keripik kelakai khas palangkaraya
Oleh-oleh Khas

Oleh-oleh Khas Palangkaraya

Palangkaraya adalah salah satu kota yang menjadi list wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak berlibur. Pasalnya kota yang menjadi ibu kota dari provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri buat para wisatawan.

Sebagian daerah di Kota Palangkaraya ini masih didominasi oleh hutan lindung dan juga Kawasan lindung. Hal inilah yang menjadi salah satu keunikan dan keindahan di Palangkaraya.

Selain dengan keindahan alamnya, Kota Palangkaraya juga memiliki keunikan kuliner makanan khasnya. Ada banyak makanan khas Palangkaraya yang bisa kita coba di sana.

Namun, selain kita mencicipi makanan di sana, ada baiknya juga dong kita membawa oleh-oleh khas Palangkaraya untuk keluarga dan sanak saudara di rumah?

Bagi kamu yang belum tau atau masih bingung mau beli oleh-oleh apa, kali ini Foodnesia akan memberikan rekomendasi makanan dan juga buah tangan khas Palangkaraya.

Keripik Kelakai Khas Palangkaraya

keripik kelakai khas palangkaraya
Keripik Kelakai Khas Palangkaraya – indonesiakaya.com

Rekomendasi pertama untuk oleh-oleh yaitu keripik Kelakai Palangkaraya. Kelakai itu sendiri merupakan tanaman khas asli Kalimantan Tengah yang mempunyai banyak manfaat untuk badan kita.

Dahulu nenek moyang kita suku Dayak menggunakan tanaman Kelakai ini sebagai obat untuk masalah diare, darah rendah, bahkan dijadikan obat untuk kulit agar selalu awet muda.

Kini, tanaman Kelakai diolah sedemikian rupa dan menjadi cemilan lezat yang bisa kita nikmati setiap hari. Tanaman ini dikembangkan menjadi cemilan yang berbentuk keripik.

Keripik Kelakai ini bisa kamu jumpai di toko oleh-oleh makanan khas Palangkaraya, atau bisa juga ditemui di beberapa daerah lain di Kalimantan Tengah.

Harganya juga sangat terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp10.000 saja maka sudah bisa membawa pulang keripik kelakai untuk oleh-oleh.

Olahan Rabuk Patin Kandas Sarai yang Pedas

rabuk patin khas palangkaraya
Rabuk Patin Kandas Sarai Oleh-oleh Khas Palangkaraya – bukalapak.combukalapak.com

Rabuk Patin ini adalah jenis makanan khas yang berupa abon, karena memang Rabuk itu sendiri adalah sebutan lain dari abon. Abon ini diolah dari bahan dasar ikan, yaitu ikan patin seperti namanya.

Sedangkan untuk Kandas Sarai sendiri itu adalah sejenis sambal khas Palangkaraya yang bahannya didominasi oleh serai. Sehingga Rabuk Patin Kandas Sarai ini adalah perpaduan antara abon ikan patin dengan sambal Kandas Sarai.

Perpaduan ini menjadi kombinasi terbaik dan menghasilkan rasa yang sungguh lezat, gurih, wangi, dan pedas tentunya. Rabuk Patin ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat yang membuat tubuh semakin semangat.

Jika kamu ingin membeli Rabuk Patin Kandas Sarai, mudah sekali, kamu hanya tinggal datang saja ke toko oleh-oleh khas di Palangkaraya, maka dijamin kamu pasti akan menemukannya. Memang, ini adalah salah satu makanan khas yang sangat cocok dan seakan wajib untuk dijadikan oleh-oleh.

Jajanan Tahu Bakso Ijo

tahu bakso ijo oleh oleh khas palangkaraya
Tahu Bakso Ijjo Khas Kalimantan Tengah – tokopedia.com

Tahu Bakso Ijo ini pada awalnya adalah sebuah nama warung yang dari dulu terkenal di daerah Palangkaraya. Dengan kenikmatan rasa yang diciptakan oleh pemilik warung tersebut, maka Tahu Bakso Ijjo sangat disukai oleh para warga di sana dan tentunya menjadi perbincangan.

Dari kondisi seperti itu maka jajanan khas ini menjadi terkenal hingga akhirnya banyak dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Kuliner Tahu Bakso memiliki 2 varian rasa hingga saat ini, yaitu rasa daging ayam dan rasa daging sapi. Ketika kamu membeli satu kotak, maka kamu akan mendapatkan 10 potong tahu bakso.

Harga dari makanan khas yang satu ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 saja untuk satu kotaknya. Jangan khawatir, setiap toko oleh-oleh Khas Palangkaraya pasti menjual kuliner lezat yang satu ini.

Kue Wadai Apam Khas Palangkaraya

kue wadai apam palangkaraya
Kue Wadai Apam – tamasya.web.id

Bagi kamu yang senang dengan manis, maka kami rekomendasikan untuk mencoba dan membeli kue Wadai Apam ini sebagai oleh-oleh.

Kue Wadai Apam ini adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang memiliki rasa yang manis dan juga tekstur yang lembut. Bahkan kue ini juga sering dijadikan makanan atau sajian untuk acara-acara tertentu.

Meski begitu, wisatawan banyak yang membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Olahan Ikan Seluang

ikan seluang khas palangkaraya
Ikan Seluang Goreng dan Sambal – winnetnews.com

Begitu melimpahnya ikan di daerah Kalimantan, menjadikan para warganya sering membuat olahan makanan yang berbahan dasar ikan. Salah satu ikan yang terkenal yaitu bernama ikan Seluang.

Ikan Seluang ini memiliki bentuk yang kecil dan lumayan memiliki daging. Sehingga kebanyakan akan diolah dengan cara digoreng.

Ketika digoreng, ikan ini akan memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih, sangat cocok menjadi teman nasi dan ditemani dengan sambal.

Produk olahan ikan Seluang ini akan mudah dicari di setiap toko oleh-oleh khas Palangkaraya. Karena memiliki ketahanan dan keawetan yang cukup lama, maka sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Wadi Ikan Khas Kalimatan Tengah

wadi ikan khas kalteng
Wadi Ikan Khas Kalimantan Tengah – travelingyuk.com

Bagi kamu yang belum tau, wadi itu sendiri adalah sebuah proses atau teknik fermentasi khas yang dilakukan oleh orang-orang suku Dayak Kalimantan Tengah.

Proses wadi ini biasanya dilakukan menggunakan bahan dasar yang terdiri dari beras dan garam yang disangrai. Dan proses ini pun membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar satu minggu.

Jenis ikan yang sering dijadikan sebagai wadi ikan yaitu ikan nila dan ikan patin. Rasanya yaitu gurih , asin, dan ada rasa-rasa asam yang lezat saat disantap.

Lemang Khas Palangkaraya

lemang khas kaltim
Lemang – mahamahu.com

Lemang ini adalah makanan khas Palangkaraya yang bentuknya sangat mirip dengan lontong. Hanya saja, cara pembuatannya berbeda dengan membuat lontong biasa. Jika lontong biasa dibuat dengan cara dikukus, nah Lemang ini dibuat dengan cara dimasak dalam ruasa bambu.

Bahan dasar pembuatan Lemang ini yaitu beras ketan, sehingga masyarakat Palangkaraya menjadikan makanan Lemang ini sebagai pengganti nasi. Rasanya lembut dan pulen, sangat enak jika dicocol dengan sambal.

Olahan Ikan Jelawat Khas Kalimantan

ikan jelawat khas kaltim
Tim Ikan Jelawat – resepolenak.blogspot.com

Ikan Jelawat adalah salah satu jenis ikan yang hanya hidup di Kawasan Kalimantan saja. Ukurannya sedang, yaitu sekitar 25cm saja panjangnya.

Umumnya, ikan jelawat ini diolah dengan cara dibakar atau digoreng, kemudian dicampur dengan bumbu yang khas seperti bawang putih, jahe, garam, dan bumbu pelengkap lainnya.

So, kamu akan nyesel jika nggak bawa ikan ini sebagai oleh-oleh dari Kalimantan.

Bengamat Si Makanan Khas Palangkaraya

bengamat makanan khas palangkaraya
Bengamat Khas Palangkaraya – twgram.me

Kamu tau Batman gak sih? Nah hewan apa tuh yang jadi Batman? Yaps, kelelawar. Nah di Kalimantan, khususnya di Palangkaraya, ada makanan olahan yang berbahan dasar kelelawar, namanya yaitu Bengamat.

Daging kelelawar ini biasanya dibersihkan dahulu sebelum dimasak, kemudian dimasak dicampurkan dengan jantung pisang serta ditambah dengan bumbu-bumbu khasnya. Banyak orang yang membawa Bengamat ini sebagai oleh-oleh dari Kalimantan.

Tapi, buat kamu yang ragu, mending jangan deh, daripada gimana-gimana hehe.

Topi Kulit Kayu Etnik

OLEH OLEH KHAS PALANGKARAYA
Topi Kayu Etnik Dayak – travel.kompas.com

Setalah banyak membahas tentang oleh-oleh khas Palangkaraya yang berupa makanan atau kuliner. Saatnya kali ini kita bahas oleh-oleh yang berupa cindera mata atau souvenir dari Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Salah satu souvenir yang menjadi khas Palangkaraya adalah topi yang terbuat dari bahan kulit kayu. Kayu yang digunakan ini umumnya yaitu kayu Nyamung.

Jenis kayu Nyamung ini dipercaya sebagai kayu yang kuat dan tahan terhadap air, sehingga cocok untuk dibuat berbagai macam souvenir seperti topi, tas, kalung, dan lain-lain.

Desain dari topi ini mirip seperti topi cowboy, dan warnanya juga warna natural yaitu coklat dan krem. Buat kamu yang mau bawa topi ini sebagai oleh-oleh, maka kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Palangkaraya dengan harga sekitar Rp80.000 saja.

Gimana? Tertarik untuk membeli?

Kain dan Pernak-pernik

kain khas palangkaraya
Kain Khas Dayak – infobatik.id

Selain membuat topi yang dari kulit kayu, masyarakat Palangkaraya juga membuat kerajinan lain seperti kain, kalung, gelang, tas, dan lain-lain yang tentunya menjadi khas suku Dayak.

Salah satu pusat oleh-oleh kerajinan khas suku Dayak adalah Pasar Besar yang letaknya berada di jalan Batam. Semua kios di Pasar Besar ini menjual berbagai souvenir dan pernak-pernik khas Kalimantan.

Dengan harga minimal Rp4.000 maka kamu sudah bisa membeli souvenir sebagai oleh-oleh untuk saudara di rumah.

 

Itulah 11 oleh-oleh khas Palangkaraya yang bisa kamu beli saat berwisata ke Kalimantan Tengah dan kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Terlihat bahwa makanan khas di Palangkaraya mayoritas berbahan dasar ikan, jadi kamu yang suka makan ikan pasti sangat dimanjakan dengan makanan di sana.

Menulis adalah kesenangan dan makan adalah keharusan. Kemudian dikolaborasikan untuk menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi setiap insan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *