olahan kacang mete khas kendari
Makanan Khas

Makanan Khas Kendari

Kendari adalah sebuah kota di wilayah Sulawesi Tenggara dengan kondisi geografisnya yang berbukit.

Masyarakat kota Kendari sangat terkenal piawai dalam membuat kerajinan perak, mereka dikenal memiliki teknik tersendiri dalam membuat kerajinan.

Namun selain membuat kerajinan dari perak, Kendari juga memiliki kerajinan kayu yang disebut kerajinan gempol, yang biasanya terbuat dari kayu jati atau cendana.

Kota beriklim tropis ini juga memiliki pemandangan alam yang menawan, salah satunya adalah Teluk Kendari yang terkenal sebagai salah satu objek wisata unggulan di ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Nah, saat liburan ke suatu tempat tentu tidak sah rasanya kalau belum mencicipi lezatnya makanan lokal.

Begitu juga kalau sedang berada di Kendari, perjalananmu belum lengkap tanpa menikmati makanan khas Kendari yang terkenal kaya akan cita rasanya.

Makanan khas Kendari memang terkenal unik dan memiliki kekhasannya sendiri, karena itulah wajib untuk mencicip makanannya sebelum masa liburanmu di Kendari berakhir.

Makanan khas Kendari apa saja ya yang layak untuk dicoba? Foodnesia akan berbagi, dan lihat daftar makanannya di bawah ini.

11 Rekomendasi Makanan Khas Kendari yang Lagi Hits

Lapa-lapa

lapa lapa khas kendari
Lapa Lapa Makanan Khas Kendari – via travel.tribunnews.com

Makanan ini terbuat dari beras dimasak bersama santan, saat lapa-lapa sudah setengah matang kemudian akan didinginkan dan selanjutnya direbus.

Lapa-lapa setengah matang tersebut akan dibungkus terlebih dahulu menggunakan daun kelapa muda yang disebut dengan janur.

Makanan yang membutuhkan waktu lama dalam pemasakannya ini memiliki tekstur lembut dan rasa gurihnya berasal dari santan kelapa.

Untuk melengkapinya, lapa-lapa biasa dimakan bersama ikan asin, yang bahannya terbuat dari ikan kaholeonarore yang banyak banyak dijumpai di pasar-pasar di Sulawesi Tenggara, termasuk juga  Kota Kendari.

Kabuto Khas Kendari

kabuto khas kendari
Kabuto Kuliner Khas Kendari – via viva.co.id

Kabuto adalah makanan khas Sulawesi Tenggara yang juga dapat dijumpai di Kendari.

Makanan ini terbuat dari singkong yang dijemur dan dibiarkan begitu saja hingga berjamur, kemudian ada tambahan ubi juga dalam bahan baku pembuatan makanan unik ini.

Walaupun terdengar tidak biasa, namun makanan ini wajib dicoba saat berada di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kendari. Kapan lagi kan dapat merasakan makanan unik yang terbuat dari singkong berjamur ini?

Sinonggi Khas Kendari

sinonggi kendari
Sinonggi Makanan Khas Kendari – via jendelasultra.blogspot.com

Kuliner khas Kendari berikutnya adalah sinonggi yang terbuat dari pati sagu. Bahan utama yang berupa pati sagu ini akan diolah bersama kuah rempah, sehingga cita rasanya gurih dan tentunya nagih.

Makanan khas Kendari ini biasa menjadi menu utama dalam tradisi Mosonggi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat suku Tolaki.

Namn, sinonggi kini semakin sulit ditemukan, mengingat sagu kini bukan lagi menjadi makanan pokok masyarakat Sulawesi Tenggara karena sudah digantikan dengan beras.

Ikan Dole

ikan dole kendari
Ikan Dole Makanan Khas Kendari – via lifestyle.okezone.com

Makanan khas Kendari selanjutnya adalah ikan dole yang merupakan makanan tradisional yang banyak dijumpai di daerah-daerah di Sulawesi Tenggara.

Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang ditambah dengan parutan kelapa muda.

Proses pertama dalam pengolahannya adalah menggiling ikan tenggiri terlebih dahulu, yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda.

Setelah itu adonan tersebut akan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Terbayang kan bagaimana gurihnya makanan tradisional ini? Lebih nikmat jika Kamu menyantapnya saat masih hangat.

Sate Gogos Pokea

sate gogos pokea khas kendari
Sate Gogos Pokea Khas Kendari – via phinemo.com

Makanan khas Kendari uang satu ini pasti banyak dicari oleh pecinta seafood, sajian ini merupakan sate kerang yang cukup mudah ditemukan di sekitar Kota Kendari.

Nama pokea berasal dari masyarakat Sulawesi Tenggara yang berarti kerang.

Daging kerang akan ditusuk layaknya sate pada umumnya, nah untuk menambah cita rasanya Kamu bisa mengoleskan bumbu bacem manis pada makanan ini.

Saat gigitan pertama ada rasa sedikit pedas dan kenyal dari kerang, tentu rasa sedikit pedas dan manis serta kenyal dari kerang tersebut akan membuat makanan ini terasa lebih nikmat.

Kapusu

bubur kapusu khas kendari
Bubur Kapusu Khas Kendari – via tokopedia.com

Makanan khas Kendari lainnya adalah kapusu yang terbuat dari jagung dan kacang merah, rasanya sendiri manis dan gurih.

Bubur khas Sulawesi Tenggara ini terasa sangat lembut dan sangat nikmat disantap sebagai menu sarapan maupun untuk menemani malammu di Kendari.

Bubur jagung ini sangat mudah Kamu jumpai, dan saat mencicipinya pasti akan memberimu pengalaman kuliner yang sulit untuk dilupakan.

Kasoami

kasoami khas kendari
Kasoami Khas Kendari – via kaskus.co.id

Kasoami adalah makanan tradisional khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ubi, walaupun bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, namun ada yang spesial di wilayah Wakatobi.

Ubi yang berada di Wakatobi harus melewati beberapa tahapan agar ubi yang digunakan dalam makanan ini tidak beracun.

Kasoami sangat nikmat disantap bersama ikan asin, namun bisa juga dihidangkan dengan ikan bakar, ikan kuah asam, maupun olahan lainnya sesuai dengan selera Kamu.

Pisang Epe

pisang epe kuliner kendari
Pisang Epe Khas Sulawesi Tenggara (Sultra) – via dewo.wordpress.com

Kuliner yang wajib Kamu coba selanjutnya adalah pisang epe, dari namanya saja pasti sudah bisa menebak kan bahan dasar makanan ini.

Pisang epe ini menggunakan pisang kepok yang kemudian dibakar setengah matang lalu dipipihkan. Setelah itu, pisang kembali dibakar dan dihidangkan bersama gula merah cair. Tidak usah ditanya, rasanya manis dan nikmat.

Saat ini pisang epe dijual dengan berbagai varian rasa, bahkan ada juga loh pisang epe dengan rasa buah durian.

Namun jika ingin merasakan otentiknya pisang epe khas Kendari, wajib untuk mencicip ras originalnya dulu.

Kue Karasi

kue karasi oleh oleh kendari
Kue Karasi Khas Kendari – via putratravel.net

Mungkin Kamu merasa cukup asing dengan nama makanan ini, namun pasti kenal dong dengan nama kue rambut atau kue jala? Nah, sekilas karasi mirip dengan kedua kue tersebut.

Rasanya manis dan lembut, cocok sekali sebagai camilan pendamping teh atau kopi.

Kue ini terbuat dari tepung beras, sedikit garam, gula, tepung terigu, dan vanili untuk menambah aroma. Karasi dapat ditemukan dengan mudah di kota Kendari, bahkan kue ini masuk juga sebagai salah satu oleh oleh khas Kendari.

Pembuatan kue ini pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun kelezatannya sangat susah ditemukan pada makanan atau kue lainnya.

Olahan Kacang Mete

olahan kacang mete khas kendari
Olahan Kacang Mete Sebagai Oleh-oleh Khas Kendari – via citilink.com

Selain makanannya yang enak-enak, Kendari juga memproduksi berbagai makanan dengan bahan dasar kacang mete.

Biasanya olahan kacang mete ini dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas kendari yang dibawa oleh para wisatawan untuk keluarga di rumah.

Ada banyak olahan kacang mete yang dijual di Kendari, seperti keripik mete, coklat kacang mete, bolu, brownies, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jus Patikala Minuman Khas Kendari

jus patikala khas kendari
Minuman Jus Patikala Khas Kendari – via 7terbaik.com

Setelah menyantap berbagai hidangan kuliner khas Kendari, tentu tidak lengkap rasanya tanpa mencoba minuman khasnya. Jus patikala adalah salah satu minuman khas Kendari yang wajib Kamu cicipi.

Minuman ini berasal dari buah patikala yang memiliki khasiat untuk mengontrol kolesterol dan membantu menjaga berat badan. Cocok nih untuk Kamu yang sedang menjalani program diet.

Buah Patikala ini berasal dari daerah Kolaka dan rasanya cenderung kecut tapi tidak pekat. Ketika dibuat jus, maka rasanya lumayan asam tetapi sangat menyegarkan bagi tubuh.

 

Itulah beberapa hal mengenai Kota Kendari, dengan kekayaan budaya, alam, hingga kuliner khasnya tidak mengherankan lagi jika kota ini memang layak untuk dikunjungi.

Buat Kamu yang masih mager di rumah saja, masa sih tidak penasaran dengan kecantikan ibu kota Sulawesi Tenggara ini?

Yuk siapkan mentalmu, siapkan kesehatanmu, rencanakan perjalananmu, ambil ranselmu dan mulailah berpetualang di Kota Kendari.

Kalau kamu ngaku anak kuliner tidak pas rasanya kalau belum pernah mencoba nikmatnya makanan khas Kendari.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *