Makanan Khas Gresik

Gresik terdiri dari wilayah kota dan kabupaten. Wilayah ini termasuk daerah penyangga untuk Surabaya karena letaknya yang persis ada di sebelah Barat kota Surabaya.

Gresik ini sangat terkenal akan pabrik semennya yaitu Semen Gresik. Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke kota ini dan cobain makanan khas gresik?

Gresik menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar, baik itu wisata alam maupun wisata kuliner.

Beberapa objek wisata favorit di Gresik antara lain Pulau Bawean, Muara Sungai Bengawan Solo, Pantai Delegan, dan juga air terjun Banyu Biru.

Kalau kamu suka wisata air, Gresik ini cocok banget buat liburan akhir tahun ini.

Tak hanya wisata alam, kamu juga bisa berwisata kuliner di Gresik. Kota yang terkenal berkat Rusa Bawean ini mempunyai beberapa makanan khas yang wajib banget buat kamu cicipi saat berkunjung ke sana.

Beberapa makanan khas Gresik yaitu nasi krawu, bonggolan, otak-otak bandeng, dan masih banyak lagi.

Inilah beberapa rekomendasi makanan khas dari Gresik yang wajib kamu coba.

Dijamin makanan di bawah ini akan menggoyang lidah kamu karena kenikmatannya. Udah nggak sabar ya? Cuss ini dia informasinya.

11 Rekomendasi Makanan Khas Gresik yang Paling Hits dan Wajib Dicoba!

Nasi Krawu

nasi krawu khas gresik
Nasi Krawu Makanan Khas Gresik – via instagram: @kulinergresik

Rekomendasi makanan khas gresik yang pertama yaitu nasi krawu. Kita dapat menemukan warung dan juga rumah makan yang menyajikan menu nasi krawu.

Kalau kamu suka dengan makanan gurih, nasi krawu ini recommended banget buat kamu santap.

Nasi krawu adalah makanan khas gresik yang terbuat dari campuran nasi dan daging sapi. Nasi krawu biasa disajikan dengan piring yang diberi alas daun pisang.

Nasi disajikan dengan lauk yang bisa kamu pilih antara daging ayam atau sapi, bisa juga keduanya. Ditambah serundeng dan juga sambal.

Daging yang digunakan untuk lauks pada nasi krawu umumnya dimasak dengan bumbu seperti semur. Rasanya gurih dan manis.

Diimbangi dengan sambal yang pedas dan gurih membuat nasi krawu enak banget ketika disantap. Serundeng yang terbuat dari parutan kelapa juga punya cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Umm, so yummy.

Kamu bisa cobain makanan khas gresik nasi krawu yang terkenal di warung Nasi Krawu Bu Tiban. Alamatnya yaitu di Jalan Veteran Nomor 118, Gresik.

Warung ini buka 24 jam dan siap melayani kamu setiap saat. Harga makanan ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp20.000 per porsinya.

Nama tempat: Warung Nasi Krawu Bu Tiban

Alamat: Jalan Veteran Nomor 118, Gresik

Harga: mulai dari Rp20.000 per porsi

Bonggolan Gresik

bonggolan gresik
Bonggolan Khas Gresik – via instagram: @bonggolan_cakgendos

Beralih ke maknan khas gresik bonggolan, nama makanan ini terasa asing dan agak aneh untuk sebagian orang. Tapi jangan salah ya, makanan ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

Kondisi geografis gresik yang dekat dengan pantai dan laut menjadikan kuliner khas gresik ini banyak yang menggunakan bahan dasar ikan. Salah satu makanan berbahan dasar ikan di sini adalah bonggolan.

Jika diperhatikan sekilas, bentuk makanan khas gresik bonggolan ini menyerupai sosis atau otak-otak. Bentuknya kecil lonjong, dan warnanya putih keruh cenderung ke warna coklat.

Terbuat dari bahan ikan yang dicampurkan dengan tepung kanji atau aci. Penyajiannya, bonggolan dibungkus menggunakan daun pisang layaknya lemper.

Daging ikan yang dipakai untuk membuat bonggolan biasanya daging ikan tenggiri.

Tak heran jika rasanysa sangat gurih dan nikmat. Bonggolan lebih nikmat dimakan bersama dengan saos sambal.

Bonggolan enak di gresik bisa kamu beli di pusat kuliner yang berada di daerah sidayu, gresik.

Harga bonggolan ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk satuannya.

Sego Karak Gresik

sego karak khas gresik
Sego Karak Kuliner Khas Gresik – via instagram: @nglupekgresik

Makanan khas gresik yang ketiga yaitu sego karak, di daerah lain sego karak disebut sebagai nasi aking. Nasi yang masih bagus dikeringkan kemudian ditanak kembali untuk dimakan.

Hal ini dilakukan untuk mengawetkan nasi karena di masa lampau masih sangat sulit untuk mendapatkan beras yang layak dikonsumsi.

Makanan sederhana itu kini telah menjadi makanan khas gresik yang layak banget untuk dicicipi.

Nasi karak biasa disajikan dengan berbagai pendamping seperti ketan hitam, poya atau serundeng, parutan kelapa, dan juga gorengan. Kuliner khas gresik ini biasa disantap sebagai menu sarapan.

Kuliner jawa timur sego karak yang terkenal enak di gresik yaitu nasi karak bu imam yang beralamat di Jalan Tanjung Wira I Nomor 34, Gresik.

Harganya pun cukup murah yaitu Rp5.000 saja. Sudah nggak sabar ya, pengen mencicipi?

Nama tempat: Nasi Karak Bu Imam

Alamat: Jalan Tanjung Wira I Nomor 34, Gresik

Harga: Rp5.000

Sego Roomo

sego roomo kuliner khas gresik
Gambar Via Instagram: @tifanoer

Kuliner selanjutnya yaitu Sego Roomo, dimana makanan ini biasanya disajikan pada pagi hari. Makanan ini berupa nasi putih yang dicampur dengan daun singkong, kerupuk atau peyek, serundeng, dan disiram dengan kuah kental khas.

Penyajiannya makanan ini biasa dibungkus menggunakan daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang wangi dan menggoda.

Disebut Sego Roomo karena makanan ini berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tetapi banyak juga yang menyebutnya dengan nama bubur Roomo karena bentuknya mirip dengan bubur.

Jika kamu ingin mencoba kuliner Gresik yang satu ini maka bisa coba datang ke daerah Jalan Sindojoyo, Gresik.

Nama tempat: Sego Roomo Mak Supiah

Alamat: Jalan Sindojoyo, Kroman, Gresik.

Harga: Untuk harganya sangat terjangkau yaitu mulai Rp7.000 saja per porsinya

Sego Menir

sego menir gresik
Gambar Via Instagram: @tsabitabee

Sego menir merupakan salah satu makanan khas Gresik yang lumayan langka dan hanya ada beberapa penjual saja di Gresik.

Sego sendiri artinya nasi sedangkan menir adalah beras kecil-kecil hasil dari pecahan gilingan padi dan sudah dihaluskan.

Makanan ini berupa nasi yang dicampur dengan sayuran kuah bening yang mirip dengan sayur bayam. Kemudian ditambah pelengkap seperti rempeyek dan dadar jagung. Cita rasanya sangat menyegarkan saat disantap.

Jika kamu ingin mencoba kuliner yang satu ini, maka kamu bisa datang ke Sego Menir Mbuk Marjani di daerah Kemuteran Gresik.

Nama tempat: Sego Menir Mbuk Marjani

Alamat: Kemuteran, Pekelingan, Gresik., tidak jauh dengan pelabuhan Gresik dan pasar Gresik

Harga: Untuk harga satu porsinya yaitu sekitar Rp7.000

Pudak Khas Gresik

pudak manis khas gresik
Kue Pudak Manis Khas Gresik – via instagram: @gresiktourism

Kamu bingung mau bawa oleh-oleh apa setelah pulang dari Gresik? Mungkin pudak bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Gresik tidak hanya punya makanan yang gurih saja, tapi kota ini memiliki makanan manis yang juga sangat legendaris.

Pudak merupakan merupakan makanan tradisional dari Gresik yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kudapan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula merah atau gula pasir.

Semua bahan dicampur hingga merata dan diaduk hingga bentuknya menjadi adonan. Setelah itu adonan dibungkus menggunakan daun pinang lalu diikat. Makanan ini dimasak dengan cara direbus seperti ketupat.

Pudak cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan hingga 3 hari. Jika rasanya tentu saja manis dan gurih dari santan.

Dibungkus menggunakan daun pinang menjadikan aromanya sangat khas. Teksturnya pun lembut sehingga dapat dimakan oleh siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Ini kue Pudak sudah mengalami perkembangan. Ada beberapa rasa yang tersedia yaitu pandan, sagu, gula jawa ,dan gula putih.

Tempat yang terkenal menjual pudak terenak di Gresik adalah toko pudak Sari kelapa.

Salah satu cabangnya berada di Jalan Sindujoyo nomor 111. Toko ini memiliki beberapa cabang sehingga kamu bisa membelinya di cabang yang lain.

Harga jual untuk satu renteng makanan khas gresik pudak yang berisi 10 buah berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000. Sangat terjangkau, kan?

Nama tempat: Toko Pudak Sari Kelapa

Alamat: Jalan Sindujoyo nomor 111

Harga: antara Rp15.000 hingga Rp25.000

Otak-otak Bandeng

otak otak bandeng gresik
Otak-otak Bandeng Khas Gresik – via instagram: @farrah_rosalina

Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang banyak diolah menjadi makanan yang sangat lezat.

Jika biasanya kita hanya mengenal bandeng presto dari Semarang, makanan khas gresik juga ada yang terbuat dari olahan bandeng. Namanya adalah otak-otak bandeng.

Otak-otak ini cukup unik dan berbeda dibandingkan dengan otak-otak lain pada umumnya. Untuk membuatnya, bandeng dipisahkan dahulu antara bagian kulit dengan bagian dagingnya.

Duri-durinya pun dibuang agar tidak mengganggu. Kemudian daging bandeng yang sudah bersih dari duri dicampur dengan sedikit tepung dan bumbu-bumbu.

Setelah adonan siap, adonan dimasukkan ke dalam bandeng yang sudah tidak memiliki daging. Seluruh adonan dimasukkan ke dalam kulit bandeng sehingga bandeng tampak menggembung.

Cara penyajian otak-otak bandeng khas Kediri biasanya dengan cara digoreng lalu di cocol dengan saus sambal.

Toko oleh-oleh yang terkenal menjual otak-otak bandeng terenak di Gresik yaitu Bu Muzzanah Store.

Pusat oleh-oleh Gresik ini menjual otak-otak bandeng dengan harga Rp55.000. alamat bu muzanah store adalah di Jalan Sindujoyo nomor 68 Kabupaten Gresik.

Nama tempat: Muzanah Store

Alamat: Jalan Sindujoyo nomor 68 Kabupaten Gresik.

Harga: Rp55.000

Jenang Jubung Gresik

jenang jubung cemilan khas gresik
Jenang Jubung Si Manis Legit Khas Gresik – via instagram: @dad_dish

Makanan khas Gresik selanjutnya adalah kue manis yang sudah cukup lama ada. Namanya jenang jubung. Jubung sendiri diambil dari bahasa Gresik yang berarti daun pinang.

Makanan jenis ini diberi nama jubung karena dibungkus dengan daun pinang.

Bahan utama untuk membuat jenang jubung adalah tepung ketan hitam. Bahan lain yang melengkapi yaitu santan gula pasir dan juga wijen untuk ditabur di atasnya.

Semua bahan dicampur menjadi satu hingga menjadi adonan. Adonan kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang bernama jubung untuk dikukus. Jangan lupa tabur wijen di atasnya.

Cita rasa jenang jubung kuliner khas gresik sendiri manis dan legit. Tambahan wijen di atasnya membuat jenang jubung terasa lebih nikmat.

Jenang jubung bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Gresik karena makanan ini awet hingga berhari-hari. Sebenarnya kita juga bisa menemukan jenang jubung di daerah lain.

Tapi jenang jubung Gresik merupakan yang paling otentik dan asli.

Jubung terenak yang ada di Gresik dijual di toko jenang jubung Mutiara rasa Pak Temon yang beralamat di Jalan KH. Abdul Karim No. 7.

Nama tempat: Toko Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon

Alamat: Jalan KH. Abdul Karim No. 7

Martabak Usus Khas Gresik

martabak usus makanan khas gresik
Martabak Usus (marsus) Khas Gresik – via instagram: @mampirgresik

Kita sudah mengenal martabak, umumnya martabak berisi telur dan daging cincang. Namun makanan khas Gresik yang satu ini adalah martabak usus. Kamu penasaran kan, martabak usus itu kayak gimana sih?

Martabak usus juga sering disebut dengan nama marsus. Marsus ini memiliki isi yang terdiri dari dua bahan utama yaitu mihun dan usus.

Usus yang digunakan untuk isian martabak sebelumnya dimasak terlebih dahulu dengan bumbu kecap atau semur. Sedangkan untuk mihunnya ditumis bersama sayuran seperti wortel dan sawi.

Kulit martabak yang sudah disiapkan di isi dengan telur kocok, mihun, dan juga usus. Kulit martabak dilipat menjadi berbentuk segitiga atau persegi panjang kemudian goreng. Martabak usus siap untuk disajikan.

Marsus ini lebih nikmat dimakan ditemani dengan saus sambal.

Martabak usus terkenal di Gresik biasanya dijual di sepanjang Jalan Akim Ayat dan Jalan Abdul Karim.

Mulai buka pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 3 sore. Harga nya sendiri itu cukup terjangkau yaitu sekitar Rp3.000 per buah.

Alamat: Sepanjang Jalan Abdul Karim dan Jalan Akim Ayat

Harga: Rp3.000 per buah

 

Baca Juga:

Seafood Khas Gresik

seafood khas gresik
Mbledeq Seafood Gresik – via instagram: @mbledeqseafood

Pastinya sudah tahu dong kalau Gresik adalah wilayah yang memiliki pantai. Jadi nggak heran kalau di sana banyak sekali makanan seafood yang bisa kita cicipi.

Mulai dari kepiting, kerang, udang, dan ikan-ikan laut bisa kita santap di kota ini.

Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan seafood makanan khas gresik? Nah, masih terdapat 1 buah restoran seafood yang sangat terkenal yaitu MbledeQ Seafood.

Tempat ini beralamat di Jalan brotonegoro Barat nomor 138-140, Manyar, Gresik.

Segala jenis seafood bisa kamu santap di restoran ini. Suasananya yang bersih dan nyaman menjadi nilai lebih. Untuk harganya menu makanan di sini berkisar antara Rp30.000 hingga ratusan ribu.

Kamu bisa memilih menu mana yang kamu suka. Rasanya dijamin nikmat dan nggak kaleng-kaleng.

Nama tempat: MbledeQ Seafood

Alamat: Jalan brotonegoro Barat nomor 138-140, Manyar, Gresik

Harga: Rp30.000 hingga ratusan ribu

Gulai Ubus Kuliner Khas Gresik

gulai ubus makanan khas gresik
Gambar Via Instagram: @aic_aisyah

Ubus sendiri merupakan sebuah makanan yang dibuat dari campuran tepung terigu, telur, dan juga mentega. Kemudian adonan ini digoreng sehingga berbentuk lebar, pipih, dan juga renyah.

Ukuran dari ubus ini umumnya dibuat sepanjang 30 sentimeter. Ketika digigit sangat renyah dan kriuk seperti opak Jawa.

Ubus ini kemudian dicampur dengan kuah gulai kambing, sehingga dinamakan Gulai Ubus.

Untuk mencoba makanan ini kamu bisa datang ke daerah Alun-alun atau di sekitar Giri.

Alamat: Sekitar Alun-alun Gresik

Harga: Sekitar Rp13.500 per porsinya

 

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Gresik yang harus banget kamu coba. Sebenarnya masih banyak lagi minuman khas Gresik yang tak kalah nikmatnya dengan beberapa menu yang telah disebutkan tadi.

Jika kamu berkunjung ke Gresik jangan lupa untuk berwisata di objek wisata alam nya dan juga berwisata kuliner untuk mencicipi seluruh hidangan yang ada di kota ini.

Jadi kapan nih kamu mau berwisata ke Gresik? Ditunggu loh ya!

Tinggalkan komentar