mie celor jambi
Makanan Khas

Makanan Khas Jambi

Makanan khas Jambi di bawah ini sangat populer kelezatannya dan menjadi favorit hampir semua orang.

Selain sebagai sebuah kota, Jambi juga merupakan salah satu dari sekian banyak provinsi yang ada di Indonesia.

Kota ini dibelah menjadi dua oleh sungai Batanghari sehingga untuk menghubungkannya, masyarakat menggunakan jembatan yang bernama Aur Duri.

Seperti banyak dari daerah lain di Indonesia, Jambi juga memiliki destinasi wisata yang melimpah ruah.

Jambi menawarkan wisata alam yang dikelola begitu baik sehingga banyak sekali wisatawan yang mengunjunginya.

Di antara destinasi wisata paling populer di Jambi yang bisa kamu coba misalnya saja Tugu Juang dan Gentala Arasi.

Selain memiliki pariwisata unggulan dan memiliki daya pikat yang tinggi, Jambi juga kaya akan makanan khas yang lezat dan menggiurkan.

Banyak sekali makanan khas kota ini yang populer kelezatannya dan disukai oleh banyak orang.

Oleh karena itu di bawah ini akan kami ulas makanan khas Jambi mana saja yang populer dan terfavorit yang wajib kamu coba.

11 Rekomendasi Makanan Khas Jambi yang Paling Hits dan Wajib Dicoba!

Tempoyak

tempoyak tradisional jambi
Tempoyak Makanan Khas Jambi – via instagram: @pipitprajitno

Apakah kamu sangat suka buah durian? Kabar baik buat kamu karena Jambi memiliki sajian kuliner unik yang beradal dari buah durian.

Kamu tentu saja paham kalau buah durian biasanya dijadikan bahan minuman yang lezat dan menyegarkan.

Namun Jambi memiliki kreativitas sendiri yaitu dengan menjadikan buah ini sebagai bahan utama makanan yang lezat dan khas yang biasa disebut Tempoyak.

Tempoyak adalah makanan yang bisa dijadikan lauk untuk menemani santap nasi putih yang hangat dan mengepul. Makanan khas Jambi ini terbuat dari durian yang sudah terfermentasi.

Cara membuatnya juga mudah, kamu hanya butuh daging buah durian dan garam secukupnya. Selanjutnya daging buah durian tersebut disimpan dalam toples kedap udara dengan rapat.

Terkadang tempoyak juga biasa dihidangkan dengan ikan, namun rasanya tetap akan lezat dan menggoda meskipun tanpa bahan lainnya.

Makanan ini memang cocok dijadikan lauk yang unik karena rasa asamnya dan aroma duriannya yang khas. Jadi jika kamu kebetulan sedang di Jambi untuk urusan apapaun, jangan lupa untuk menikmati tempoyak ya.

Nama tempat: Temphoyac – Pusat Oleh-oleh Khas Jambi

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No. 18, Tambak Sari, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

Harga: Satu botol tempoyak biasanya dihargai sekitar Rp 30 ribu.

Kue Srikaya

kue srikaya khas jambi
Kue Srikaya Tradisional Khas Jambi – via instagram: @pandana_pandana

Kuliner khas Jambi yang populer dan terfavorit berikutnya adalah Kue Srikaya yang memiliki bau yang begitu harum dan menggugah nafsu makan.

Kue Srikaya merupakan kue legendaris milik Jambi yang harus kamu coba sekali seumur hidup ketika sedang berkunjung ke sana.

Kue ini memang tidak bisa kamu temukan di daerah lain, kalaupun ada pasti rasanya akan berbeda dan tidak selezat di Jambi.

Kue Srikaya adalah kue tradisional Jambi yang memiliki aroma khas dan berwarna hijau lumut. Kue ini juga terbuat dari dari adonan tape dan santan.

Warnanya yang hijau lumut berkat campuran daun pandan di dalamnya. Jadi wajar sekali jika kue ini memiliki bau yang harum dan menggoda khas pandan.

Terus di mana srikayanya? Harus kamu tahu bahwa nama srikaya dalam kue ini cuma tempelan saja.

Namun jangan khawatir, meski namanya tidak sesuai, makanan khas Jambi ini tetap nikmat dan lezat plus beraroma menggiurkan.

Jadi ketika kamu sedang berada di Jambi, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh untuk membeli kue populer favorit semua orang ini.

Nama tempat: Nikmat Batanghari (Cake dan Oleh-oleh Jambi)

Alamat: Jalan Hayam Wuruk No. 15, Cempaka Putih, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

Harga: Satu wadah Kue Srikaya biasanya dihargai sekitar Rp 10-40 ribu saja.

Gulai Tepek Ikan

gulai tepek ikan kuliner khas jambi
Gulai Tepek Ikan Khas Jambi – via instagram: @onik.printing

Makanan khas Jambi paling populer dan menjadi favorit semua orang adalah Gulai Tepek Ikan yang dianggap sakral.

Kenapa makanan ini dianggap sakral? Ya karena berbeda dengan makanan lain yang mudah ditemukan dimanapun, Gulai Tepek Ikan hanya bisa ditemukan pada acara tertentu. Misalnya saja pada acara adat, pernikahan dan acara sejenisnya.

Jadi untuk merasakan kelezatan menu ini kamu harus berharap bahwa kedatanganmu ke Jambi bertepatan dengan acara adat dan hajatan lainnya.

Karena jika tidak, kamu tidak akan menemukan makanan khas ini dimanapun. Bisa sih jika kamu ingin membuatnya sendiri, namun tentu saja rasa dan aromanya akan berbeda bukan?

Kuliner Jambi ini hampir mirip dengan gulai ikan pada umumnya. Bedanya dengan gulai ikan yang lain adalah bahan utama yaitu ikan gabus.

Ikan ini memang kaya akan gizi dan nutrisi sehat untuk tubuh manusia dan pastinya juga memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Jadi jika ingin merasakan makanan sakral ini langsung saja berlibur ke Jambi.

Dodol Nanas

dodol nanas cemilan khas jambi
Dodol Nanas Khas Jambi – via instagram: @engzhou

Makanan khas Jambi yang populer dan terfavorit berikutnya adalah Dodol Nanas yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Buah Nanas memang menjadi komoditi paling unggul dari Jambi, jadi tidak mengherankan kalau Jambi merupakan sentra produksi nanas yang terkenal di Indonesia.

Karena nanas begitu mudah didapat, maka warga Jambi berinovasi dengan memproduksi Dodol Nanas.

Jadi bisa dibilang, makanan ini juga berperan dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat Jambi. Makanan ini cocok dijadikan camilan manis dan bisa dihidangkan kapan saja.

Jadi ketika kamu akan pulang dari Jambi, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh untuk membeli Dodol Nanas khas Jambi yang tidak ada duanya.

Nama tempat: Sentra perkebunan nanas

Alamat: Tangkit, Kab. Muarojambi

Harga: Satu kotak Dodol Nanas biasanya dihargai sekitar Rp 22 ribu.

Dodol Kentang Kerinci

dodol kentang kerinci khas jambi
Dodol Kentang Kerinci Oleh-oleh Khas Jambi – via instagram: @arlindanreza

Makanan khas Jambi paling populer dan menjadi favorit semua orang berikutnya adalah Dodol Kentang Kerinci.

Pernah dengan Gunung Kerinci? Kalau sudah, dodol ini memang ada hubungannya dengan Gunung Kerinci yang ada di Jambi.

Nah, di kaki Gunung Kerinci inilah terdapat perkebunan luas yang ditanami kentang yang memiliki kualitas yang baik.

Sama seperti inovasi masyarakat yang ingin menjual nanas dengan cara menjadikannya Dodol Nanas, begitu juga dengan Dodol Kentang Kerinci ini.

Mereka hanya ingin kentang bisa dinikmati dengan cara yang berada, bukan hanya di disayur saja. Namun bagaimana sih rasanya? Jangan khawatir, dodol kentang yang hanya ada di Jambi ini begitu lezat dan nikmat.

Betapa tidak, makanan khas Jambi ini memang memiliki banyak varian rasa yang mana menambah daya pikat dari makanan khas milik Jambi ini.

Varian rasa tersebut di antaranya adalah rasa gula merah, nanas, durian hingga stroberi. Penasarankan kan bagaimana rasanya? Jadi jangan pulang dari Jambi kalau belum membeli Dodol Kentang Kerinci yang luar biasa ini.

Dodol Kentang Kerinci paling enak bisa kamu dapatkan langsung dari tempatnya, yaitu di pusat oleh-oleh yang ada di kaki Gunung Kerinci. Dodol Kentang Kerinci biasanya dihargai mulai dari Rp 10 ribu saja.

Gandus Jajanan Khas Jambi

gandus khas jambi
Kue Gandus Makanan Khas Jambi – via instagram: @jennynovembria

Makanan khas Jambi yang populer dan wajib kamu coba berikutnya adalah Gandus, yang mana juga merupakan jajanan khas Jambi.

Kue Gandus ini merupakan salah satu ragam kue yang populer yang dimiliki oleh Jambi. Tidak pas rasanya jika ke Jambi dan tidak membeli kue legendaris ini.

Kue ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika kamu pernah dengar yang namanya talem ebi yang berwarna putih susu dan bulat, begitulah bentuk dan warna Gandus.

Gandus terbuat dari adonan tepung beras, sagu, garam dan santan kemudian dikukus hingga matang.

Kue khas Jambi ini memiliki tekstur yang kenyal serta halus, yang mana menambah kelezatan dari makanan ini.

Menariknya lagi, makanan khas Jambi ini memiliki tambahan topping, pastiya semakin enak bukan? Topping gandus berupa ebi sangrai, irisan cabai, daun selederi hingga bawang goreng.

Selain itu topping juga bisa berupa daging giling dan abon ikan. Dijamin akan banyak rasa yang bisa kamu dapatkan dari kue khas Jambi ini. Jadi jangan lupa ya, ketika ke Jambi kamu harus beli Gandus!

Salah satu tempat yang menjual Gandus paling enak adalah SAIMEN Bakery and Resto

Nama tempat: SAIMEN Bakery and Resto

Alamat: Jl. Raden Mattaher No. 51-54, Sungai Asam, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi.

Harga: Satu buah Gandus biasanya dibanderol sekitar Rp 5-10 ribu.

Sup Tulang

kuliner jambi sup tulang
Sup Tulang Kuliner Berkuah Khas Jambi – via instagram: @mariamdgnorhayati

Makanan khas Jambi yang populer dan menjadi favorit semua orang berikutnya adalah Sup Tulang. Jika kamu pernah merasakan sup iga, maka begitulah cita rasa dari Sup Tulang.

Meskipun begitu Sup Tulang khas Jambi ini memiliki cita rasa tersendiri karena gurihnya yang begitu khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Makanya makanan ini selalu diburu setiap wisatawan yang datang ke Jambi.

Sup Tulang merupakan sajian khas Jambi yang berasal dari tulang daging sapi. Terus apa enaknya makan kuah sama tulang doang? Jangan khawatir, tulang yang dijadikan sup masih ada dagingnya, jadi kamu masih bisa merasakan kelezatan daging sapi yang empuk ditambah kuah lezat yang mengepul panas. Makanan ini tentu saja akan sangat cocok disantap di kala musim hujan.

Sup Tulang paling enak dan lezat bisa kamu temukan di banyak tempat di Jambi, salah satunya adalah di Bambang Sop

Nama tempat: Bambang Sop

Alamat: Jalan Gatot Subroto, Sungai Asam, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi.

Harga: Harga satu porsi Sup Tulang sekitar mulai dari Rp 10 ribu.

Nasi Gemuk Jambi

nasi gemuk khas jambi
Porsi Nasi Gemuk Lengkap Khas Jambi – via instagram: @homya_id

Kuliner khas Sumatera yang berasal dari Jambi dan begitu populer berikutnya adalah Nasi Gemuk. Jangan khawatir, makanan khas Jambi ini tidak akan merusak program diet kamu, asal kamu tidak menghabiskan 5 porsi Nasi Gemuk ya.

Jika  kamu ingin nambah juga tidak masalah sih, wajar saja karena menu andalan Jambi ini memang nikmat dan lezat sekaligus bikin nagih.

Nasi Gemuk adalah nasi yang dikukus bersamaan dengan santan kelapa, kalau di Jawa Nasi Gemuk biasa disebut dengan nasi uduk.

Menu yang terkenal hingga ke mancanegara ini sangat cocok dijadikan menu santap pagi. Banyak pilihan lauk yang bisa kamu pilih untuk menemani Nasi Gemuk ini, misalnya saja telur, daging ayam, tahu, tempe dan lain sebagainya.

Nasi Gemuk paling enak bisa kamu dapatkan di Nasi Gemuk & Lontong Sayur BUNCIOK.

Nama tempat: Nasi Gemuk & Lontong Sayur BUNCIOK

Alamat: Talang Jauh, Jelutung, Jambi City, Jambi.

Harga: Seporsi Nasi Gemuk biasanya dihargai sekitar Rp 4-6 ribu, tergantung lauk yang kamu pilih.

Daging Masak Hitam

daging masak hitam khas jambi
Daging Masak Hitam Khas Jambi – via instagram: @iyanarecipes

Makanan khas Jambi yang populer dan terfavorit berikutnya adalah Daging Masak Hitam, opsi yang cocok kalau kamu penikmat daging.

Menu ini sangat cocok dijadikan teman makan nasi, jadi ketika ke Jambi cobalah sesekali memesan menu olahan daging yang super lezat ini.

Daging Masak Hitam memiliki tampilan mirip dengan semur Betawi. Kuahnya akan berwarna hitam pekat yang terasa manis dan gurih.

Dijamin kamu akan ketagihan karena tekstur dagingnya begitu lembut jadi tidak akan alot dan bikin sakit gigi.

Bumbu rempahnya juga sangat teresap daging yang pasti akan memberikanmu pengalaman menyantap olahan daging yang sama sekali berbeda.

Daging Masak Hitam paling enak salah satunya bisa kamu temukan di tempat makan Kajang Langko.

Nama tempat: Kajang Langko

Alamat: Haryono, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi.

Harga: Harga satu porsi Daging Masak Hitam biasanya berkisar antara Rp 10-20 ribu.

Jus Buah Pinang

jusa pinang minuman khas jambi
Jus Buah Pinang Minuman Segar Khas Jambi – via instagram: @malakeke_78

Jus Pinang adalah minuman khas Jambi yang wajib kamu coba. Selain memiliki makanan khas Jambi, kota ini juga memiliki sajian minuman khas yang tidak kalah populer, salah satunya adalah Jus Pinang.

Minuman ini bagi masyarakat setempat dianggap sebagai minuman andalan. Maksudnya minuman ini dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah dan lainnya.

Jus Pinang dibuat dari beberapa campuran bahan dasar, yaitu buah pinang, jahe merah, cengkeh, gula merah, pandan, serai dan madu.

Bahan-bahan tersebut kemudian diblender hingga halus dan disajikan terbaik dalam keadaan hangat. Jadi setelah kamu menyantap kuliner khas Jambi jangan lupa minumnya Jus Pinang ya.

Jus Pinang dapat kamu temukan hampir di semua tempat jus yang ada di Jambi. Segelas Jus Pinang biasanya dihargai sekitar Rp 5-10 ribu.

Baca Juga:

Mie Celor Khas Jambi

mie celor khas jambi
Mie Celor Khas Jambi Enak – via instagram: @yantiliaw

Makanan khas muaro Jambi yang populer berikutnya adalah Mie Celor. Makanan khas Jambi ini terbuat dari adonan tepung terigu dan campuran sayur, sebagaimana yang sering kamu saksikan di tauge dan sop.

Di daerah lain, makanan ini hampir mirip dengan mie ayam, oleh karena itu dapat dengan mudah ditemukan di warung-warung makan yang ada di Jambi.

Salah satu yang khas dari Mie Celor Jambi dibandingkan dengan Mie Celor daerah lain adalah aroma rempahnya yang kuat dan kuahnya yang tidak terlalu kental.

Sedangkan Mie Celor Padang dan Mie Celor Palembang memiliki kepekatan kuah yang lebih. Apapun itu, jika kamu sedang berada di Jambi, jangan lupa ya merasakan kelezatan dari Mie Celor Jambi ini.

Salah satu lokasi yang menjual Mie Celor paling enak adalah gerai Mie Celor Mang Yayan.

Nama tempat: Gerai Mie Celor Mang Yayan

Alamat: Jalan Putri Pinang Masak No.19 Ps, Ps. Jambi, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi.

Harga: Satu porsi Mie Celor biasanya dihargai sekitar Rp 10-15 ribu.

Demikianlah ulasan tentang makanan khas Jambi paling populer dan terfavorit yang wajib kamu coba.

Semoga tulisan ini bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu sedang berlibur ke Kota Jambi. Selamat Mencoba!

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *