Makanan Khas

Makanan Khas Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang juga sering dijuluki dengan kota udang. Selain itu, Cirebon juga memiliki banyak kuliner lezat berupa makanan khas Cirebon yang sangat menggugah selera.

Kuliner Cirebon memang sudah sangat terkenal dan tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Kota yang berada di daerah pantai utara Jawa ini menyajikan kelezatan pada setiap makanannya dengan cita rasa yang unik dan khas.

Jika kamu adalah seorang penggemar kuliner apalagi kuliner lokal, maka wajib banget mencicipi satu per satu makanan khas Cirebon berikut ini.

Docang Khas Cirebon

docang makanan khas cirebon
Docang Makanan Khas Cirebon – via Instagram: @myfoodstory2016

Apakah Kamu pernah mendengar nama makanan ini? Docang sekilas mirip dengan kuliner khas Bogor yang disebut Doclang. Bahkan komponen untuk makanan ini juga hampir sama karena sama-sama menggunakan lontong.

Namun docang tetap saja berbeda dengan doclang karena bumbu yang digunakan dan cara penyajiannya tidak sama.

Jika doclang disiram dengan saus kacang saat penyajiannya, docang dibumbui sayur oncom yang dicampur dengan bungkil kacang tanah dan tambahan kelapa parut. Komponen docang biasanya berupa lontong, tauge, daun singkong, parutan kelapa, dan kerupuk.

Jika Kamu ingin mencoba docang, cobalah Docang Ibu Kapsa. Makanan ini memiliki kuah yang pekat. Warung makan ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 10 pagi sehingga selalu dipadati oleh para pelanggan.

Nama rekomendasi tempat: Docang Ibu Kapsah

Alamat: Jalan Siliwangi Nomor 77

Harga: mulai dari Rp 7 ribu per porsi

Empal Gentong

empal gentong kuliner khas cirebon
Empal Gentong Kuliner Khas Cirebon – via Instagram: @lia_geol

Ini mungkin merupakan salah satu kuliner Cirebon yang sudah sangat terkenal di Jawa Barat hingga ke berbagai daerah lain. Ciri khas dari kuliner ini adalah penyajiannya yang menggunakan kuali dari tanah liat.

Empal gentong terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dimasak hingga empuk. Proses memasak sajian ini memerlukan waktu sekitar 5 jam.

Citarasa kuah yang gurih berpadu dengan daging sapi yang lembut tentu menjadikan kuliner ini begitu nikmat. Selain itu dalam penyajiannya, empal gentong biasanya juga ditambah dengan jeroan sapi seperti babat, iso, limpa, dan paru.

Empal gentong yang sangat terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong H. Apud. Warung makan tersebut tidak hanya menyajikan sajian empal gentong yang lezat tetapi juga tempat makannya luas dan bersih dengan pendingin ruangan.

Empal gentong di sana memiliki kuah santan kuning dan berminyak dengan rasa yang kompleks. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi sampai pukul 9 malam atau sampai habis.

Nama rekomendasi tempat: Empal Gentong H. Apud

Alamat: Jalan Djuanda No 24, Battenbat, Tengah Tani, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 22 ribu per porsi

Mie Koclok Cirebon

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Info Kuliner Indonesia (@foodnesianet) on

Bagi Kamu yang menyukai hidangan dari bahan dasar mie, makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Ini adalah salah satu kuliner legendaris Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1945.

Makanan ini berupa mie yang disajikan dengan irisan telur, ayam suwir, tauge, dan taburan daun bawang. Sementara itu kuah kentalnya berwarna putih dengan citarasa gurih sehingga memperkaya rasa makanan.

Salah satu tempat terkenal di Cirebon untuk menikmati mie koclok adalah Mie Koclok Panjunan. Lokasinya strtaegis di pusat kota.

Tempat yang satu ini cukup legendaris dan terkenal, sehingga dijamin Kamu akan mendapatkan rasa mie koclok yang khas.

Nama rekomendasi tempat: Mie Koclok Panjunan

Alamat: Jalan Lawang Gada Nomor 23, Pulasaren, Pekalipan, Cirebun

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Nasi Jamblang

nasi jamblang makanan khas cirebon
Nasi Jamblang Khas Cirebon – via Instagram: @mgdalenaf

Selain empal gentong, Cirebon juga memiliki kuliner lezat bernama nasi jamblang. Makanan khas Cirebon nasi jamblang sudah ada sejak jaman Belanda. Nasi jamblang itu sendiri adalah nasi bungkus yang dimakan dengan aneka lauk seperti telur dadar, tempe, sambal, dll.

Ciri khas sajian ini adalah menggunakan alas daun jati yang semakin memberikan sensasi sedap pada makanan ini.

Tempat terkenal di Cirebon untuk menikmati nasi jamblang adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Kedai ini menyediakan aneka lauk yang disajikan secara prasmanan mulai dari sate usus, daging sapi, tauco, dan masih banyak lagi.

Nasi bungkus daun jati tersebut juga enak disantap dengan sambal. Kedai dengan variasi hingga 40 jenis menu ini buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 11 malam.

Nama rekomendasi tempat: Nasi Jamblang Ibu Nur

Alamat: Jalan Cangkring 2 Nomor 45, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 1 ribu – Rp 15 ribu per item

Nasi Lengko

nasi lengko khas cirebon
Nasi Lengko Kuliner Khas Cirebon – via Instagram: @ekaratedr

Selain memiliki sajian khas berupa nasi jamblang, Cirebon juga memiliki kuliner sejenis bernama nasi lengko yang terdiri dari  nasi yang disajikan bersama potongan tahu, tempe, tauge, timun, seledri, dan bawang merah goreng.

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang gurih.

Jika Kamu ingin menikmati kelezatan sajian nasi lengko, datanglah ke Nasi Lengko H. Barno. Warung makan ini konsisten menyajikan nasi lengko yang lezat sejak tahun 1968.

Warung ini buka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 9 malam.

Nama rekomendasi tempat: Nasi Lengko H. Barno

Alamat: Jalan Pagongan Nomor 15 B, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

Empal Asem

empal asem cirebon
Empal Asem Khas Cirebon – via Instagram: @cicikokokulineran

Jika sudah mencoba empal gentong, jangan lupa untuk mencicipi hidangan ini. Empal asem memiliki citarasa gurih dan lebih segar dibandingkan empal gentong. Isiannya berupa daging dan babat.

Jika Kamu suka pedas, tambahkan sambal agar citarasanya semakin kaya. Kuah asam pada makanan ini terasa ringan seperti sayur asam karena sama-sama menggunakan belimbing wuluh.

Untuk menikmati empal asam yang lezat di Cirebon, Kamu juga bisa menyantapnya di Empal Gentong H Apud.

Walaupun menu andalan di sana adalah empal gentong, RM H. Apud juga menyajikan empal asem untuk pelanggan yang tidak menyukai santan atau menghindari makanan yang terlalu berkolesterol.

Nama rekomendasi tempat: Empal Gentong H. Apud

Alamat: Jalan Ir. H. Juanda Nomor 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon

Harga: Rp 23 ribu per porsi empal asam

Sate Kalong Cirebon

sate kalong kerbau khas cirebon
Sate Kalong Kerbau Cirebon – via Instagram: @tukangjajanid

Ketika mendengar nama makanan ini, Kamu mungkin akan beranggapan bahwa bahan dasar makanan ini terbuat dari kalong atau kelelawar. Sebenarnya makanan ini dinamai sate kalong karena penjualannya dilakukan di malam hari.

Untuk bahan dasarnya, sate kalong menggunakan daging kerbau sehingga memberikan citarasa yang unik khas daging kerbau.

Selain daging kerbau, sate kalong saat ini juga ada yang terbuat dari daging sapi. Jika penasaran dengan citarasa sate ini, Kamu bisa membeli Sate Kalong Sujana.

Sate kalong hadir dalam 2 varian yaitu rasa manis dan rasa asin. Untuk penyajiannya, sate kalong biasanya ditemani dengan potongan lontong.

Nama rekomendasi tempat: Sate Kalong Sujana

Alamat: Jalan Kesambi Dalem Gang Kota Cirebon

Harga: mulai dari Rp 18 ribu per porsi

Tahu Gejrot Cirebon

tahu gejrot khas cirebon
Tahu Gejrot Kuliner Khas Cirebon – via Instagram: @tahugejrot_bangsotem

Indonesia memang memiliki banyak kuliner lezat dengan olahan dari tahu. Cirebon juga memiliki olahan dari tahu goreng bernama tahu gejrot.

Kamu sendiri mungkin pernah mencoba kuliner yang satu ini di daerah lain selain Cirebon karena makanan ini sudah dikenal cukup luas.

Tahu gejrot dalam penyajiannya diguyur dengan bumbu dari campuran bawang merah, bawang putih, gula merah, dan cabai halus. Jika penasaran dengan tahu gejrot, Kamu bisa dengan mudah menjumpainya di Cirebon.

Salah satu tahu gejrot yang terkenal adalah Tahu Gejrot Kanoman. Tempat ini cukup populer di Cirebon karena ada taburan cabai di atas sajiannya.

Nama rekomendasi tempat: Tahu Gejrot Kanoman

Alamat: toko shinta, Jl. Kanoman No.depan, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat

Harga: mulai dari Rp 7.500,- per porsi isi 10 biji tahu

Rujak Kangkung Cirebon

rujak kangkung khas cirebon
Rujak Kangkung Kuliner Khas Cirebon – via Instagram: @susan_mellyani

Apakah Kamu termasuk pecinta makanan dari bahan sayuran? Jika ya, Kamu bisa mencoba salah satu makanan khas Cirebon ini. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar kangkung.

Kangkung direbus kemudian disiram bumbu rujak yang sudah dicampur terasi udang khas Cirebon. Walaupun makanan ini sekilas mirip plecing kangkung, tetapi rujak kangkung sangat berbeda.

Warna sambal untuk menyiram rujak kangkung berwarna merah, berbeda dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang. Sebagai pendamping rujak kangkung, Kamu bisa menikmatinya dengan kerupuk khas Cirebon.

Tempat terkenal di Cirebon untuk menikmati rujak kangkung adalah Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin.

Nama rekomendasi tempat: Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin

Alamat: Jalan Kandang Perahu Nomor 8, Kesambi, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 5 ribu per porsi

Bubur Sop Ayam

bubur sop ayam cirebon
Bubur Sop Ayam Khas Cirebon – via Instagram: @wancicih

Saat mendengar namanya, mungkin Kamu merasa asing dengan makanan yang satu ini. Bubur sop ayam termasuk salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib dicoba.

Makanan ini berupa bubur yang disiram sop ayam. Namun bubur yang digunakan tidak sama dengan bubur untuk bubur ayam karena lebih menyerupai nasi tim.

Sop ayam untuk menyiram bubur ini terdiri dari ayam suwir, sayur, dan kerupuk. Ada pula tambahan irisan tomat sehingga semakin memperkaya citarasa dari sajian ini.

Bubur sop Cirebon sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Untuk menikmati bubur sop yang lezat, Kamu bisa mencoba Bubur Sop Ayam M. Kapi.

Nama rekomendasi tempat: Bubur Sop Ayam M. Kapi

Alamat: Jalan Tentara Pelajar Nomor 18, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 12 ribu per porsi

Pedesan Entog Cirebon

pedesan entog kuliner cirebon
Pedesan Entog Makanan Khas Cirebon – via Instagram: @tukangjajanid

Entog merupakan salah satu jenis unggas yang mirip bebek tetapi lebih besar. Entog terkenal enak dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai olahan, salah satunya adalah pedesan entog.

Dalam sajian ini, daging entog disiram kuah pedas dan gurih. Kuliner khas Cirebon ini menyuguhkan citarasa yang sangat menggugah selera. Jika Kamu tidak terlalu suka makanan pedas, Kamu bisa pesan pedesan entog yang tidak pedas.

Untuk menikmati pedesan entog yang lezat, cobalah sajian Pedesan Entog Mas Nana di kawasan Megu. Rumah makan ini berdiri sejak tahun 2007. Selain lezat, daging entok di rumah makan ini juga empuk.

Nama rekomendasi tempat: Pedesan Entog Mas Nana

Alamat: Jalan Fatahilla Nomor 80, Blok Kawung, Megu Gede, Weru

Harga: Rp 30 ribu per porsi

Gado Gado Ayam

gado gado ayam khas cirebon
Gado-gado Ayam Khas Cirebon Jawa Barat – via Instagram: @doyankuliner

Cirebon memiliki sajian khas variasi gado-gado yang cukup unik karena ditambahkan gulai kari ayam. Mungkin belum banyak orang yang mencari makanan ini karena kebanyakan wisatawan mencari nasi lengko, nasi jamblang, dan empal gentong.

Gado gado ayam terdiri dari potongan lontong, telur, tauge, kentang, timun, tahu, telur, emping, kerupuk, suwiran ayam, dan taburan bawang goreng kemudian disiram kuah kuninh. Kuah yang digunakan adalah kuah gurih.

Salah satu tempat favorit untuk menikmati sajian khas Cirebon ini adalah Gado Gado Hj Tarkanci. Sajian ini cocok untuk menu sarapan.

Jika ingin ke sana, sebaiknya datang pagi-pagi karena biasanya sudah habis sekitar pukul 1 siang saat hari biasa sedangkan saat hari Minggu biasanya sekitar pukul 10 pagi sudah habis.

Nama rekomendasi tempat: Gado Gado Ayam Hj Tarkanci

Alamat: Jalan Kembar Cirebon (seberang rel kereta Stasiun Cirebon)

Harga: mulai dari Rp 20 ribu per porsi

Kerupuk Melarat

kerupuk melarat khas cirebon
Kerupuk Melarat Cemilan Khas Cirebon – via Instagram: @gagayem

Ini juga termasuk salah satu kuliner khas Cirebon yang banyak diburu untuk oleh-oleh. Hal ini karena kerupuk tersebut renyah dan enak. Apalagi kerupuk ini biasanya dinikmati bersama saus kacang pedas.

Bahan dasar kerupuk melarat adalah tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu bawang putih dan garam.

Kerupuk melarat juga sering disebut dengan kerupuk pasir karena dimasak tanpa minyak goreng. Kerupuk tersebut dimasak menggunakan pasir hitam panas.

Kerupuk ini juga hadir dengan aneka warna seperti merah, hijau, kuning, dan putih. Proses memasak tersebut menjadikan kerupuk ini terasa lebih ringan dan kesat.

Karena kerupuk ini banyak dicari untuk oleh-oleh, Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan makanan ini. Kerupuk tersebut biasanya dijual di toko oleh-oleh dengan berbagai macam kemasan.

Yang menarik, kerupuk ini juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga selalu laris manis.

Nama rekomendasi tempat: Kerupuk Melarat Cirebon

Alamat: Sepanjang jalur pantura Tengah Tani, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 10 ribu per bungkus

Tahu Kuningan

tahu kuningan cirebon
Tahu Kuningan – via Instagram: @rmbrawijaya

Ada lagi makanan khas Cirebon dengan bahan tahu yaitu tahu kuningan. Makanan ini memiliki citarasa gurih dan lezat. Tahu kuningan terbuat dari biji kedelai yang sudah melalui proses fermentasi untuk menghasilkan tahu dengan citarasa lezat.

Sekilas, tampilan luarnya mirip dengan tahu Sumedang. Tetapi tahu kuningan isinya lebih padat tetapi tetap terasa lembut.

Makanan ini cocok disantap bersama dengan cabai rawit. Tahu kuningan yang terkenal di Cirebon adalah Tahu Kopeci.

Jika membeli dalam jumlah banyak, tahu tersebut akan dibungkus menggunakan tempat khusus dari anyaman bambu.

Nama rekomendasi tempat: Tahu Kopeci

Alamat: Jalan Kanoman Nomor 20, Pekalipan, Cirebon

Harga: Rp 500,- per biji

Sate Kentang Cirebon

sate kentang cirebon
Sate Kentang Khas Cirebon – via Instagram: @seleramasakanrumah

Cirebon memang memiliki aneka kuliner yang unik. Di sana, ada camilan yang terbuat dari kentang bernama sate kentang. Kentang tersbeut dipotong-potong melingkar panjang kemudian digoreng.

Sebelum digoreng, kentang akan dibumbui terlebih dulu dengan tepung untuk memberikan citarasa lezat saat disantap.

Makanan ini sebenarnya tergolong baru di Cirebon tetapi kepopulerannya sudah dikenal luas oleh masyarakat Cirebon, khususnya di kalangan anak dan remaja.

Sate kentang biasanya disajikan dengan kuah kacang dan saus gula merah sehingga memberikan sensasi pedas manis dan gurih.

Kamu bisa mencicipi sate kentang ini di warung Nasi Jamblang Mang Dul.

Nama rekomendasi tempat: Nasi Jamblang Mang Dul

Alamat: Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo Nomor 8, Pekiringan, Kesambi, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 1 ribu per tusuk

Terasi Cirebon

terasi udang cirebon
Terasi Udang Khas Cirebon – via Instagram: @bumbuchacha

Ini adalah makanan tradisional Cirebon yang juga laris manis untuk oleh oleh khas cirebon. Citarasa yang disuguhkan dari terasi Cirebon tidak bisa tergantikan oleh terasi dari tempat lain.

Terasi Cirebon terbuat dari bahan dasar udang rebon. Terasi tersebut dapat dijadikan sebagai bumbu untuk berbagai macam masakan.

Terasi yang terkenal di Cirebon adalah terasi khas Desa Kanci. Terasi tersebut dibuat oleh para pelaku industri rumahan dan masih menggunakan cara konvensional.

Proses pembuatannya, rebon akan ditumbuk sampai halus dengan sesekali ditambah air. Perlu waktu berjam-jam untuk menumbuk rebon sampai halus.

Terasi tersebut dibentuk seperti gelondongan kemudian dicap lima jari tanpa kemasan yangmewah.

Nama rekomendasi tempat: Terasi Cirebon Desa Kanci

Alamat: Desa Kanci, Astanajapura, Cirebon

Harga: Rp 8 ribu per biji batok (tergantung dari harga rebon)

Gepu Si Combro dari Cirebon

gepu khas cirebon
Gepu, Si Combro dari Cirebon – via Instagram: @poetrydayax

Nama makanan ini mungkin belum terlalu familiar di telinga. Gepu adalah makanan yang terbuat dari singkong.

Sekilas, makanan ini berbentuk seperti bakwan tetapi diberi isian oncom. Camilan ini cocok disantap sore hari sambil minum kopi atau teh.

Gepu banyak dijual di penjual gorengan keliling dan pasar tradisional di Cirebon dengan harga yang terjangkau.

Growolan

growolan khas cirebon
Growolan Khas Cirebon – via diahdidi.com

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah growolan. Ini adalah camilan dari gaplek yang dicampur kelapa parut.

Makanan legendaris ini tetap diminati walaupun sudah ada banyak makanan khas baru yang bermunculan. Hal ini karena growolan memiliki citarasa lezat dan mudah untuk dibuat.

Makanan ini sekarang mudah dijumpai di Cirebon dijajakan oleh pedagang keliling dengan harga yang terjangkau dan di pasar tradisional seperti Pasar Tradisional Kanoman dan Pasar Kramat Cirebon.

Tape Ketan

tape ketan cirebon
Tape Ketan Tradisional Khas Cirebon Jawa Barat – via Instagram: @susie.agung

Tape ketan termasuk salah satu kuliner Indonesia yang sudah populer sejak jaman dulu. Indonesia memiliki banyak ragam tape ketan dengan kekhasan masing-masing di setiap daerah, termasuk Cirebon.

Tape ketan khas Cirebon juga sama-sama terbuat dari beras ketan putih yang difermentasi. Keunikannya adalah bungkus tape yang digunakan adalah daun jambu.

Penggunaan daun jambu sebagai bungkus tape ketan memberikan citarasa masam untuk tape ketan.

Selain rasa manis, adanya sensasi asam juga dapat memperkaya rasa makanan yang satu ini. Tape ketan yang terkenal di Cirebon adalah tape ketan Bakung.

Nama rekomendasi tempat: Tape Bakung

Alamat: Bakung Lor, Jamblang, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 45 ribu per pax (harga tergantung isi per pax)

Gadungan Singkong

gadungan khas cirebon
Gadungan Singkong Khas Cirebon – via Instagram: @bunda_azzam09

Jika Kamu ingin berburu camilan lainnya khas Cirebon. Cobalah cicipi makanan dengan nama gadungan. Makanan ini memiliki citarasa gurih dan lezat.

Gadungan terbuat dari singkong rebus yang dicampur kelapa parut. Masyarakat masih menyukai makanan ini karena rasanya yang lezat dan bikin ketagihan.

Untuk menikmati gadungan, Kamu bisa membelinya di pasar tradisional seperti Pasar Tradisional Kanoman. Jika beruntung, Kamu bisa menjumpai pedagang keliling yang menjual gadungan.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Indramayu
  2. Makanan Khas Bandung
  3. Makanan Khas Ciamis
  4. Makanan Khas Bogor
  5. Makanan Khas Tasikmalaya
  6. Makanan Khas Cianjur
  7. Makanan Khas Sukabumi

Serabi Pulasaren

serabi cirebon
Serabi Pulasaren Cirebon – via Instagram: @zahra_ayuna

Pagi hari sepertinya cocok menyantap makanan hangat berupa serabi. Di Cirebon ada makanan khas berupa Serabi Pulasaren. Serabi ini mirip dengan makanan khas Ciamis yaitu surabi.

Warung serabi yang terletak di jalan Pulasaren ini tersedia dalam berbagai macam varian mulai dari serabi polos hingga serabi dengan topping telur, oncom, atau tauco.

Selain serabi, penjual tersebut juga menyediakan aneka gorengan

Nama rekomendasi tempat: Serabi Pulasaren

Alamat: Jalan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon

Harga: mulai dari Rp 1.500,- per buah

Es Duren 

es duren khas cirebon
Es Duren Khas Cirebon – via Instagram: @nina_epicure

Jika Kamu penggemar durian, ada minuman khas Cirebon yang menggunakan bahan dasar durian yaitu es durian.

Es durian khas Cirebon terdiri dari seporsi daging durian manis dan legit ditambah dengan es krim kemudian diguyur sirup Tjampolay khas Cirebon.

Es Duren Pasar Kanoman adalah tempat populer untuk menikmati minuman khas tersebut

Nama rekomendasi tempat: Es Duren Pasar Kanoman

Alamat: Jalan Pecinan, Lemah Wungkuk

Harga: Rp 15 ribu per porsi

Demikian beberapa makanan khas Cirebon yang wajib dicoba saat berada di kota udang ini. Pastikan Kamu mencobanya satu per satu saat berada di Cirebon untuk menambah pengalaman mencoba makanan khas Jawa Barat.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *