Makanan Khas Madura

rujak selingkuh madura
Rujak Selingkuh Khas Sumenep Madura – via Instagram: @photomadura

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Dari Sabang sampai Merauke ada saja tempat wisata alam yang memiliki penampilan yang menakjubkan. Salah satunya adalah  Madura.

Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, ada banyak makanan yang bisa kamu cicipi saat berada di Madura saat liburan.

Akan tetapi saat kamu liburan tersebut, jangan sampai lupa mencicipi makanan khas Madura untuk membuat liburan kamu menjadi lebih berkesan.

Lalu apa saja makanan dari Madura yang wajib untuk kamu cicipi saat wisata di sana?

Kaldu Kokot

kaldu kokot khas madura
Kaldu Kokot Kuliner Khas Madura – via Instagram: @deena_hp

Salah satu wisata kuliner Madura yang sangat populer dan wajib untuk kamu coba adalah Kaldu Kokot. Kaldu Kokot adalah salah satu makanan Madura yang tidak hanya khas tapi juga memiliki rasa yang unik.

Rasa unik sajian dari Kaldu Kokot ini disebabkan karena makanan ini memiliki bahan-bahan yang unik yang tidak biasa ditemukan pada hidangan khas pada umumnya.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan makanan khas Kaldu Kokot ini adalah kacang hijau.

Jika dibayangkan, makanan dengan bahan dasar kacang hijau pasti memiliki rasa yang manis bukan? Ternyata, makanan Kaldu Kokot khas Madura ini memiliki rasa yang jauh dari rasa manis yaitu rasa gurih.

Rasa gurih yang dimiliki oleh hidangan Kaldu Kokot ini disebabkan karena kacang hijau yang digunakan sebagai bahan utama ini di masak dengan menggunakan kaldu daging dan juga sumsum tulang.

Atau jika tidak bahan utama ini dibuat dengan menggunakan kikil sapi. Hal inilah yang membuat rasa dari masakan ini menjadi sangat gurih, berkaldu dan juga berlemak.

Sesuai namanya, Kaldu Kokot makanan ini memang memiliki kuah yang kaya dengan kaldu.

Cara memasaknya juga di rebus dalam waktu yang lama sehingga kuahnya menjadi kental dan juga sangat nikmat. Hal ini juga membuat daging menjadi lebih lembut dan sangat sedap.

Bagi kamu yang ingin makan makanan Kaldu Kokot yang paling enak di Madura maka kamu bisa datang ke Depot Kaldu Al Ghazali.

Di sini kamu bisa makan Kaldu Kokot paling enak yang tidak akan terlupakan seumur hidup kamu.

Nama tempat : Depot Kaldu Al Ghazali

Alamat : Jalan Diponegoro, Sampang.

Harga : seporsinya dihargai Rp 40.000

Nasi Serpang Madura

nasi serpang khas madura
Nasi Serpang Khas Madura – via Instagram: @e_ndro

Selanjutnya, makanan khas dari Madura yang wajib untuk kamu coba adalah Nasi Serpang. Nasi Serpang adalah salah satu kuliner Madura yang berasal dari Bangkalan.

Nasi ini menjadi ciri khas dari daerah Bangkalan dan sangat populer sebagai menu untuk sarapan. Sesuai namanya, Nasi Serpang merupakan hidangan dengan nasi sebagai hidangan utamanya.

Selain menyediakan nasi sebagai bahan utamanya, dalam hidangan Nasi Serpang ini kamu juga bisa makan banyak makanan lainnya yang digunakan dalam hidangan Nasi Serpang ini sebagai lauk.

Jumlah lauk yang digunakan dalam hidangan ini sangat banyak. Hal inilah yang membuat Nasi Serpang ini juga disebut dengan nasi campur.

Beberapa lauk yang akan kamu dapatkan saat membeli hidangan ini antara lain adalah ayam suwir, sapi suwir, irisan telur dadar, oseng, sayur buncis, kentang goreng, tempe goreng, tahu, bihun dan juga yang paling menggugah selera adalah krecek.

Makanan Nasi Serpang ini merupakan makanan yang sangat populer dan banyak dicari baik orang dari Bangkalan sendiri atau pengunjung atau wisatawan. Hal inilah yang membuat kamu dapat dengan mudah menemukan Nasi Serpang ini.

Untuk kamu yang ingin makan nasi serpang ini kamu bisa jajan di warung nasi serpang rekomendasi dari kami.

Nama tempat : Warung Nasi Serpang

Alamat : Jl. Trunojoyo No.21 B, Pejagan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

Harga : mulai dari Rp18.000 per porsinya

Campor Khas Madura

campor kuliner khas madura
Campor Kuliner Madura – via Instagram: @rasasayange

Selanjutnya salah satu sajian yang akan kami rekomendasikan untuk di cari saat liburan di  Madura adalah Campor.

Apa itu campor? Campor adalah salah satu masakan yang dinamakan demikian karena bahan yang digunakan banyak dan dicampur menjadi satu.

Bahan yang digunakan dalam memasak Campor ini tidak hanya banyak tapi juga unik dan terkesan tidak menyambung.

Hal inilah yang membuat sajian ini menjadi sajian yang populer dengan sebutan anti mainstream. Buat kamu anak anti mainstream pastikan untuk coba hidangan ini ya!

Apa yang membuat hidangan Campor disebut dengan hidangan anti mainstream? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan yang digunakan dalam pembuatan hidangan Campor ini sering kali dinilai tidak cocok untuk di jadikan dalam satu hidangan.

Bahan tersebut adalah kaldu yang dicampur dengan bumbu kacang? Haah? Pasti kamu juga merasa hidangan ini aneh bukan?

Karena cukup aneh, hidangan Campor ini menjadi hidangan yang khas yang tidak akan kamu temukan di bagian Indonesia yang lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencoba makanan yang cukup anti mainstream ini.

Selain memiliki kuah kaldu dan bumbu kacang, isian dari hidangan Campor ini juga cukup menarik. Untuk isiannya, hidangan Campor ini menggunakan isian berupa singkong rebus, tulang muda sapi, sumsum, bihun dan juga lontong.

Untuk kamu yang ingin mencoba hidangan ini, kamu bisa membeli makanan khas Madura Sumenep di tempat rekomendasi kami di berikut ini.

Nama tempat : Warung Ma’ Rawi

Alamat : Jalan raya Lenteng, Sumenep

Harga : mulai dari Rp7.000

Bebek Songkem Khas Sampang

bebek songkem madura
Bebek Songkem Khas Madura – via Instagram: @bebek_songkem

Selanjutnya, salah satu jenis makanan yang sangat populer di Madura adalah makanan yang terbuat dari bebek.

Salah satu hidangan yang dibuat dengan menggunakan bebek sebagai bahan utamanya adalah Bebek Songkem. Hidangan Bebek Songkem merupakan hidangan yang memiliki rasa nikmat lagi sehat.

Bebek Songkem merupakan hidangan yang nikmat dan sehat karena cara masak yang digunakannya berbeda dengan cara masak hidangan bebek yang yang lainnya.

Bebek Songkem adalah hidangan bebek yang dimasak dengan cara di kukus tanpa menggunakan air.

Untuk mengganti keberadaan air pada proses pengemasannya, Bebek Songkem menggunakan pelepah pisang sebagai sumber kelembabannya.

Bebek Songkem  yang merupakan hidangan khas Sampang ini dimasak dengan menggunakan balutan daun pisang.

Hal ini membuat cita rasa Bebek Songkem ini menjadi lebih mantap. Selain itu, karena bentuknya tersebut, hidangan Bebek Songkem ini menjadi populer di sebut dengan sebagai pepes bebek.

Dalam memasak Bebek Songkem ini, Bebek Songkem akan di bumbui dengan bumbu rempah dan juga cabai. Bumbu rempah dan cabai membuat hidangan ini menjadi hidangan yang lezat dan juga memuaskan untuk di makan.

Selain itu, proses pengukusan dari Bebek Songkem ini dilakukan selama 3 jam hal ini membuat tekstur Bebek Songkem hasil masakan menjadi lebih lembut dan dan lebih empuk.

Karena dimasak dengan cara di kukus ini menjadikan Bebek Songkem ini dianggap sebagai hidangan bebek yang lebih sehat dan rendah kolesterol.

Buat kamu yang ingin mencoba hidangan Bebek Songkem yang paling enak di Madura, berikut ini kami berikan rekomendasinya.

Nama tempat : Bebek Songkem Pak Salim

Alamat : Jalan Raya Ketegan Nomor 85, Ketengan, Tunjung, Burneh, Bangkalan.

Harga : Mulai dari Rp 22.000

Bebek Goreng Sinjay

bebek goreng sinjay madura
Bebek Goreng Sinjay Khas Madura – via Instagram: @bebek_songkem

Selain hidangan bebek songkem, ada lagi makanan khas Jawa timur dari bebek yang tidak kalah enak. Bebek goreng adalah salah satu hidangan yang sangat umum.

Akan tetapi di Madura kamu bisa menemukan  hidangan bebek goreng yang super enak dan beda dari biasanya.

Bebek goreng khas Madura memiliki daging yang lebih empuk, tidak bau amis dan juga memiliki rasa yang meresap hingga ke dalam sampai ke tulang. Sangat menarik bukan?

Hidangan bebek goreng khas Madura juga memiliki rasa yang unik. Jika pada umumnya bebek goreng memiliki rasa yang gurih, bebek goreng Madura ini memiliki sensasi rasa pedas ketika di konsumsi.

Untuk kamu yang ingin makan bebek goreng yang paling Madura yang paling enak, kamu bisa mencoba kedai bebek goreng sinjay yang ada di daerah Bangkalan berikut ini.

Nama tempat : RM Spesialis Bebek Goreng Sinjay

Alamat :  Jalan Raya Ketengan nomor 45 Bangkalan, Madura.

Harga : untuk harganya, seporsi ayam sinjay harganya adalah Rp 18.000 tapi jika makan di tempat dengan nasi dan minuman maka minimal kamu bisa menghabiskan Rp 25.000 sekali makan.

Sate Laler / Lalat Madura

sate lalat laler kuliner khas madura
Sate Lalat / Laler Khas Madura – via Instagram: @zendyhardianto

Salah satu makanan khas Madura yang tidak hanya populer di Madura tapi bahkan di seluruh Indonesia adalah sate ayam Madura.

Sate ayam adalah makanan yang disebut dengan menggunakan daging ayam. Dibumbui dengan bumbu kacang dan memiliki cita rasa yang cenderung manis.

Ada banyak jenis sate ayam, akan tetapi jika kamu ada di luar daerah Madura, kamu akan menemukan banyak warung sate ayam yang memberikan embel-embel khas Madura.

Hal ini disebabkan karena bumbu sate Madura memang enak dan banyak digemari.

Untuk kamu yang juga menyukai makanan dan minuman khas Madura, kau wajib mencoba sate Madura pada saat kamu datang ke Madura.

Untuk kamu yang ingin menyantap makanan Madura yang paling enak salah satunya kamu bisa mencoba sate lalat dari Pak Ento.

Lho bukannya kita sedang membahas sate ayam ya? Tunggu dulu, jangan membayangkan yang aneh-aneh.

Sate lalat dari Pak Ento ini bukan sate lalat yang dibuat dari daging lalat melainkan dari daging ayam.

Lalu mengapa dinamakan sate lalat? Nama sate lalat diambil dari bentuk  dari potongan daging sate ayam yang ukurannya kecil-kecil seperti daging lalat.

Naah, masuk akal bukan? Selain memiliki ukuran yang kecil seperti lalat, keunikan dari sate laler atau sate lalat yang dimiliki oleh warung sate Pak Ento ini juga bisa dilihat dari bumbu dan cara masak yang digunakan.

Sate laler Pak Ento dimasak dengan di celupkan pada minyak terlebih dahulu sebelum di bakar. Hal inilah yang membuat sate ayam ukuran lalat dari Pak Ento ini menjadi sangat populer.

Selain itu kecap yang digunakan untuk membumbuinya juga di racik sendiri sehingga rasanya memang beda dengan sate ayam yang lainnya.

Nama tempat : Sate laler Pak Ento

Alamat : Kawasan Sae Salera, Jalan Niaga RW 03, Barurambat Kota, Pamekasan

Harga : Rp 9.000 seporsi.

Nasi Petis

nasi petis madura
Nasi Petis Campur Khas Madura – via Instagram: @gitoeste

Untuk kamu yang menyukai tahu petis pastinya penasaran dengan makanan khas Madura jubede yang satu ini bukan? Apa yang bisa terjadi antara petis dan nasi? Apakah bisa menghasilkan rasa yang nikmat? Tentu saja rasa dari hidangan ini sangat nikmat.

Bahkan hidangan nasi petis ini merupakan hidangan yang sangat populer dan hits di kalangan masyarakat Madura.

Nasi  petis ini menjadi makanan yang sangat populer karena nasi ini memiliki porsi jumbo yang sudah pasti memuaskan dan sangat mengenyangkan.

Porsi jumbo dari hidangan nasi petis ini disebabkan karena jumlah lauk yang diberikan sangat banyak pada hidangan ini.

Nasi petis merupakan nasi campur yang  memiliki isian lauk seperti telur rebus, dendeng, limpa, hati sapi dan masih banyak yang lainnya.

Semuanya di berikan dalam ukuran besar sehingga akan sangat memuaskan hanya dengan melihatnya saja.

Setelah lauk di masukkan dalam piring, hidangan ini kemudian disiram dengan kuah santan kental yang sudah di campurkan dengan petis.

Paduan dari makanan ini membuat hidangan ini menjadi hidangan yang sangat nikmat dengan cita rasanya yang gurih.

Mmm kamu pasti sudah ngiler ya! Jika sudah tidak sabar, segera saja meluncur ke Warung  Gang Amboina untuk menyantap nasi petis paling enak di Madura.

Nama tempat : Warung Gang Amboina

Alamat : Jalan Kyai Haji Mohammad Kholil Gang IX Nomor 97 A, Pasarkapok Timur, Demangan, Bangkalan

Harga : harga seporsi dari nasi petis ini harganya adalah Rp 19.000 saja.

Soto Mata Sapi

soto mata sapi kuliner khas madura
Soto Mata Sapi Makanan Khas Madura – via pulaumadura.com

Soto mata sapi adalah salah satu hidangan yang cukup banyak dinikmati oleh orang-orang yang hobi makan makanan yang anti mainstream.

Untuk kamu yang rumahnya dekat dengan Madura, makanan ini juga bisa digunakan untuk oleh oleh khas Madura yang pastinya akan membuat orang yang kamu oleh-olehi penasaran.

Sesuai dengan namanya, Soto mata sapi adalah salah satu hidangan unik karena ia dibuat dengan daging yang tidak umum.

Biasanya soto dibuat dengan menggunakan daging yang umum seperti daging sapi, daging ayam.

Akan tetapi kali ini kamu akan menikmati soto yang dibuat dengan menggunakan daging dari bagian mata sapi. Mmm, gimana ya rasanya?

Rasanya tentu enak. Jika tidak enak pasti hingga saat ini tidak akan ada warung yang menjual makanan ini bukan? Soto mata sapi ini tidak semata-mata menyuguhkan bola mata sapi akan tetapi mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang di sekitarnya.

Selain itu untuk kamu yang tidak doyan dan hanya ingin  menemani teman kamu, kamu juga bisa memesan soto dengan isian daging sapi atau usus sapi.

Daging mata yang digunakan dalam hidangan Soto mata sapi ini tidak sembarangan dimasak, ia dimasak dalam waktu 5 jam sehingga dapat menghasilkan hidangan yang nikmat, bebas amis dan juga memiliki kuah yang kental dan sangat lezat.

Biasanya hidangan ini akan dihidangkan dengan ketupat atau di Madura disebut dengan topak.

Selain itu ada juga isian lain seperti kecambah, jagung, cabai, kacang dan juga perasan jeruk nipis jika kamu mau.

Bagi kamu yang ingin mencoba hidangan Soto mata sapi ini, kamu bisa datang ke rekomendasi tempat makan Soto mata sapi berikut ini.

Nama tempat : Warung Soto Mata Sapi

Alamat : Pancar, Burneh, Bangkalan

Harga : harga Soto mata sapi Rp 25.000 seporsi, sedangkan untuk Soto Daging Rp 15.000 saja.

Rujak Selingkuh

rujak selingkuh madura
Rujak Selingkuh Khas Sumenep Madura – via Instagram: @photomadura

Selanjutnya hidangan kuliner khas Madura yang unik selanjutnya yang akan dibahas adalah Rujak selingkuh.

Mmm unik juga ya namanya? Apa yang membuat nama hidangan ini dinamakan demikian? Berikut ini dalam ulasannya.

Rujak selingkuh adalah hidangan yang khas dari Sumenep. Hidangan ini merupakan hidangan yang sangat unik karena merupakan hidangan campuran yang cukup menarik.

Hidangan Rujak selingkuh ini merupakan hidangan yang di buat dengan menggunakan mencampur resep rujak pada umumnya dengan menggunakan kuah soto babat.

Bagaimana sangat unik bukan?

Hidangan ini merupakan hidangan yang tidak hanya unik tapi tentunya sangat nikmat. Seperti hidangan rujak pada umumnya, Rujak selingkuh memiliki isian utama berupa buah-buahan.

Buah-buahan tersebut dicampur dengan menggunakan bahan lainnya seperti singkong dan juga lontong.

Dalam  makanan ini singkong di tumbuk terlebih dahulu lalu setelah itu dikukus dan dipotong dalam ukuran kecil.

Setelah itu campuran bahan ini akan disiram dengan menggunakan bumbu rujak yaitu taburan kacang yang di goreng dan di campur dengan gula serta kuah soto babat.

Dalam bumbu kacang yang digunakan untuk toping, ada juga campuran petis khas Madura yang membuat hidangan ini makin mantap.

Secara keseluruhan rasa hidangan Rujak selingkuh ini memiliki rasa yang lengkap. Manis dan gurih serta ada sensasi kriuk dari taburan kacang yang sudah di goreng sebelumnya. Ngiler ya membayangkannya!

Jika kamu sudah tidak kuat membayangkannya, kamu bisa langsung saja meluncur ke tempat penyedia Rujak selingkuh paling enak di Madura di alamat berikut ini.

Nama tempat : Warung Rujak Selingkuh

Alamat : Jalan Dokter Wahidin Pajagalan, Sumenep

Harga : harga per porsi adalah Rp. 13.000

Makanan Khas Madura Lorjuk

lorjuk kerang khas madura
Lorjuk Si Kerang Khas Madura – via Instagram: @mamiicaca1234

Makanan terakhir yang akan dibahas adalah makanan khas Madura lorjuk. Lorjuk adalah makanan yang unik dan hanya akan kamu temukan di Madura. Mengapa? Hal ini disebabkan karena makanan ini menggunakan bahan dasar yang hanya bisa kamu temui di Madura.

Lorjuk merupakan salah satu jenis kerang. Kerang ini hanya bisa hidup di Madura sehingga untuk kamu yang ingin mencoba hidangan ini memang hanya bisa mencobanya ketika berada di Madura.

Lorjuk memiliki bentuk yang kecil. Selain hanya bisa didapatkan di Madura, cara mendapatkan dan mengolah bahan ini tidak mudah.

Untuk mendapatkan Lorjuk kamu harus menunggu pantai menjadi surut dan memiliki tekstur berlumpur. Jika tidak demikian maka kamu tidak akan menemukan kerang spesial ini.

Ukuran dari Lorjuk ini tidak besar, hanya sekitar 2 cm saja. Setelah didapatkan, Lorjuk yang sudah ditangkap akan di keringkan.

Setelah itu ia akan dikupas dan dikeringkan lagi hingga 2 hari. Setelah itu, Lorjuk baru bisa di masak dan dihidangkan.

Biasanya Lorjuk akan dimasak dengan 2 cara yaitu dengan cara ditumis dan juga di goreng kering.

Untuk Lorjuk tumis biasanya akan di bumbui dengan kecap dan juga cabai sehingga cita rasanya lebih ke gurih manis dan pedas.

Selain itu  Lorjuk juga bisa di buat menjadi hidangan berkuah yang disebut dengan campur Lorjuk.

Kamu yang ingin mencoba makanan khas Madura ini, kamu bisa datang ke Ria Galeria yang sudah menghidangkan  lorjuk sejak 1985 untuk menikmati hidangan lorjuk yang paling mantap.

Nama tempat : Ria Galeria

Alamat : Jalan Bangka nomor 2 hingga 4, Gubeng

Harga : Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

Makanan Khas Madura Jubede

kue jubede khas madura
Kue Jubede / Jubada Khas Madura – via Instagram: @uwanurwan

Ada banyak kuliner khas Madura yang berbentuk kue, salah satunya adalah Kue Jubede atau disebut juga Kue Bolu Jubada.

Kue ini merupakan salah satu cemilan khas yang cukup melegenda di Madura. Asalah dari makanan ini adalah dari desa Kapedi di Sumenep.

Cemilan ini terbuat dari bahan dasar tepung jagung, tepung tapioka, air nira, dan juga gula pasir. Teksturnya hampir mirip dengan dodol atau jenang di daerah Jawa.

Nasi Jagung Madura

nasi jagung madura
Nasi Jagung Khas Madura – via Instagram: @one_more_kilo_indonesia

Jika kamu ingin makan nasi yang lebih unik, maka ada makanan khas Madura bernama nasi jagung atau nasi ampog. Dimana beras dan jagung ini dicampur dan dimasak berbarengan.

Biasanya agar rasanya lebih lezat lagi maka nasi jagung ini akan disajikan dengan lauk berupa urap atau gudangan, pepes ayam, ikan, pelengkap lain seperti peyek ikan teri, sambal dan lalapan.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Sidoarjo
  2. Makanan Khas Gresik
  3. Makanan Khas Surabaya
  4. Makanan Khas Malang
  5. Makanan Khas Bali

Rujak Cingur Khas Madura

rujak cingur khas madura
Rujak Cingur Petis Khas Madura – via Instagram: @njajan.tulungagung

Jika kamu hanya mengenal rujak cingur itu daerah Surabaya, yaps betul. Namun perlu kamu tahu bahwa tidak hanya Surabaya saja yang memiliki makanan khas berupa rujak cingur, salah satunya yaitu Madura.

Sama halnya dengan di Surabaya, rujak cingur Madura ini juga berisi cingur sapi, potongan lontong, irisan sayur timun, mangga, potongan bengkoang, kangkung rebus, tahu goreng, tempe goreng, tauge dan pelengkap yaitu kerupuk.

Lalu apa sih yang membedakannya? Nah ternyata ada satu yang khas dari rujak cingur Madura ini, yaitu dari bumbu rujak yang dipakai. Ternyata rujak cingur Madura ini menggunakan bumbu petis khas Madura, sehingga rasanya lebih unik dan seru.

Jika kamu ingin mencoba kenikmatan rujak cingur Madura ini maka kami rekomendasikan untuk datang ke Rujak Sinar Baru di Pamekasan.

Nama rekomendasi tempat: Rujak Sinar Baru

Alamat: Jalan Stadion no 2, Pamekasan, Madura

Harga: Untuk harganya sekitar Rp10.000 saja per porsinya

Es Kobbu Minuman Khas Madura

es kobbu minuman khas madura
Es Kobbu / Kobbhu Khas Madura – via pensilaisyah.blogspot.com

Jika cuaca sedang pana-panasnya kemudian kamu ingin yang segar-segar, maka kamu bisa coba minuman khas Madura bernama Es Kobbu.

Minuman yang satu ini terbuat dari campuran air dan gula merah yang direbus bersamaan dengan serai, cengkeh, daun pandan, dan jahe.

Kemudian penyajiannya biasanya di dalam gelas yang kemudian dicampur serutan kelapa muda atau cincau dan ditambah dengan es batu. Uhh sudah pasti segar kan rasanya?

Tajin Sobih

tajin sobih madura
Tajin Sobih Khas Madura – via Instagram: @ny.rempong

Tajin sobih merupakan salah satu kuliner tradisional khas Madura yang rasanya manis dan menyegarkan. Makanan ini jika secara fisik mirip dengan bubur sumsum, tetapi sedikit lebih kasar jika dibandingkan bubur sumsum pada umumnya.

Bahan dasar pembuatan tajin sobih ini adalah campuran tepung ketan dan tepung terigu. Kemudian disajikan dalam daun pisang pincuk dan diguyur dengan gula merah cair.

Kebayang kan rasanya? Pasti legit dan manis.

 

Makanan Khas Madura Sumenep Bangkalan Sampang Pamekasan

  1. Nasi Setan Madura
  2. Kue Apem Manis
  3. Kue Tattabun
  4. Kue Kocor
  5. Kue Olet Sumenep
  6. Los Elos

 

Demikianlah daftar makanan khas Madura beserta tempat rekomendasi Foodnesia untuk menikmatinya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa membantu kamu, jangan lupa makan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
soto ayam khas garut enak
Read More

Makanan Khas Garut

Kabupaten Garut, salah satu wilayah di provinsi Jawa Barat yang memiliki makanan khas cukup terkenal. Mendengar kata Garut…
ikan kuah asam flores
Read More

Makanan Khas Flores

Flores adalah provinsi yang letaknya berada di kawasan timur Indonesia yang akhir-akhir ini semakin terdengar dan banyak dikunjungi…