mandai khas banjarmasin
Makanan Khas

Makanan Khas Banjarmasin

Pergi berlibur ke suatu kota tentu tidak lengkap kalau kamu tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut, kan?

Apalagi, kuliner khas daerah bukan cuma soal urusan mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, tapi juga sangat berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki wilayah tersebut.

Karena itu, kamu yang sudah berencana akan mengunjungi Banjarmasin jelas harus menikmati kuliner khas kota tersebut.

Soalnya, selain terkenal akan kawasan pesisir pantainya, sebenarnya ada banyak makanan khas Banjarmasin yang perlu kamu cicipi minimal sekali seumur hidup, lho!

Kalau berbicara soal kuliner khas Banjarmasin, pilihan makanan yang bisa kamu cicipi di sini sebenarnya nyaris serupa dengan kuliner khas Pontianak.

Hanya saja, pastinya kedua daerah tersebut punya cita rasa yang cukup berbeda. Tapi, apa ya menu makanan yang sebaiknya kamu cicipi ketika menginjakkan kaki di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini?

Daripada bingung, lebih baik kamu pantau daftar makanan khas Banjarmasin berikut ini saja! Di sini, kamu bisa temukan daftar kuliner khas Kota Banjarmasin yang wajib kamu coba dan paling direkomendasikan oleh para pecinta kuliner dan warga lokal.

Wah, apa saja ya nama makanannya? Yuk, langsung cek daftar rekomendasinya di sini! Selamat membaca, ya!

Soto Banjar

soto banjar kalimantan selatan kalsel
Soto Banjar Kalimantan Selatan – via Instagram: @byviszaj

Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini bisa dibilang merupakan menu wajib yang pastinya jelas harus kamu coba.

Untungnya, kamu bisa menemukan warung atau rumah makan yang menjual Soto Banjar dengan mudah karena makanan ini memang asli dari Kota Banjarmasin.

Kalau dibandingkan dengan sajian soto dari kota-kota lainnya di Indonesia yang tak kalah populer seperti Soto Lamongan atau Soto Madura, Soto Banjar punya aroma dan citarasa yang lebih kuat.

Tampilannya sendiri bervariasi, karena ada yang menyajikannya dengan kuah bening dan ada juga yang menyajikan dengan tekstur kuah yang agak keruh.

Dalam satu porsi Soto Banjar, kamu bisa temukan campuran suwiran daging ayam, telur rebus, soun, dan perkedel.

Dan mumpung kamu berkesempatan untuk mencicipi soto ini langsung di kota asalnya, kamu bahkan bisa menikmatinya dengan ketupat atau lontong.

Untuk menambah kelezatan rasanya dan membuatnya jadi makin mantap, kamu juga bisa tambahkan sambal dan/atau perasan jeruk nipis, sesuai dengan seleramu.

Penasaran ingin mencicipi Soto Banjar terenak dan paling terkenal di Banjarmasin? Ada satu tempat yang populer di kalangan para wisatawan, nih.

Namanya Depot Soto Bang Amat, yang disajikan dengan lontong dan di atas piring. Selain lezat, kamu juga bisa menikmati pemandangan sungai khas Banjarmasin karena lokasi Depot Soto Bang Amat yang ada di tepi sungai.

Nama tempat: Depot Soto Bang Amat

Alamat: Jalan Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin

Ikan Patin Baubar

ikan patin baubar khas banjar
Ikan Patin Baubar Khas Banjarmasin – via pesona.travel

Ikan patin adalah salah satu menu makanan yang bisa dengan mudah kamu temukan di Kota Banjarmasin.

Nah, kalau Patin Baubar ini, ikan patin yang sudah dipotong-potong kemudian diberi bumbu dan dibakar.

Rasanya sendiri unik karena penggunaan bumbu yang jumlahnya terbilang banyak. citarasa khasnya sendiri juga membuat menu ini jadi salah satu oleh oleh khas Banjarmasin yang paling populer dari kota tersebut.

Dalam proses pembuatannya, ikan patin yang sudah dipotong-potong akan dimasak dengan cara dipepes terlebih dahulu menggunakan bumbu khusus.

Bumbu yang disiapkan meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, cabai rawit, cabai merah, air jeruk nipis, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, gula merah, santan, dan air asam.

Di samping itu, proses pengolahan memanfaatkan daun pisang untuk membungkus ikan saat di pepes, dan biasanya bambu digunakan untuk membakar.

Karena itu, selain kelezatan yang kaya bumbu dan rasa, Patin Baubar juga punya aroma yang sedap dan menggugah selera.

Supaya pengalamanmu mencicipi Patin Baubar sempurna, kamu bisa mencobanya di Pondok Patin Bakar yang menjual Patin Baubar enak di Banjarmasin.

Agar makin nikmat, kamu bisa menyantapnya ditemani sepiring nasi hangat dan minuman segar favoritmu.

Nama tempat: Pondok Patin Bakar

Alamat: Jalan Pramuka No. 1, Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin

Nasi Kuning Banjar

nasi kuning khas banjar
Nasi Kuning Banjar – via Instagram: @yoanitasavit

Nasi kuning bisa dibilang merupakan salah satu kuliner yang mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia dan masing-masing punya citarasa yang khas.

Hal yang sama juga bisa kamu rasakan dengan mencicipi Nasi Kuning Banjar, yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai warung makan atau restoran di penjuru Banjarmasin.

Nasi Kuning Banjar disajikan dengan lauk bumbu merah atau bumbu habang, yang sekilas membuatnya nyaris serupa dengan Nasi Bali.

Untuk makanan khas Banjarmasin yang satu ini, lauk yang disajikan untuk menemani seporsi nasi kuning bisa diolah dari daging ayam, bebek, maupun ikan.

Di samping itu, aroma yang dikeluarkan juga unik karena proses pengolahan yang menggunakan daun pandan untuk menciptakan aroma harum yang sedap dan menggoda.

Oh iya, satu hal lagi yang membuat Nasi Kuning Banjar wajib kamu coba mumpung kamu ada di daerah asalnya adalah karakter nasinya yang unik.

Soalnya, warna nasi kuningnya sendiri bukan kuning terang seperti nasi kuning khas Jawa, tapi justru agak pucat dan tidak terlalu terang.

Selain itu, nasinya juga tidak lengket atau pulen, tapi agar “lepas”. Hmm, kok bisa, ya? Ternyata, kuncinya adalah penggunaan beras asli Banjar.

Wah, di mana ya kamu bisa mencicipi Nasi Kuning Banjar enak dan terkenal? Kamu bisa mendatangi Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka.

Rumah makan yang populer ini juga punya tiga cabang lainnya di penjuru Kota Banjarmasin, jadi kamu bisa bebas pilih lokasi mana yang paling gampang untuk kamu datangi.

Nama Tempat: Rumah Makan Nasi Kuning “Cempaka”

Alamat:

  1. Jalan Niaga Timur No. 6, Kota Banjarmasin (Pusat)
  2. Jalan Letjend. S. Parman, Seberang Kodim, Kota Banjarmasin (Cabang)
  3. Jalan Jend. A. Yani KM 5, Seberang Dharma Praja, Kota Banjarmasin (Cabang)
  4. Jalan Jend. A. Yani KM 17, Pertokoan City Walk Citra Graha Lantasan Ulin Timur, Banjarburu (Cabang)

Harga: Nasi kuning per porsi Rp 22.000, tambah kerupuk atau emping Rp 3.000 per bungkus, dan tambah es teh Rp 3.000 per gelas.

Mandai Khas Banjarmasin

mandai khas banjarmasin
Mandai Goreng Khas Banjarmasin – via Instagram: @nafisa_shidqia

Satu lagi nih makanan khas Banjarmasin yang cocok untuk kamu cicipi langsung di kota asalnya dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh! Namanya adalah Mandai, yang merupakan makanan ringan alias snack dari Banjarmasin.

Mandai ini dibuat dari bahan dasar kulit buah cempedak. Kulit buah tersebut kemudian diawetkan secara tradisional dengan menggunakan garam, kemudian disimpan selama beberapa waktu agar rasanya berubah menjadi asam yang segar dan lezat.

Makin lama disimpan dan diawetkan, rasa asam tersebut jadi makin terasa.

Setelah diawetkan, Mandai kemudian dimasak. Biasanya, proses memasaknya hanya cukup digoreng karena cara ini bisa membuat Mandai makin awet.

Selain itu, proses penggorengan juga membuat Mandai jadi semakin praktis untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ingin mencoba Mandai paling enak di Banjarmasin? Kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh-oleh yang tersebar di penjuru kota, kok.

Gangan Paliat Banjar

gangan paliat khas banjarmasin
Gangan Paliat Khas Banjarmasin – via Instagram: @aya_nurhidayati

Coba tebak, apa jenis ikan khas Banjarmasin selain ikan patin? Nah, buat kamu yang paling doyan makan makanan olahan ikan, Gangan Paliat ini jelas merupakan menu wajib yang harus kamu coba. Soalnya, menu ini menggunakan ikan baung sebagai bahan utamanya.

Sekilas, Gangan Paliat punya penampilan yang pasti mengingatkanmu dengan opor. Apalagi, aroma yang dikeluarkan oleh percampuran bumbu di dalam masakan ini memadukan santan dengan kunyit, yang membuatnya makin mirip dengan opor.

Hanya saja, secara tekstur, kuah Gangan Paliat cenderung lebih kental daripada opor santan.

Meski demikian, sayangnya ikan baung sekarang sudah semakin langka. Jadi, tak jarang kalau sajian Gangan Paliat kemudian dimodifikasi dengan menggunakan udang, ikan gabus, atau ikan patin.

Meski begitu, rasanya tetap tak kalah lezat, kok. Soalnya, bumbu yang digunakan memang istimewa.

Ikan atau udang yang akan dimasak perlu dibersihkan terlebih dahulu dan dicuci sampai bersih. Setelah itu, kalau penyajiannya menggunakan ikan, daging ikan akan dipotong-potong dulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Agar bau amisnya hilang, biasanya ikan atau udang dilumuri dengan air perasan jeruk purut.

Bumbu-bumbu yang digunakan pun serupa dengan bumbu opor, yaitu santan, kunyit, kemiri, laos, serai, jahe, bawang merah, bawang putih, asam, gula merah, garam, dan cabai merah.

Seluruh bumbu tersebut dihaluskan (untuk jenis bumbu halus) dan kemudian ditumis sampai harum, sebelum santan dituangkan dan ikan atau udang dimasukkan ke dalam panci atau wajan besar.

Meskipun di Banjarmasin dan sekitarnya kamu bisa temukan banyak tempat makan yang menawarkan makanan khas Banjarmasin yang satu ini, Gangan Paliat enak dan halal yang populer adalah Rumah Makan Paliat.

Dengan rasa lezat dan porsi yang pas, kamu bisa menikmati kuliner Banjarmasin tersebut dengan nyaman bersama keluarga juga, lho!

Nama tempat: Rumah Makan Paliat

Alamat: Mabuun, Murung Pudak, Kabupaten Tabalong

Ketupat Kandangan Banjarmasin

ketupat kandangan kuliner khas banjarmasin
Ketupat Kandangan Makanan Khas Banjarmasin – via Instagram: @sasmitaedo

Tahukah kamu kalau ada juga makanan khas dari Banjarmasin lainnya yang mirip dengan opor? Selain Gangan Paliat yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga Ketupat Kandangan.

Meskipun makanan ini juga terkenal di Kalimantan Tengah, nyatanya banyak warga Banjarmasin yang menikmati sajian ini.

Kamu juga bisa menemukannya dengan cukup mudah di ibukota Kalimantan Selatan ini.

Seperti yang namanya tunjukkan, Ketupat Kandangan menawarkan sajian makanan dengan ketupat. Sedangkan untuk lauknya sendiri, warga lokal biasanya menggunakan telur atau daging ikan.

Jenis ikan yang biasa digunakan merupakan haruan. Sementara itu, bumbunya meliputi garam, asam jawa, kunyit, dan air jeruk nipis, yang digunakan untuk melumuri ikan yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan.

Ikan yang sudah dilumuri dengan bumbu kemudian didiamkan agar bumbunya merasuk. Baru setelah itu ikan dipanggang di atas bara api untuk menghasilkan aroma dan rasa gurih yang khas,

Untuk kuahnya sendiri, bumbu yang digunakan seperti santan, bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, ketumbar, merica, terasi, jinten, bumbu penyedap (garam dan gula), hingga bumbu pelengkap seperti bawang goreng.

Bumbu kuah tersebut dihaluskan, kemudian ditumis sampai halus. Santan dituangkan, kemudian diaduk-aduk sampai mendidih.

Setelah mendidih, ikan haruan panggang dimasukkan dan tambahkan bawang goreng.

Kamu juga bisa menikmati Ketupat Kandangan dengan ditemani sambal acan, lho! Sambal pedas nan segar ini terbuat dari tomat, cabai keriting, dan garam yang digoreng sebentar sebelum diulek, kemudian diberi tambahan garam dan gula.

Tak jarang, kamu juga bisa nikmati sambal acan dengan tambahan irisan mangga yang membuat rasanya makin segar. Duh, mantap, ya?

Ada beberapa tempat paling jos yang menawarkan kelezatan dan kesegaran Ketupat Kandangan.

Tapi, kamu bisa kunjungi Ketupat Kandangan Hj. Mursinah yang menawarkan menu Ketupat Kandangan paling enak se-Banjarmasin dan sangat disukai warga lokal maupun wisatawan.

Nama tempat: Ketupat Kandangan Hj. Mursinah

Alamat: Jalan Cendrawasih No. 7, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin

Es Jagung Khas Banjar

es jagung khas banjar
Es Jagung Khas Banjarmasin – via Instagram: @bob.yogik.nugroho

Lelah dan haus setelah berpetualang menjelajahi Kota Banjarmasin? Kamu bisa obati dahaga dan segarkan kembali tubuhmu dengan berbagai pilihan minuman segar, kok.

Tapi, kalau kamu ingin mencicipi sesuatu yang “Kalimantan banget”, Es Jagung jelas adalah sajian yang wajib kamu coba.

Eits, selain terkenal di Pontianak, Es Jagung juga populer di Banjarmasin, lho! Jadi, jangan heran kalau kamu juga bisa menemukannya sebagai salah satu minuman khas Banjarmasin yang wajib kamu coba ketika mencicipi kuliner khas Kalimantan Selatan, terutama Balikpapan.

Es Jagung diolah dari jagung rebus yang lunak, manis, dan renyah, yang kemudian dicampur dengan gula, es batu, dan susu kental manis (biasanya yang rasa vanilla).

Wah, cara membuatnya ternyata mudah, ya? Untuk gulanya sendiri kamu juga bisa minta untuk dikurangi atau tidak usah pakai gula sama sekali karena sudah ada susu kental manis, kok.

Kamu bisa temukan Es Jagung enak yang manis dan segar di berbagai warung atau depot es di Kota Banjarmasin.

Iwak Karing Sapat

iwak karing sapat banjarmasin
Iwak Karing Sapat Khas Banjarmasin – via Instagram: @makananbanjar

Kamu pasti sudah tahu kalau Pulau Kalimantan punya banyak sungai, kan? Nah, Banjarmasin juga tak terkecuali, sehingga tak heran kalau sebenarnya ada banyak makanan khas Banjarmasin yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Salah satu kuliner Banjarmasin yang terbuat dari ikan adalah Iwak Karing Sapat, yang paling pas dinikmati sebagai lauk untuk menikmati sepiring nasi putih hangat dan sambal segar.

Proses pembuatan makanan ini juga sangat mudah, karena hanya tinggal digoreng sehingga rasanya gurih kriuk-kriuk yang pastinya enak dan mantap.

Ukuran ikannya juga lebih kecil, tidak seperti ikan patin atau gabus yang sering dipotong-potong.

Karena Iwak Karing Sapat sangat pas dibawa sebagai buah tangan untuk teman atau keluarga di rumah, kamu bisa dapatkan Iwak Karing Sapat enak dan halal di berbagai toko oleh-oleh di Banjarmasin, kok!

Nasi Itik Gambut

nasi itik khas banjarmasin
Nasi Itik Gambut Khas Banjarmasin – via Instagram: @sasmitaedo

Ingin mencoba kuliner Banjarmasin yang lebih kekinian? Tak perlu bingung, karena kamu juga punya banyak pilihan, kok! Salah satunya adalah Nasi Itik Gambut, yang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir.

Nasi Itik Gambut ini merupakan sajian nasi putih yang ditemani dengan lauk daging itik yang diolah dengan cara dimasak menyerupai rendang dan balado.

Kemudian, nasi dan lauk dibungkus dengan daun pisang. Meski begitu, ada juga tempat-tempat makan yang menyajikan Nasi Itik Gambut langsung di atas piring, sehingga kamu nantinya bisa memilih bagian itik atau bebek mana yang ingin kamu santap, seperti paha atas, paha bawah, dada, dan sebagainya.

Pada dasarnya, makanan ini super sederhana, yaitu hanya terdiri atas nasi dan lauk yang dibumbui dengan bumbu habang atau bumbu kari.

Meski demikian, beras yang digunakan untuk membuat nasi adalah beras khas Banjar yang pisah alias kempyar, sehingga tidak basah atau pulen.

Di samping itu, keunikan lain yang membuat Nasi Itik Gambut punya citarasa unik adalah jenis itik yang jadi sumber daging lauknya. Soalnya, itik yang dipilih adalah itik yang khusus dipelihara di tanah gambut.

Hasilnya adalah daging itik yang lembut dan empuk, alias tidak alot atau keras. Itik gambut juga punya rasa yang lebih gurih.

Salah satu tempat makan yang paling direkomendasikan untuk menikmati Nasi Itik Gambut enak dan populer adalah Nasi Itik Gambut Mama Baiti.

Kalau di sini, kamu bisa memilih lauk dan bagian daging itik yang kamu suka karena penyajiannya langsung di atas piring.

Selain itu, kamu juga bisa pilih lauk lainnya, seperti ikan haruan khas Banjarmasin, ampela ati, atau telur.

Nama tempat: Nasi Itik Gambut Mama Baiti

Alamat: Jalan Jend. A. Yani KM 14, Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin

Harga: Seporsi Nasi Itik Gambut berkisar antara Rp 27.000 sampai Rp 31.000, tergantung jenis lauk yang dipilih.

Sate Tulang Banjarmasin

sate tulang khas banjarmasin
Sate Tulang Khas Banjarmasin – via Instagram: @dentagathavalent

Waduh, dari namanya kok terdengar menyeramkan, ya? Masa iya warga Banjarmasin suka makan sate dari tulang? Eits, kamu tak perlu khawatir, karena meskipun makanan khas Banjarmasin ini punya nama Sate Tulang.

Nama tersebut hanyalah nama, kok. Artinya, kamu tidak akan menyantap sate dari tulang sungguhan. Hmm, kalau begitu, apa yang membuat Sate Tulang ini istimewa, ya?

Berbeda dari sate pada umumnya yang menggunakan daging atau bagian-bagian lain yang jelas-jelas empuk, Sate Tulang justru menggunakan bagian ayam yang biasanya tidak terpakai untuk sate maupun makanan olahan ayam lainnya.

Contohnya kulit, lemak yang masih menempel pada tulang, dan leher. Intinya, bagian yang digunakan adalah bagian yang masih mengandung tulang sehingga tidak pernah digunakan untuk sate daging ayam.

Semua bahan-bahan tersebut kemudian digiling sehingga tercampur jadi satu sehingga menjadi “adonan” dengan tekstur yang lebih kasar dan besar.

Baru setelah itu bahan-bahan tersebut di sate. Untuk bumbunya sendiri, bumbu sate ayam dari sambal kacang atau sambal kecap jadi pilihan yang populer.

Meskipun Sate Tulang bisa dibilang kalah pamor dari kuliner Banjarmasin lainnya, bukan berarti kamu bisa bebas melewatkan kesempatan menikmati menu ini, lho!

Mumpung kamu sedang berkunjung ke Banjarmasin, pastikan kalau kamu menggunakan kesempatan ini untuk menikmati kuliner khas Banjarmasin sepuas-puasnya.

Salah satu tempat paling direkomendasikan untuk mencoba Sate Tulang halal dan enak adalah lapak warung sederhana bernama Warung Kita.

Di sini, kamu bisa menikmati sate ayam kampung juga sambil ditemani Sate Tulang yang harganya ramah di kantong.

Nama tempat: Warung Kita

Alamat: Deretan pertokoan Jalan Hasanudin HM, Kota Banjarmasin

Harga: Rp 3.000 per tusuk.

Sop Mutiara Khas Banjar

sop mutiara kuliner khas banjar
Sop Mutiara Khas Banjarmasin – via Instagram: @sbykulinerinfo

Berikutnya adalah salah satu makanan khas Banjar yang berkuah, yaitu bernama sop mutiara. Makanan ini berasal dari Tionghoa, biasanya selalu ada dalam setiap acara besar seperti perayaan imlek, pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.

Dinamakan sop mutiara ini karena terdiri dari bakso yang berbentuk butiran-butiran kecil layaknya mutiara.

Jika bicara soal rasa, tentunya sop mutiara ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat hasil perpaduan kuah susu, bakso, potongan wortel, bawang putih, bawang merah goreng serta pelengkap lainnya.

Sayur Kambang Tigarun

sayur kembang tigarun
Sayur Kambang Tigarun Khas Banjarmasin Kalsel – via Instagram: @penginmakan

Bagi kamu yang suka dengan sayur atau lalapan, naha salah satu makanan ini sangat direkomendasikan buat kamu.

Sayuran ini bernama Kambang Tigarun yang merupakan tanaman Tigarun yang diambil dari daun, batang, dan bunganya.

Namun, saat ini makanan ini sudah mulai langka ditemukan, hal ini salah satunya dikarenakan tumbuhan ini merupakan tumbuhan musiman.

Cacapan Asam Khas Banjar

cacapan asam khas banjar
Cacapan Asam Khas Banjarmasin – via Instagram: @bundakeyla

Makanan yang bernama cacapan asam ini merupakan perpaduan dari bahan-bahan seperti bawang merah, garam, penyedap rasa, cabai rawit, asam jawa, serta tambahan potongan buah-buahan yang memiliki rasa asam.

Dari bahan-bahan tersebut tentunya makanan ini memiliki rasa yang bermacam-macam, ada manis, asam, asin, dan pedas.

Biasanya cacapan ini dipakai sebagai sambal untuk bahan cocolan seperti ikan, daging ayam, ikan asin, dan lain-lain.

Sambal Acan Banjarmasin

sambal acan kuliner khas banjarmasin
Sambal Acan Khas Banjarmasin – via Instagram: @chy_2912

Ada jenis sambal yang terkenal dan berasal dari Banjarmasin, yaitu sambal acan. Sambal ini merupakan sambal tradisional khas Banjarmasin yang terbuat dari campuran mangga asam, terong asam, limau wangkang, gandaria, dan binjai.

Salah satu produk sambal acan yang terkenal di Banjarmasin adalah sambal ARB (Acan Raja Banjar). Sambal ARB ini terkenal dengan teksturnya yang kental dan awet.

Nama Tempat: Rumah Makan Sambal Acan Khas Banjar

Alamat: Jl. Brig Jend. Hasan Basri No.40, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Ikan Seluang Goreng

ikan seluang goreng banjar
Ikan Seluang Goreng Khas Banjarmasin – via Instagram: @jlina_gotoeat

Banyaknya sungai di daerah Banjarmasin membuat daerah ini memiliki hasil ikan sungai yang cukup melimpah. Salah satu jenis ikannya yaitu bernama ikan seluang.

Ikan seluang ini merupakan jenis ikan kecil dan mungil, sehingga sangat cocok jika digoreng kering yang membuat teksturnya menjadi renyah saat digigit.

Makanan khas Banjarmasin yang ssatu ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat apalagi jika ditambah sambal acan, maka rasanya akan semakin lezat lagi.

Bubur Baayak Banjarmasin

bubur baayak khas banjarmasin
Bubur Baayak Khas Banjarmasin – via Instagram: @friel_sit

Banjarmasin Kalimantan Selatan memiliki makanan khas berupa bubur, yaitu bubur baayak. Jika di daerah Jawa, kuliner ini sejenis dengan bubur sumsum, bubur candil, atau bubur kacang hijau.

Kuliner khas Banjarmasin ini terbuat dari bahan utama tepung beras dan gandum. Teksturnya kental dengan kuahnya manis.

Kue Apam Barabai

kue apam barabai khas banjarmasin
Kue Apam Barabai Khas Banjar – via Instagram: @yoenitaa

Selain makanan berat dan ringan, ada makanan khas Banjarmasin yang berupa kue, yaitu bernama kue apam barabai.

Sebetulnya kue ini berasal dari daerah Barabai di Kalimantan Selatan, namun juga sangat terkenal di Banjarmasin.

Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras, gula merah atau putih, dan tape singkong. Sehingga rasanya manis dan cocok dijadikan pengganjal perut di pagi hari.

Ikan Patin Gangan Asam

gangan asam ikan patin khas banjarmasin
Gangan Asam Ikan Patin Khas Banjar – via Instagram: @sahaza80

Selanjutnya merupakan kuliner yang berbahan dasar ikan, yaitu ikan patin gangan asam. Kuliner ini memiliki kuah yang kental dan berlemak, yang dipadukan dengan beragam sayur seperti timun, kacang panjang, cabai hijau, dan kol.

Kue Kelepon Martapura

kue kelepon makanan khas banjarmasin
Kue Kelepon Martapura Banjarmasin – via beritagar.id

Kelepon merupakan salah satu kue tradisional yang sangat terkenal di daerah Jawa. Namun ternyata di Banjarmasin juga terdapat kue klepon, dan yang terkenal bernama kue klepon Martapura.

Dinamakan klepeon Martapura, karena memang kue khas Banjar yang satu ini berasal dari daerah Martapura.

Teksturnya sedikit kenyal dan disajikan dengan gula merah cair yang menjadikan rasanya sangat manis ketika disantap. Sangat cocok disajikan ketika santai.

Lontong Orari Khas Banjarmasin

lontong orari kuliner khas banjarmasin
Lontong Orari Makanan Khas Banjarmasin – via Instagram: @reinaldolauw

Selain terkenal dengan ketupat kandangannya, Banjarmasin juga memiliki makanan yang berbahan seperti ketupat, yaitu lontong orari.

Lontong sayur pada umumnya biasanya hanya disajikan dengan kuah santan atau kari, potongan sayur labu, tahu, dan buncis. Sedangkan lontong orari khas Banjarmasin ini disajikan dengan tambahan telur ayam bumbu, ikan gabus, atau daging ayam bumbu merah.

Baca Juga:

  1. Makanan Khas Pontianak
  2. Makanan Khas Balikpapan

Hampap Khas Banjarmasin

hampap kuliner khas banjar
Hampap Kuliner Khas Banjarmasin – via Instagram: @hidayatiasmara_72

Jika kamu pergi ke Banjarmasin, maka ada salah satu rekomendasi makanan yang enak yaitu bernama hampap.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih, asin, dan sedikit pedas. Hal ini karena hampap terbuat dari bahan dasar ikan haruan.

Ikan haruan akan dijemur setengah kering, kemudian dimasak dengan bumbu khas dan tambahan kacang panjang, labu kuning, serta pucuk labu.

Gangan Humbut

gangan humbut khas banjar
Gangan Humbut Kuliner Khas Banjarmasin – via Instagram: @hanhanny

Makanan khas Banjarmasin selanjutnya bernama gangan humbut. Kuliner tradisional yang satu ini terbuat dari humbut yang merupakan rebung atau tunas pohon kelapa.

Rasanya sangat gurih dan ada sedikit manis. Biasanya sayur gangan humbut khas Banjar ini disajikan dengan nasi putih hangat.

Kue Bingka Khas Banjar

kue bingka khas banjarmasin
Kue Bingka Khas Banjarmasin – via Instagram: @bingkabarokah

Selain kue apam, ada kue yang bernama Bingka yang menjadi khas daerah Banjarmasin. Kue ini memiliki tekstur lembut, legit, dan sedikit kenyal.

Rasanya sangat manis, gurih, dan sudah pasti enak. Biasanya disajikan sebagai takjil atau makanan berbuka puasa.

Otak-otak Ikan Pipih

otak otak ikan piph banjar
Otak-otak Ikan Pipih Khas Banjarmasin – via resepkoki.id

Tentunya kamu tidak asing lagi dengan makanan yang bernama otak-otak. Umumnya otak-otak ini terbuat dari ikan tenggiri, namun berbeda dengan otak-otak khas Banjarmasin yang terbuat dari ikan belida atau ikan pipih.

Campuran ikan pipih, santan, parutan kelapa, dan telur ayam membuat otak-otak khas Banjar ini memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang gurih. Apalagi dipadukan dengan bumbu rempah yang khas.

Itik Panggang Khas Banjarmasin

itik panggang khas banjarmasin
Itik Panggang Khas Banjarmasin – via Instagram: @yoenitaa

Itik merupakan salah satu hewan ternak yang menjadi unggulan di daerah Kalimantan Selatan terutama di Banjarmasin.

Dengan demikian, daging itik sangat melimpah di daerah sana. Sehingga banyak makanan khas Banjarmasin Kalsel yang terbuat dari daging itik.

Olahan daging itik yang paling enak salah satunya adalah itik panggang. Umumnya bumbu yang digunakan yaitu gula merah, gula pasir, dan bumbu khas lainnya.

 

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Banjarmasin yang wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke sana, baik untuk berlibur atau untuk acara lainnya bersama keluarga maupun teman.

Nah, dari daftar di atas, mana nih kuliner yang membuatmu paling tak sabar ingin segera mencobanya?

Seorang pecinta makanan yang rindu akan perhatian mantan. Sekarang sedang mecoba fokus menulis dengan harapan bisa hilang ingatan atas kenangan bersama mantan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *