ikan kuah asam flores
Makanan Khas

Makanan Khas Flores

Flores adalah provinsi yang letaknya berada di kawasan timur Indonesia yang akhir-akhir ini semakin terdengar dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Apalagi alasannya kalau bukan alamnya yang menawan. Salah satu destinasi wisata yang dimilikinya adalah Pulau Komodo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat.

Objek wisata ini bahkan telah masuk ke dalam salah satu Situs Warisan Dunia dan Cagar Biosfer UNESCO.

Daya tarik utama dari tempat ini selain pemandangan alamnya yang cantik adalah adanya komodo yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia, dan merupakan salah satu spesies  hewan purba yang mampu hidup hingga saat ini.

Komodo hanya bisa dijumpai di Pulau Komodo dan beberapa pulau lain di Kabupaten Manggarai Barat. Taman Nasional Komodo juga berhasil masuk ke dalam Tujuh Keajiban Alam baru loh.

Selain Pulau Komodo, Flores juga memiliki deretan pantai cantik yang sayang untuk dilewatkan, contohnya saja Pink Beach.

Di pantai ini Kamu tidak akan berjumpa dengan pasir putih, namun pantai dengan pasir berwarna merah muda yang berpadu dengan biru dan jernihnya air laut.

Pantai pink ini juga salah satu dari tujuh pantai berpasir pink di dunia, menarik dan unik sekali ya.

Namun jalan-jalan tentu tidak pas jika tidak mencicip makanan khasnya bukan? Nah, di bawah ini Foodnesia.Net akan membahas kuliner khas Flores yang wajib Kamu cicipi ketika bertandang ke tempat yang eksotis ini.

Indonesia memang terkenal dengan gudangnya makanan yang mampu membuat lidah tidak mau berhenti bergoyang.

Makanan khas Flores berikut ini pun juga tak kalah lezat dan memanjakan lidah loh bahkan siap untuk membuatmu ketagihan dengan rasaya yang unik dan jarang bisa dijumpai di daerah lainnya.

Langsung saja simak yuk daftarnya di bawah ini.

10 Rekomendasi Makanan Khas Flores NTT yang Lagi Hits

Jagung Catemak Flores

jagung catemak khas flores
Jagung Catemak Khas Flores – via merahputih.com

Makanan khas Flores Manggarai yang satu ini memiliki bahan dasar jagung yang ditambahkan dengan labu lilin dan kacang hijau.

Melihat bahan yang digunakan, pasti Kamu akan mengira masakan ini memiliki rasa manis dan cocok disantap ketika cuaca sedang terik.

Namun, ternyata jagung catemak ini memiliki citarasa asin dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Ikan Kuah Asam

ikan kuah asam flores
Ikan Kuah Asam Khas Flores – via beritagar.id

Ingin mencari makanan khas Flores yang berkuah segar dan cocok dinikmati setelah berpanas-panasan di pantai sekitar Labuan Bajo? Ikan kuah asam ini sangat cocok untuk Kamu nikmati.

Dengan rasanya yang asam dan daging ikan segar yang digunakan dalam masakan ini membuat tubuh kembali fresh dan cukup untuk memberi energi sebelum memutuskan untuk kembali jalan-jalan atau berkunjung ke tempat wisata lainnya.

Jagung Bose

jagung bose khas flores
Jagung Bose Makanan Khas Flores – via labuanbajotour.com

Makanan ini adalah bubur jagung khas Flores, yang memiliki bahan utama sesuai dengan namanya, yaitu jagung yang diolah bersama santan, kacang merah, dan kacang tanah.

Makanan khas Flores ini biasanya disajikan bersama ikan bakar atau se’i. Makanan ini umum dijadikan sebagai menu sarapan atau makan malam, makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

Se’i Sapi Khas Flores

sei sapi khas flores
Se’i Daging Asap Khas Flores – via travel.tribunnews.com

Merupakan salah satu makanan khas Flores Ende yang terbuat dari daging asap, umumnya terbuat dari daging sapi atau daging babi. Dalam proses pembuatannya daging akan diawetkan melalui proses pengasapan.

Setelah diasapi, barulah se’i akan dimasak dengan cara menggorengnya atau bisa juga ditumis dengan bunga pepaya.

Ohu Ai Pungan

makanan khas flores
Ohu Ai Pungan Khas Maumere Flores – via fimela.com

Adalah makanan khas Maumere yang terbuat dari ubi kayu kering yang ditumbuk dan dicampur dengan kelapa parut, garam, dan ikan teri kering.

Rasanya yang gurih dan asin membuat siapapun yang mencobanya pasti merasa ketagihan.

Sebetulnya makanan khas ini tidak saja bisa dijumpai di Maumere, dan merupakan makanan tradisional Kabupaten Sikka khususnya etnis Sikka Krowe dan Muhang Tana Ai.

Rumpu Rampe Khas Flores

rumpu rampe flores
Rumpu Rampe Khas Flores – via pesona.travel

Selain terkenal dengan makanan berbahan dasar jagung, Flores juga memiliki rumpu rampe yang terbuat dari daun ubi dan daun pepaya.

Makanan ini banyak dijumpai di Maumere yang biasanya dihidangkan bersama ikan bakar.

Rasa khas dari daun pepaya yang berpadu dengan gurihnya ikan bakar menjadi sajian yang pas untuk memanjakan lidah. Yakin tidak mau mencicipi rasanya?

Kolo Makanan Khas Flores

kolo makanan flores
Makanan Kolo Khas Flores – via joyfulljourney.net

Kolo adalah makanan khas Flores lainnya yang wajib untuk Kamu cicipi, makanan ini berupa nasi bakar yang dimasak dalam sebilah bambu.

Bambu yang digunakan pun tidak sembarangan loh, karena kolo hanya dimasak dalam bambu muda dengan panjang sekitar 30 sentimeter.

Makanan ini juga biasanya disajikan pada upacara adat dan dinikmati dengan berbagai macam lauk. Terbayang kan gimana lembut dan khasnya nasi bakar ini?

Bukan saja makanan khas Flores, di sini Kamu juga akan menjumpai minuman khas Flores yang bernama moke. Minuman ini dianggap sebagai simbol persahabatan dan keramahan bagi masyarakat Flores.

Terbuat dari sari bunga aren yang disuling dan diproses dengan teknik tradisional, ada dua jenis moke yaitu moke putih dan moke hitam.

Moke putih terbuat dari sari bunga aren yang disadap, sedangkan moke hitam telah mengalami penyulingan lebih lanjut sehingga meningkatkan kandungan alkohol dan mengubahnya menjadi minuman keras.

Selain makanan khas Flores dan minumannya, berwisata tentu tidak akan lengkap tanpa membeli oleh-oleh bukan? Nah, berikut ini ada oleh oleh khas Flores yang wajib Kamu bawa pulang setelah puas berwisata di Flores.

Madu Hutan Flores

madu hutan flores
Panen Madu Hutan Flores – via travel.kompas.com

Setiap kabupaten atau kota di Flores dikenal sebagai penghasil madu hutan loh. Madu hutan di sini dijual dengan harga 75.000 rupiah untuk 350 mili liternya.

Kamu bisa membelinya langsung di desa-desa atau sentra oleh-oleh. Madu khas Flores juga terkenal dengan cita rasanya yang khas dan berbeda dengan jenis madu dari daerah lainnya.

Jagung Titi Oleh-oleh Flores

jagung titi cemilah khas flores
Cemilan Jagung Titi yang Bisa dijadikan Oleh-oleh – via tajukflores.com

Flores memang memiliki curah hujan yang kurang, namun bukan berarti jagung tidak bisa tumbuh. Karena kondisi geografis dan alamnya yang berbeda dengan wilayah Indonesia barat, jagung yang tumbuh di Flores memiiki rasa yang berbeda.

Jagung di Flores memiliki rasa gurih dan kering, sehingga biasanya diolah menjadi jagung titi yang merupakan sejenis keripik jagung.

Oleh-oleh unik khas Flores ini bisa digoreng terlebih dahulu dan rasanya cukup lezat tanpa dibumbui sekalipun. Kamu tertarik untuk membelinya?

Kopi Bajawa Flores

kopi bajawa flores
Kopi Bajawa Flores – via mpigkopibajawa.com

Oleh-oleh lain yang bisa Kamu beli adalah kopi bajawa, kopi ini tidak saja terkenal di Indonesia, tapi juga dunia.

Jika Kamu berkunjung ke Flores, jangan sampai lupa untuk membelinya ya, bahkan katanya kopi bajawa sering digunakan oleh merk kopi terkenal loh.

 

Setelah mengulan mengenai makanan khas flores hingga oleh-olehnya, yakin nih masih mau melewatkan liburan di Flores? Biar tidak semakin penasaran, langsung saja yuk lihat jadwal keberangkatan dan cek jadwal liburanmu.

Sayang kan kalau Cuma menikmati keindahan Flores dari gambar saja tanpa pernah mengunjunginya langsung?

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *