

Luluta bisa kamu santap setelah beras di dalamnya sudah matang, untuk lauk kamu bisa pilih lauk khas Wakatobi semisal Parende dan Perangi.

 

Demikianlah ulasan tentang makanan khas Wakatobi yang wajib kamu coba ketika sedang berlibur di sana. Jadi apakah kamu sudah memikirkan sajian khas mana yang akan kamu coba ketika berlibur ke Wakatobi?

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *