pecel tumpang kediri
Makanan Khas

Makanan Khas Kediri

Kediri merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Salah satu hal yang bikin kota ini terkenal yaitu adanya pabrik rokok yang sangat legendaris.

Nggak cuma itu, Kediri juga terkenal dengan industri gula.

Kota Kediri memiliki julukan kota tahu karena memiliki produk makanan khas kediri berupa tahu yang sangat enak dan khas.

Apakah kamu pernah berkunjung ke Kediri? Jika belum, cobalah sesekali untuk berwisata di kota Tahu ini. Banyak sekali yang bisa dieksplor di sana.

Wisata yang ditawarkan di Kediri antara lain wisata sejarah, wisata alam, wisata religi, wisata belanja, dan pastinya wisata kuliner untuk mencicipi makanan khas kediri.

Kota ini berjarak sekitar 130 KM dari Surabaya. Untuk ke kota kediri, kamu bisa menggunakan beberapa moda transportasi, nih.

Pertama, kamu bisa menggunakan mobil pribadi. Kalau kamu dari Jakarta bisa juga loh menggunakan transportasi kereta api. Tinggal pilih trasportasi mana yang sesuai dengan keinginan kamu.

Mengunjungi sebuah kota tak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan yang menjadi ciri khas kota tersebut.

Kediri juga punya banyak sekali makanan khas yang bisa dicoba oleh para wisatawan seperti kita.

Lalu apa aja, sih, makanan khas dari kediri yang wajib buat kita cobain? Simak rekomendasi berikut ini.

12 Rekomendasi Makanan Khas Kediri yang Paling Hits dan Wajib Dicoba!

Tahu Takwa

tahu takwa kediri
Tahu Takwa Khas Kediri – via instagram: @wiwikonewanta

Makanan khas kediri yang pertama yaitu tahu takwa.

Pasti kamu penasaran kan kenapa namanya Tahu Takwa? Kata “Takwa” ini diambil dari bahasa cina yang mempunyai arti aroma.

Tahu ini sangat legendaris dan sudah ada sejak masa penjajahan. Jadi nggak heran ya kenapa Kediri disebut sebagai kota tahu.

Tahu takwa dibuat dari bahan kedelai berkualitas untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Kedelai yang sudah digiling dicetak berbentuk kotak-kotak.

Setelah itu direbus dalam larutan air yang dicampur dengan garam dan kunyit. Proses ini yang bikin tahu takwa jadi berwarna kuning.

Biasanya, tahu takwa ini digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

Rasanya yang gurih, krispi di luar, dan lembut di dalam menjadi kesatuan cita rasa yang nggak pernah bisa dilupakan.

Tahu takwa juga tetap maknyus meskipun tanpa digoreng karena sudah dibumbui dan matang pada saat proses pembuatan.

Ciri khas tahu takwa makanan khas kediri terletak pada aromanya karena masih menggunakan resep yang sama sejak dahulu kala.

Yaitu dengan menambahkan bunga pekak kering dalam air rebusan. Rasa gurihnya pun tidak pernah berubah.

Tahu takwa terenak di kediri bisa kita dapatkan di Tahu Bah Kacung Cakrawijaya yang beralamat di Jalan Trunojoyo No. 59, Pakelan, Kota Kediri.

Pusat tahu takwa ini buka dari pukul 7 pagi hingga 8 malam. Harga tahu takwa sekitar Rp 2.000 per biji.

Nama tempat: Tahu Bah Kacung Cakrawijaya

Alamat: Jalan Trunojoyo No. 59, Pakelan, Kota Kediri

Harga: Rp2.000 per biji.

Nasi Goreng Arang

nasi goreng arang kediri
Gambar via Instagram: @gunkuarve

Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Hampir di setiap daerah pasti terdapat nasi goreng.

Di Kediri sendiri ada salah satu nasi goreng yang sangat khas dan unik yaitu nasi goreng arang. Dimana nasi goreng ini dimasak menggunakan arang seperti layaknya untuk memanggang sate.

Selain cara memasaknya yang unik, nasi goreng arang ini juga diberi bumbu yang kaya rempah sehingga rasanya semakin lezat.

Maka bagi kamu pecinta nasi goreng, Foodnesia wajibkan kamu untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Untuk mencicipi nasi goreng arang ini kamu bisa datang ke Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur yang ada di jalan Stasiun Kediri.

Nama tempat: Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur

Alamat: Jl. Stasiun No.16, Balowerti, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur

Harga: Untuk satu porsi nasi goreng arang ini dihargai sekitar Rp15.000

Pecel Tumpang Kediri

pecel tumpang kediri
Pecel Tumpang Khas Kediri – via instagram: @deteksi

Siapa sih yang nggak kenal dengan pecel? Makanan khas Jawa Timur ini sudah banyak dikenal hingga ke pelosok negeri.

Pecel sendiri merupakan sayuran rebus yang disiram dengan sambal kacang. Bisa dimakan dengan nasi maupun lontong.

Yang membedakan pecel khas kediri dengan pecel dari daerah lain adalah sambal tumpangnya.

Sambal tumpang terbuat dari tempe yang dicampurkan dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun salam, lengkuas.

Semua bahan dicampurkan menjadi satu dan ditambahkan santan, garam, dan gula.

Sayuran yang biasa dipakai antara lain kacang panjang, sawi, bayam, kecambah, kecipir, bunga turi, dan pepaya mengkal.

Pecel tumpang disajikan dengan tambahan lauk seperti sate jeroan ayam, telur dadar, dan juga peyek. Udah kebayang, kan kenikmatannya? Umm, yummy.

Salah satu warung pecel tumpang makanan khas kediri yang terkenal di Kediri adalah Nasi Pecel Tumpang Bu Ani yang beralamat di Jalan Doho No. 43, Kota Kediri.

Buka mulai jam 9 malam hingga jam 3 pagi. Harga pecel di sini mulai dari Rp 6.000.

Nama tempat: Nasi Pecel Tumpang Bu Ani

Alamat: Jalan Doho No. 43, Kota Kediri.

Harga: mulai dari Rp6.000.

Soto Kediri

soto makanan khas kediri
Soto Kediri Enak dan Gurih – via instagram: @afterworking

Makanan khas Kediri yang harus kamu coba adalah Soto Kediri. Setiap daerah memiliki kuliner soto masing-masing.

Terdapat perbedaan antara soto Kediri dengan soto lainnya.

Ciri khas untuk sendiri yaitu menggunakan kuah santan yang berwarna kuning.

Rasanya sangat gurih dan nikmat, cocok banget disantap dalam suasana apapun.

Daging yang dipakai di Soto Kediri adalah ayam kampung. Inilah kenapa soto Kediri sangat gurih dan punya cita rasa yang sangat khas.

Sebenarnya bumbu yang digunakan pada soto Kediri sama seperti soto lainnya yaitu serai, merica bubuk, daun jeruk, jahe, kunyit, kemiri, dan bawang merah serta bawang putih.

Campuran sedikit terasi bikin Soto Kediri punya aroma dan rasa yang istimewa.

Kuliner khas Kediri yang satu ini disajikan dengan bahan pelengkap seperti soun, kentang, dan juga telur.

Di atasnya biasa ditaburi dengan seledri yang diiris halus dan juga bawang merah goreng.

Perasan jeruk nipis menambah kesegaran rasanya.

Warung Soto yang terkenal di Kediri adalah soto podjok.

Warung Soto yang melegenda di Kediri ini beralamat di Jalan Doho nomor 146, Kota Kediri.

Buka mulai pukul 7 pagi dan tutup pada pukul 4 sore. Harga untuk satu porsi Soto Kediri di tempat ini adalah sekitar Rp20.000.

Nama tempat: Warung Soto Podjok

Alamat: Jalan Doho nomor 146, Kota Kediri

Harga: Rp20.000.

Tahu Poo Kediri

tahu poo kediri
Tahu Poo Renyah Khas Kediri – via instagram: @jastipsue

Nggak Cuma tahu takwa, kediri juga punya makanan tahu lainnya yaitu tahu poo.

Apakah kamu sudah pernah makan tahu poo? Sebenarnya tahu poo ini mirip dengan tahu sumedang, hanya teksturnya lebih padat.

Sebelum dinikmati, tahu poo makanan khas kediri inibiasanya digoreng terlebih dahulu.

Bagian dalamnya akan kopong atau kosong. Makan tahu poo tak lengkap rasanya jika tidak ditemani oleh cabai.

Cita rasa dari tahu khas kediri ini gurih dan garing di luarnya.

Tahu ini cocok dijadikan cemilan maupun dijadikan lauk untuk menemani makan.

Jika kamu ingin membeli tahu poo sebagai oleh oleh khas Kediri yang terkenal, maka bisa membeli tahu poo terenak di Jalan Yos Sudarso No. 36, Pakelan, Kota Kediri.

Harganya juga murah, yaitu Rp 3.000 per biji.

Alamat: Jalan Yos Sudarso No. 36, Pakelan, Kota Kediri.

Harga: Rp3.000 per biji.

Sate Bekicot

sate bekicot makanan khas kediri
Sate Bekicot Khas Kediri – via instagram: @infokediri

Apakah kamu jijik melihat bekicot atau siput? Jangan salah, binatang ini bisa menjelma menjadi makanan yang nikmat di Kota Kediri.

Makanan khas Kediri yang kelima yaitu sate bekicot.

Mungkin makan bekicot nggak lazim ya untuk sebagian orang, namun bagi orang Kediri menyantap makanan ini terasa biasa saja.

Para penjual sate mendapatkan bekicot dari para pengepul.

Harga 1 kg daging bekicot pun tidak terlalu murah yaitu sekitar Rp40.000.

Daging bekicot dijual sudah dalam keadaan bersih dan tanpa lendir tentunya.

Pembuatan sate bekicot tidaklah berbeda dengan cara pembuatan sate ayam maupun kambing. Bumbu yang digunakan juga sama seperti sate madura yaitu saus kacang tanah.

Sate bekicot memiliki cita rasa yang gurih dan teksturnya kenyal.

Warung sate bekicot makanan khas kediri yang terkenal di Kediri terletak di Dusun Jengkol, Desa Ploso Kidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Nama warungnya yaitu Warung Barokah Mbak Yul yang tak cuma menjual sate tapi juga menjual krengsengan bekicot.

Nama tempat: Warung Barokah Mbak Yul

Alamat: Dusun Jengkol, Desa Ploso Kidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri

Harga: Rp40.000

Sate Emprit Kediri

sate emprit khas kediri
Sate Emprit Kuliner Unik Khas Kediri – via instagram: @jastipsue

Tahu enggak apa sih burung emprit itu? Emprit adalah burung yang sering makan padi di sawah milik petani.

Biasanya mereka hidup bergerombol di sekitar pesawahan. Hewan ini dikategorikan sebagai hama karena menganggu tanaman.

Di Kediri hama padi ini diolah menjadi masakan yang sangat nikmat yaitu sate emprit.

Tidak berbeda dengan sate bekicot, makanan khas Kediri ini juga disajikan dengan bumbu kacang dan taburan bawang merah mentah di atasnya.

Rasa daging bekicot ini sangat khas, beda dengan cita rasa daging ayam ataupun daging burung lainnya.

Karena saking nikmatnya, wisatawan pun selalu memburu kuliner ini ketika datang ke Kediri.

Warung sate emprit yang terkenal adalah milik Mbah Darmo.

Alamat warung sate emprit mbah Darmo ini sendiri berada di Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri. Harga satu porsi sate emprit yaitu Rp20.000.

Nama tempat: Warung Mbah Darmo

Alamat: Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri

Harga: Rp20.000.

Getuk Pisang Khas Kediri

getuk pisang kediri
Gethuk Pisang Khas Kediri – via instagram: @roso.kampung

Umumnya getuk terbuat dari singkong kan? Tapi oleh-oleh khas Kediri ini berbeda. Namanya getuk pisang yang tentu saja bahan dasarnya adalah pisang.

Konon getuk pisang ini sudah ada sejak zaman kerajaan Kediri. Pisang adalah camilan favorit dari Putri Sekartaji.

Jenis pisang yang digunakan untuk membuat getuk adalah pisang raja nangka.

Raja nangka dipilih karena teksturnya yang lebih padat dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

Pisang dikukus terlebih dahulu kemudian ditumbuk dan ditambah dengan bumbu tambahan lainnya sehingga jadilah getuk pisang. Cita rasanya manis dan legit.

Kita dapat menjumpai getuk pisang ini di pusat makanan khas Kediri.

Getuk pisang yang terkenal di Kediri yaitu pisang madu Sari yang beralamat di Jalan Ngadisimo Utara I nomor 27, Kota Kediri.

Harga jual getuk ini mulai dari Rp2.000 hingga sekitar Rp10.000 tergantung dari ukurannya.

Nama tempat: Pisang Madu Sari

Alamat: Jalan Ngadisimo Utara I nomor 27, Kota Kediri

Harga: mulai dari Rp2.000 hingga sekitar Rp10.000

Baca Juga:

Carang Mas Makanan Khas Kediri

carang mas khas kediri
Carang Mas Cemilan Khas Kediri – via instagram: @i.nafsi

Makanan khas kediri yang sangat legendaris yaitu carang mas.

Makanan ini biasanya dijajakan oleh para penjual makanan di sekolah terutama sekolah dasar.

Anak-anak sangat menyukai jajaran ini karena rasanya yang manis dan gurih. Harganya pun murah sehingga dapat dibeli oleh anak-anak.

Carang mas terbuat dari ubi jalar yang dipotong kecil-kecil atau diserut hingga bentuknya menyerupai korek api.

Ubi kemudian digoreng bersamaan dengan gula pasir. Setelah itu baru dicetak hingga bentuknya mirip seperti sarang burung.

Makanan khas Kediri carang mas ini juga memiliki nama lain yaitu warangan. Cita rasanya gurih dan manis.

Banyak wisatawan yang mencari carang mas ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Kediri.

Kamu juga bisa loh membeli carang mas untuk dijadikan oleh-oleh.

Carang mas terenak di Kediri bisa kamu beli di Carang Mas Mawar yang memiliki alamat di Mojoduwur, Puhsarang, Semen, Kediri.

Nama tempat: Carang Mas Mawar

Alamat: Mojoduwur, Puhsarang, Semen, Kediri.

Cenil Khas Kediri

cenil tradisional kediri
Gambar via Instagram: @mama_kevan

Cenil ini termasuk ke salah satu makanan tradisional khas Kediri. Makanan ini berjenis cemilan manis yang cocok dijadikan sebagai teman saat bersantai.

Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan parutan kelapa. Untuk rasa manisnya, maka biasanya menggunakan gula merah cair.

Kerupuk Upil Kediri

kerupuk upil kediri
Gambar via Instagram: @endah.jeki

Dari segi penamaan makanan ini agak sedikit jorok bukan? Namun jangan khawatir, ini adalah kerupuk biasa seperti pada umumnya.

Dinamakan kerupuk upil karena memang ukurannya yang kecil dan mini.

Bahan dasar pembuatan kerupuk ini menggunakan tepung tapioka, yang diolah sedemikian rupa seperti kerupuk pada umumnya.

Kemudian digoreng hingga memiliki tekstur yang renyah dan rasanya gurih.

Es Buto Ijo Kediri

es buto ijo khas kediri
Gambar via Instagram: @hobbykulinerr

Selain makanan, di Kediri juga ada minuman yang khas dan terkenal, yaitu bernama Es Buto Ijo.

Dinamakan Es Buto Ijo karena warna dari minuman ini berwarna hijau cerah sehingga sangat menggoda.

Untuk isiannya sendiri yaitu kacang hijau, kelapa muda, biji selasih, kolang-kaling, dan nata de coco.

Rasanya sudah tidak bisa dibayangkan lagi betapa lezatnya minuman segar ini, apalagi jika disantap pada siang hari saat matahari sedang terik. Uhh, pasti lezat nggak ada obat.

Jika kamu ingin mencoba kesegaran es buto ijo ini maka bisa datang ke kedai Es Buto Ijo di daerah Setono Pande.

Nama tempat: Kedai Es Buto Ijo

Alamat: Jl. Kilisuci No.85, Setono Pande, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur

Harga: Mulai Rp5.000 hingga Rp7.000 per porsinya

 

Itulah daftar makanan khas dari Kediri yang bisa banget kamu cobain ketika berkunjung ke kota tahu ini.

Setiap daerah pasti memiliki keunikan yang masing-masing di kuliner.

Termasuk makanan khas Kediri pare yang nggak boleh kamu lewatkan atau kamu akan menyesal karena nggak mencoba kenikmatannya.

Makanan khas Kediri rata-rata memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Bumbu-bumbu yang digunakan pun cocok dengan lidah kebanyakan orang di Indonesia.

Meskipun terkadang bahan yang digunakan kurang lazim seperti bekicot dan juga emprit.

Namun resep makanan Kediri dan juga minuman khas kediri yang turun-temurun ini terbukti dapat dinikmati oleh semua orang.

Cuma manusia biasa yang hobi makan kemudian rebahan, tapi bercita-cita menikah dengan Chelsea Islan

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *