oleh oleh khas trenggalek alen alen
Makanan Khas

Makanan Khas Trenggalek

Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang terkenal akan wisata pasir putihnya. Hal ini karena terletak di daerah pesisir. Selain wisata pasir putih, saat ini kabupaten Trenggalek sedang mengembangkan hutan kota sebagai wisata baru. Pengembangan wisata di kabupaten Trenggalek tentu saja akan meningkatkan wisatawan yang datang.

Liburan ke Trenggalek tentunya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Trenggalek yang bisa bikin kamu ketagihan. Mulai dari resep-resep tradisional peninggalan leluhur hingga kuliner kekinian dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Trenggalek.

Berbagai macam makanan tradisonal, minuman khas, camilan hingga oleh-oleh Trenggalek bisa kamu dapatkan dan nikmati. Lantas, apa saja makanan khas Trenggalek yang dapat kamu nikmati saat main ke sini? Yuk simak selengkapnya tentang kuliner khas Trenggalek yang Melegenda di bawah ini:

Sego Tiwul Trenggalek

nasi tiwul makanan khas trenggalek
Nasi Tiwul Khas Trenggalek – Via: pinterest.se

Sego tiwul atau nasi tiwul merupakan sumber karbohidrat khas dari Trenggalek. Tidak seperti nasi umumnya dari beras, sego tiwul berbahan dasar dari ketela pohon yang direndam kemudian dikeringkan hingga menjadi nasi. Merupakan makanan tradisional dan pengolahannya turun temurun. Sego tiwul merupakan makanan khas Trenggalek yang memiliki cita rasa yang unik dan bikin nagih saat kamu sudah mencobanya.

Sego tiwul bisa dipadukan dengan berbagai macam lauk, misalnya ayam lodho, ikan asin, sambal dan urap. Banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di kabupaten Trenggalek ataupun warung-warung tradisional di pinggir jalan. Harga kuliner ini pun amat murah, yaitu sekitar Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- per porsinya.

Sarabah Khas Trenggalek

minuman khas trenggalek
Minuman Sarabah Khas Trenggalek – Via: meliahotels.com

Sarabah merupakan minuman khas Trenggalek yang patut kamu coba saat melipir ke kabupaten Trenggalek. Sarabah berbahan dasar jahe, gula aren dan susu. Pembuatannya pun cukup sederhana seperti membuat minuman wedang jahe, namun gula putih diganti dengan gula aren dan ditambahkan dengan susu.

Sarabah umumnya diminum pada malam hari, untuk memberi kehangatan ataupun untuk mengembalikan semangat. Aroma yang menenangkan dapat mengembalikan kelelahan setelah seharian bekerja. Biasanya dijual di warung kaki lima yang jualan gorengannya. Harga sarabah per gelasnya yaitu Rp. 5.000,-. Mudah bukan untuk menikmatinya? Jangan lupa minum sarabah saat di Trenggalek.

Sego Gegog Trenggalek

nasi segog makanan trenggalek
Sego Gegog Makanan Khas Trenggalek – Via: idntimes.com

Sego gegog atau sego gegok merupakan salah satu makanan khas Trenggalek yang memiliki penampakan seperti nasi kucing khas Jogja. Seperti namanya, sego gegog atau nasi gegog merupakan makanan yang berisi nasi dengan diberikan sambal teri. Dibungkus dengan daun pisang dengan ukuran kecil-kecil seperti nasi kucing. Berbeda dengan nasi bungkus umumnya, sego gegog diolah dengan mengukusnya setelah dikemas.

Nasi yang setengah matang dibungkus dengan daun pisang, dimana di atasnya diberi sambal terasi dan kadang-kadang serundeng. Kemudian dikukus hingga matang, baru dijual. Makanan khas Trenggalek nasi gegok yang terkenal yaitu di kecamatan Bendungan di Sego Gegong Mbok Tumirah. Harga nasi gegog ini yaitu Rp. 2.500,-. Murah bukan? Kamu bisa menikmati sepuasnya tanpa bikin kantong jebol.

Nasi Goreng Anglo

makanan khas trenggalek nasi goreng anglo
Nasi Goreng Anglo yang Digoreng pakai Arang – Via: fooddloverrss.blogspot.com

Kuliner khas Trenggalek berikutnya yaitu nasi goreng Anglo. Tidak seperti nasi goreng umumnya yang dimasak menggunakan kompor biasa, namun menggunakan arang. Sehingga aroma yang dihasilkan setelah pemasakan memiliki khas tersendiri yang bikin nagih.

Nasi goreng anglo yang merupakan makanan khas Trenggalek ini merupakan nasi goreng mawut. Dimana nasi yang digoreng kemudian diberi tambahan mie dan sayuran pelengkapnya. Nasi goreng anglo ini bisa kamu dapatkan di penjual nasi goreng anglo di dekat stadion Trenggalek. Harga nasi goreng ini terbilang murah dibandingkan nasi goreng umumnya, yaitu hanya Rp. 8.000,-.

Rujak Cingur Trenggalek

rujak cingur makanan khas trenggalek
Rujak CIngur Khas Trenggalek – Via:

Rujak cingur khas Trenggalek ini dilihat sekilas mirip dengan rujak cingur umumnya. Berbahan dasar sayur-sayuran dan tentunya cingur sapi. Selain itu, rujak cingur ini merupakan makanan khas Jawa Timur. Keistimewaan rujak cingur Trenggalek ini yaitu terletak pada racikan bumbunya. Bumbunya ditambahkan petis khas Trenggalek. Kabupaten Trenggalek yang berada di sekitar pesisir ini, memiliki petis yang khas.

Bumbu rujak yang khas inilah yang menjadi daya tarik rujak cingur ini. Saat kamu berada di Trenggalek jangan lupa mampir di rujak cingur Sumber Gedong yang berlokasi di jalan masuk SMPN 5 Trenggalek. Rujak cingur yang merupakan makanan  khas Trenggalek inipun dihargai murah yaitu Rp. 5.000,-

Tahu Lontong Trenggalek

tahu lontong makanan trenggalek
Tahu Lontong Khas Trenggalek – Via: ngalam.co

Siapa sih yang tidak tahu tahu lontong? Makanan sederhana namun kaya rasa ini juga dapat kamu nikmati saat kamu berkunjung ke Trenggalek lho. Racikan tahu yang digoreng dengan balutan telur yang telah dibumbui. Disajikan dengan lontong dan disiram bumbu kacang kemudian diberikan tambahan kecambah, sayuran dan krupuk. Kuliner khas ini tentu akan membuat kamu ketagihan karena rasanya yang bikin nagih.

Untuk bisa mencicipi tahu lontong ini kamu bisa datang ke warungnya yang lokasinya berada di barat Alun-alun Trenggalek. Tidak sulit mencari tempat ini, karena akan selalu ramai pengunjung. Sehingga mudah ditemukan. Untuk dapat menikmati tahu lontong ini kamu cukup mengeluarkan uang Rp. 8.000,-.

Alen-alen Cemilan Khas Trenggalek

oleh oleh khas trenggalek alen alen
Alen-alen Sebagai Oleh-oleh Khas Trenggalek – Via: tokopedia.com

Alen-alen merupakan salah satu oleh oleh Trenggalek yang dapat kamu jadikan oleh-oleh saat main ke Trenggalek. Camilan yang memiliki rasa gurih dan renyah ini terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui dengan bumbu-bumbu rahasia khas masyarakat Trenggalek. Rasanya yang nagih ini akan selalu kurang jika hanya membelinya satu bungkus saja. Sehingga, banyak wisatawan yang memborongnya.

Kurang lengkap jika kamu berkunjung ke kota Alen-alen tanpa membawa pulang alen-alen itu sendiri bukan? Untuk mendapatkan alen-alen ini, banyak dijual di toko oleh-oleh khas Banyuwangi. Untuk perkilonya Alen-alen dihargai Rp. 20.000,-

Kue Manco Makanan Khas Trenggalek

kue manco trenggalek
Gambar Kue Manco Khas Trenggalek – Via: facebook.com

Camilan khas Trenggalek berikutnya adalah Manco. Kue khas Trenggalek ini terdapat dua pilihan yaitu Manco wijen dan ketan. Umumnya digunakan sebagai kue hantaran pada acara lamaran etnis Tionghoa. Manco memiliki rasa khas gurih dan manis yang banyak disukai wisatawan saat berkunjung ke Trenggalek.

Camilan khas ini bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh khas Trenggalek. Manco banyak ditemukan pada semua toko oleh-oleh Trenggalek. Harga perbungkusnya dibanderol Rp. 8.000,- hingga Rp. 20.000,-.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Tulungagung
  2. Makanan Khas Blitar
  3. Makanan Khas Kediri
  4. Makanan Khas Madiun
  5. Makanan Khas Ponorogo
  6. Makanan Khas Gresik

Keripik Tempe Oleh-oleh Khas Trenggalek

keripik tempe khas trenggalek
Tempe Keripik Khas Trenggalek – Via: facewoman.blogspot.com

Hampir semua masyarakat Indonesia pasti mengenal yang namanya tempe, termasuk kamu. Begitupun tempe yang dibuat sebagai kripik. Keistimewaan kripik tempe Trenggalek ini adalah cara pembuatannya. Umumnya kripik tempe dibuat dengan mengiris tipis-tipis tempe. Namun berbeda halnya dengan kripik tempe Trenggalek.

Tempe dari awal dicetak tipis-tipis kemudian digoreng dengan menggunakan adonan tepung yang telah dibumbui khas Trenggalek. Rasa kripik tempe Trenggalek pun berbeda dari kripik tempe dari kota lain. Inilah yang membuat kripik tempe Trenggalek diburu sebagai oleh-oleh khas Trenggalek. Untuk mendapatkan kripik tempe ini dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dengan harga Rp. 16.000,- hingga Rp. 20.000,-.

 

Demikian daftar makanan khas Trenggalek rekomendasi dari Foodnesia.Net yang harus kamu coba dan tentunya sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke sana.

Terimakasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *